[Review] Wardah Lightening Liquid Foundation & Concealer BARU!!! - Shade Lengkap✨


Kaget banget ketika tanpa ada aba-aba Wardah menghadirkan rangkaian complexion mereka yang baru dari koleksi Lightening Series yaitu Wardah Lightening Liquid Foundation dan Wardah Lightening Liquid Concealer! Aku sendiri sudah bertanya-tanya kapan ya kira-kira Wardah akan menghadirkan concealer, pun kalau hadir kaya gimana? Soalnya, selama ini aku selalu skeptis sama formulasi complexion mereka. Dulu banget ada everyday foundation wardah yang menurut aku engga bisa menyatu dengan baik diwajah, jadi kayak "nempel" yang asal aja tapi,,, sumpah kedua produk ini bener-bener bikin bangga sama wardah!




Mulai dari kemasan Wardah Lightening Liquid Foundation yang menurut aku eye-catching banget, awalnya aku heran, kenapa jadi kaya gini? Beda banget dengan produk wardah sebelumnya yang kemasannya kalau engga langsung produk aja, kadang hadir dengan box. Sekarang, kemasannya justru mirip sama produk dari Thailand setelah aku lihat-lihat, well, beberapa brand drugstore luar negeri punya kemasan kaya gini tapi beneran setelah aku inget-inget kemasannya mirip banget sama yang biasanya berjejer di Sevel Thailand waktu aku kesana. 


Meski demikian, menurut aku kemasnanya simple dan engga neko-neko justru membuat kemasan ini sangat informatif, secara lengkap mulai dari klaim, shade yang mudah ditemui, cara pakai, expired date dan BPOM juga bisa terlihat. Menurut aku bagus banget perubahan yang mereka lakukan. 



Sementara dari segi kemasan, Wardah Lightening Liquid Foundation punya kemasan tube yang mana, pada awalnya kalau dari kemasan yang masih segel kelihatan bagus dan kokoh gitu, eh ternyata setelah aku bener-bener pegang ya mirip sama kemasan acne gelnya wardah yang terasa murah, berbeda sama BB Cream mereka yang lebih kelihatan tebal dan berat huhu tapi engga papa selama itu menjadikan cost efficiency kenapa tidak? Oh ya, utnuk tube nya sendiri dia langsung dibuka dan keluar produknya, tanpa segel lagi. Mungkin karena produknya sendiri sudah secure jadi engga perlu ragu selama kemasannya masih nempel sempurna. Di kemasan tubenya sendiri ada informasi seputar klaim, expire date dan sizenya. Dimana Wardah Lightening Liquid Foundation ini isinya 25gr, aku sendiri beli produk ini sekitar Rp. 36.000,- tapi kayaknya harga resminya akan diangka Rp 46.000,- sih.



Sementara itu untuk Concealer, produk ini punya kemasan yang persis dengan Wardah Lightening Liquid Foundation tapi Wardah Lightening Liquid Concealer ini punya klaim yang lebih berat.


Nah untuk Wardah Lightening Liquid Concealer, dia bentuknya tube which is plus buat aku yang males banget kalau concealer harus diapply dengan brush tambahan, terus aplikatornya juga cukup kokoh dan engga terlalu besar jadi pas aja. Sayangnya, tubenya tidak informatif seperti Wardah Lightening Liquid Foundation diatas, kalau Wardah Lightening Liquid Concealer ini dia bener-bener minimalis, infonya cuma shades dan udah, tapi untungnya dia mencantumkan expired dan kode produksinya sih. Oh ya, kedua kemasan diatas memiliki kemasan plastik, sayangnya mereka ga identifikasi plastiknya jenis apa. Untuk harga produk ini Rp 30.000 aku beli tapi harga aslinya sih sekitar Rp 38.000




Dari segi tekstur, kalau Wardah Lightening Liquid Foundation mengklaim produknya Natural dengan finish matte, ketika aku aplikasikan ditangan sedikit kaget karena not so natural, ada kesan heavy disana tapi masih terasa matte dengan sedikit banget sensasi lengket. Kaya ia berasa lengket tapi pas dipegang engga bener-bener berasa. 


