REVIEW WARDAH COLORFIT MATTE FOUNATION SHADES 32N NEUTRAL BEIGE



colorfit matte foundation, wardah colorfit matte foundation, review wardah colorfit matte foundation


HOLLAA! Setelah cukup lama absen, mengumpulkan kemarin niat diri untuk ngereview dan kali ini dateng dari Wardah Colorfit Matte Foundation SPF 30 PA+++! Aku seneng banget karena rangkaian ini punya warna yang lumayan banyak ya bun! Ada sekitar 8 shades dari Ivory (11C) sampai Almond (52N). Memang sih kalau dilihat lebih sedikit ya bun yang range gelap, tapi sebuah pencapaian lah Wardah mau nyoba dengan shades yang jauh lebih gelap dan lebih banyak dari 2-4 tapi 8! Aku sendiri pake shades yang 32N Neutral Beige Nah apa aja sih klaim dari Wardah Colorfit Matte Foundation SPF 30 PA+++ ini?  

  • Non-Comedogenic 
  • Non- Acnegenic
  • Dermatology Tested
  • SkinMatch Technology : Pigmen yang dapat membantu menyatu sempurna dengan warna kulit
  • Matte Micropowder : Memberikan efek oil control pada wajah


 



Dari segi kemasan rada beda nih sama Wardah yang Lightening Foundation karena yang kemasan ini, Wardah kembali dengan kemasan yang packaging box dengan warna nude. Nah, kemasannya juga lebih sedikit informasi dibandingkan yang sebelumnya, yang mana sangat aku sayangkan yah :( meski yah cukup sih, tapi seneng aja kalau lebih banyak informasi soal produk yang mereka edukasikan hehehe. Selain itu untuk pengamannya dia dateng hanya diatas aja, bagian bawahnya loose jadi bisa dibuka gichu dari bawah, jadi hati-hati ya kalau beli takutnya sudah pernah dibuka sebelumnya.


Sementara untuk produknya sendiri dengan kemasan tube dengan design warna nude yang cantik, nah yang menarik buat aku adalah dia punya tulisan shades yang terpampang gede banget! Jadi ini cukup beda sih, kaya seolah-olah dia mau menekankan hal tersebut hehe, dengan tutup yang diputer bikin kemasan ini cukup aman ya bun, anti bocor-bocor club.

Baca juga : Wardah Lightening Liquid Foundation



Beralih ke segi ingredients, kita coba buktikan satu-satu dari segi ingredients apakah memungkinkan untuk klaimnya optiomal seperti yang dikatakan?!





Aqua, Cyclopentasiloxane, Isododecane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Dimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Caprylyl Methicone, Trimethylsiloxysilicate, Butylene Glycol, PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Titanium Dioxide, Dicaprylyl Carbonate, Hydrogenated Polyisobutene, Sodium Chloride, Phenoxyethanol, Pentylene Glycol, Tocopheryl Acetate, Triethoxycaprylylsilane, Divinyldimethicone/Dimethicone Crosspolymer, Hydrated Silica, Silica, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Hydroxide, Propylene Carbonate, BHT, Ethylhexylglycerin, Hydrogenated Lecithin, Cyclotetrasiloxane, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Centella Asiatica Extract, Cholesterol. May contain: Cl77491, CI 77492, CI 77499, CI 77891.

Nah kalau dilihat dari ingredientsnya sebenarnya produk ini punya kandungan silikon, yang mana sebenernya ada resiko komedogeni, apalagi dibagian awal. Hanya saja ketika dites dia lolos, jadi mungkin kalau kita bersihkan dengan makeup remover secara baik dia akan meminimalisir kemungkinan untuk menjadi komedo yah. Sementar itu, kandungan lainnya dia ada SPF dia Ethylhexyl Methoxycinnamate yang mana punya nama lain Octinoxate, yang merupakan kandungan UV Filter Chemical yang dapat menyebabkan jerawat dan dilarang karena diduga merusak Coral. Sebaliknya satu lagi dia pakai Titanium Oxide yang merupakan UV Filter juga dan aman buat kulit. Oh ya penggunaan Chemical sunscreen juga tidak disarankan yah untuk Ibu Hamil tapi boleh untuk Ibu Menyusui. Kandungan lainnya ada Canetlla Asiatica alias Pegagan, yang mana merupakan kandungan yang suitable buat semua jenis kulit dan bagus banget! Huyuuuu~ 




Untuk teksture bagaimana? Wardah Colorfit Matte Foundation SPF 30 PA+++ engga mengklaim apapun soal teksture mereka, namun selama aku cobain, aku bisa merasakan teksture mereka yang cukup cair dan lebih kaya tinted gitu loh, engga yang creamy kaya foundation kebanyakan. Dia lebih lightweight aja. Wanginya mirip dengan kebanyakan foundation wardah AHAHA, aku ga bisa mendeskripsikannya sih tapi ya kecium kaya wangi foundation pada umumnya aja, engga ada wangi menganggu bahkan ketika diaplikasikan ke wajah ya biasa aja. Wanginya memudar dan menyatuu~



Cara Pakai : Diaplikasikan dibeberapa titik wajah dan diratakan ke seluruh wajah dengan tangan, kuas, atau sponge. Daya Tahan dia klaim hanya Daya tahan lama dan tidak transfer. Berbeda dengan kebiasaanya, sekarang lebih "aman" gitu ya, makanya gemesh aku tu hahaha biasanya banyak informasi dibox sekarang sedikit. Nah, kalau pendapat aku sendiri sih ya, karena teksturnya dia tuh cair banget, pas ditaro sponge nyerep banget ke spongenya. Sebel. Kalau pake tangan atau kuas mungkin mendingan yah.