Untuk pemilihan warnanya sendiri aku bersyukur setidaknya wardah sekarang menyediakan untuk shade yang medium even untuk produk lightening. Aku dulu sempet kesel sama wardah terutama BB Creamnya ya yang C-defence? lupita, tapi seinget aku itu shadenya cuma light dan biege yang masih aja tetep keterangan diaku. Khan kzl. Untungnya sekarang dia nambahin sampe Natural yang Indonesia bngt! Senang~ btw pemilihan warnanya mengingatkan aku sama Emina BB Cream ga sih?

Sementara kalau Wardah Lightening Liquid Concealer sudah mengidentifikasi produknya sebagai produk Medium to Full coverage yang bisa aku bilang bener banget sesuai klaimnya. Produk ini pas masih belum diblend bener-bener se-coverage itu! Aligggg parah, mengingatkan aku sama dermacol tau ga sih :( yang bisa nutup tato, untungnya pas aku blend dia lebih natural tapi aku yakin dia bisa dibuild lebih jauh kalau emang pengen tapi dalam daily basis produknya cenderung too much. Kecuali kalian tipe yang dempul, kesanna bener-bener thick and heavy.



Cara pakainya sudah diinformasikan dimasing-masing kemasan, bedanya kalau Wardah Lightening Liquid Foundation diratakan ke seluruh wajah kemudian diratakan dengan tangan/sponge/brush sementara kalau Wardah Lightening Liquid Concealer dia untuk bawah mata atau bagian bekas jerawat sih dan diratakan dengan cara yang sama. 

Sementara untuk daya tahan dia klaim bisa sampai 12 jam shay, bener-bener berani sih buat wardah mengklaim produknya se-awet-itu, tapi apakah benar?



Nah masuk ke tahapan krusiyel buat aku, sebenernya aku engga bisa bilang ini full review karena klaim mereka yang non-comedogenic butuh waktu untuk tau yang akan aku update lagi nanti, sementara itu, biarkan aku terkejut dengan produk affordable tapi bagus banget! dari wardah satu ini, jadi, aku pakai produk ini totalnya 7 jam. 



Kalian bisa lihatkan, aku pakai dari jam 9 sampai jam 4. Jujur beb, kaget! 
Pertama, untuk warnanya aku pake yang Ivory tuh kaya nempel banget dikulit, bener-bener skinlike, dan rasa "Natural"nya berasa banget dalam artian engga berat & engga yang ngeblock pori rasanya meski realitanya mah aku merasa dia cukup menutupi yah, terus yang aku suka banget adalah coverage dari Wardah Lightening Liquid Foundation ini engga kaleng-kaleng, alis bagus banget!!  Kaya aku pake satu layer sudah ketutupan?!  Teksturnya yang engga terlalu cair juga menjadikan dia nempel di-sponge jadi aku sih suka banget sama formulasinya.

Sayangnya perihal klaim mereka yang bisa mengontrol minyak, aku akan bilang mengecewakan meski terbilang masih bagus yah, sampai ditiga jam cuma berminyak area T zone, dan di jam 7 hilang perlahan tapi engga geser lebay gimana-gimana, tapi tetep, hilang dengan bekas pada pori-pori yang menunjukan produknya pernah eksis. 

Nah, akalu aku bawa sampai 12 jam aku engga tau, tapi untuk 7 jam aja dia sudah mulai hilang jadi engga seoptimal yang aku harapkan, well disini memang engga aku pakein powder sih, nanti kita lihat ya jika dipakein powder dari series yang sama, apakah akan menjadi kombo yang menarique?