Sementara apakah dia betul engga transfer? Mungkin kalau diset ya, aku sendiri coba pakai masker ya transfer, meski engga heboh macem kaya nempel semua. 





Aku masih mengulik-ngulik dari formulasinya sih, tapi so far aku bisa bilang dia beneran Matte Foundation. Engga dead-matte ya, masih ngasih kulit buat bernapas, thanks to texture dia yang lightweight jadi engga dempul. Malah cenderung light to medium coverage. Rada susah dibuild sampai full, jadi aku asumsikan tidak bisa yah bun. Sementara kalau dari daya tahan, iya beneran lama. Aku pakai dari sekitar jam 12 siang sampai jam 8 malam masih awet. Terutama diarea yang engga kena masker ya, kalau kena masker dia pasti ke gesek dan hilang karena lepas pasang masker tapi kalau engga dia cukup aman. 


Biasanya aku ngeluh kalau wardah bilang oil control, dia fail. Cuma produk ini cukup bagus dari segi oil controlnya hehe jadi lumayan enak, mukaku engga berminyak banget yah! Kalau dari klaim dia yang menyatu dengan warna kulit, aku sedikit merasa engga sih, dia sedikitt banget masih kaya ada "beda" meski shades ini memang cukup suitable di kulit. Dia punya 3 range kan, mirip-mirip Make Over, ada cool, warm, dan neutral yah. 

Untuk isinya sendiri dia 25mL dengan harga normal sekitar Rp70.000 - 75.000,- apakah worth it? Dibandingkan dengan size kebanyakan yang memilih dengan 30mL. Kemasan ini memang jauh lebih compact, tapi aku bisa bilang dia akan jauh lebih cepet abis dibandingkan dengan seri Foundation sebelumnya yang Wardah Liquid Lightening series, which is akan membuat harga dia lebih mahal sejujurnya sih. Yah, jadi kembali disesuaikan dengan selera ya bun. 

Overall, aku kasih nilai 3.5/5 
+ Oil Control Bagus
+ Shades Banyak
+ Kemasan compact 
- UV : Chemical => Trigger Acne
- Harga lebih mahal sedikit

Harga : Rp70.000 - 75.000 
Shopee : 55.000an

Bisa beli dimana? 



11 komentar:

  1. wah coveragenya bagus banget ya ternyata, awalnya kukira cuma low to medium tapi ternyata nggak loh

    BalasHapus
  2. Wardah makin ke sini makin banyak ya seri foundation-nya, gemes sama packaging yang ini dan kayanya worth yo try.

    BalasHapus
  3. untuk foundation wardah aq br coba wardah instaperfect itupun hanya sekali coba aja krn gak sesuai expektasi mba tp ini kalo lihat daya tahan sih bagus bgt yah

    BalasHapus
  4. kemasannya ini lucu banget, kalau baca reviewnya sih kayaknya layak untuk dicoba ya. secara hasilnya juga beneran tahan lama.

    BalasHapus
  5. Buat yang nyari base makeup irit dan terjangkau, bisa coba pakai brand wardah ini ya. Apalagi hasilnya matte. Cocok sama jenis kulit kebanyakan kita yg cenderung berminyak.

    BalasHapus
  6. Sayang bgt foundi nya transfer ya, jd hrus di set dulu biar aman. Mgkn krna teksturnya yg agak cair itu kali ya beb

    BalasHapus
  7. Penasaran banget sama foundie terbaru dari Wardah ini ternyata daya tahannya cukup lama juga yaa

    BalasHapus
  8. Aku cocok sih sama foundation wardah yg rilis sebelum ini, terus jadi pengen coba juga deh. So far nggak pernah ada masalah soalnya sama foundie wardah

    BalasHapus
  9. Foundie ini memang cocok-cocokan ya, kak..
    Aku merasa kalau pakai satu warna di atas suka rada terlalu bright di wajah. Tapi lebih pas kalau warna nude gitu.. Dan kayanya pilihan warna di Wardah Colorfit Matte Foundation ini membuat wajah flawless dalam sekejap.

    BalasHapus
  10. Boleh juga nih kalau foundie dengan tekstur ringan dan hasilnya oke banget gini. Kemasannya juga kece gitu ya, kelihatan kalem.

    BalasHapus
  11. Lumayan ya tahannya seharian, walaupun ada transfernya sedikit.
    agak kontradiksi ya, dia blg klaimnya non comedogenic tapi sementara dia ada kandungan silikon ya.
    aku juga lagi pesen nih di Shopee sedang menunggu barangnya datang, makasih reviewnya Tiaraaa :)

    BalasHapus