Sementara Wardah Lightening Liquid Concealer super unik banget, meski aku sedih dia cuma 2 shades tapi ya engga masalah untuk awal mula. Dari segi formulasi ini bener-bener ter-diluar-ekspektasi aku. Sebuah Wardah bisa membuat concealer yang mudah diblend? high coverage? dan pastinya affordable! Kaget banget. Menurut aku formulasinya mirip sama Age Instant Remind Maybelline, bedanya dia engga memberikan heaviness yang aku rasakan di Maybelline. Dia sama sekali engga cakey yang jelek gitu, meski kalau dipake dia bisa crease, tapi mudah banget diblend lagi. Jadi bukan tipe yang mati. Kaya abis dipake ga bisa diapa-apain, bahkan sampai 7 jam masih bisa diajak kerjasama. Kurangnya produk ini hanya ketika dia pairing dengan orang yang teksture bumbs skin, alis punya kulit yang banyak bruntusan atau milianya, dia meng-enhance tampilan tersebut. Jadi kalau kalian undereyenya banyak masalah, I would like to skip this one!

Tapi kalau kalian cari Concealer untuk menutupi dosa begadang WFH kombo Drakor! Wardah Lightening Liquid Concealer  merupakan jawaban yang tepat, selain itu aku juga impress sih dia tebel tapi engga ketebelan karena aku bisa buat nutupin alis aku dan its turn out nicely! Well done Wardah!

Overall aku kasih nilai, 
Wardah Lightening Liquid Fondation 8/10
+ Shade warna mendingan
+ Kemasan Praktis
+ Harga bersahabat
+ Supercoverage
- Oily Control
- Clog

Wardah Lightening Liquid Concealer  8.5/10
+ Blendable 
+High Coverage 
+ Feels Light
+ Harga Affordable 
- Two shades only
- Textured skin 

where to buy?


Nah, jadi kepo dan pengen coba ga nih? Thanks udah baca review aku, untuk review seputar makeup bisa langsung cek di home untuk lebih banyak ratjun lagi.





32 komentar:

  1. Wah, bisa bertahan 12 jam ya. Cucok ya bagi mereka yang aktif diluaran sana apalagi yang wanita karir nih pake beginian. Tetap cantik dan percaya diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah aku baru pake 7 jam sih mba, belum tau kalau 12 jam gimana :"

      Hapus
  2. Waduuh sebagus itu? Pengen euy. Sayang kalau tinggal di kampung mah toko kosmetiknya selalu kudet. Paling 3-6 bulan ke depan baru ada, padahal naksir berat sama concealer-nya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga beli online sih kak, soalnya susah juga lagi masa begini

      Hapus
  3. uwaa menarik banget nih jadi pengen cobain juga deh beb, aku belum cobain juga nih, mau cobain juga aaah, siapa tau cocok nih hehehe

    BalasHapus
  4. Wardah nih bener-bener inovasinya gila-gilaan ya beb. Foundation yang terbaru ini kemasannya praktis gitu menurutku, dalam bentuk tube. Travel friendly banget, anti pecah. Harganya murah pula.

    BalasHapus
  5. produk barunya wardah ya, aku belom coba niy mba Tiara, harganya masih terjangkau ya dan kemasannya so cute, travel friendly banget niy jaid ga makan tempat kalau pas lagi travelling, lagi pengen concealer dulu pernah nanya ke waedahnya katanya belom keluar eh sekarang ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah aku juga nunggu-nunggu-in wardah mengeluarkan yang varian Concealer eh alhamdulillah sekarang ada dong <3

      Hapus
  6. Lumayan juga ini ya kalau buat dipakai keluar rumah yang gak terlalu lama. Jadi penasaran pengen nyobain juga dan yang penting harganya ramah kantong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess, ramah banget! sampe kaget mana bagus banget

      Hapus
  7. Yg jam 4 keliatan kyk oksidasi. Atau krn faktor cahaya beb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lighthing semua settingannya sama sih kak, lebih kayak udah mulai pudar kalo kataku mah wkwkw

      Hapus
  8. Aku pernah pake cc cream wardah dan cocok sih karena berasa ga medok aja, tapi untuk complexion lengkap memang dulu agak skeptis tapi setelah baca artikel ini jadi penasaran pengen coba karena sebagus itu hasilnya nempel tapi teuteup natural, harganya pun terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bisa cobain! Bagus banget coveragenya jujur

      Hapus
  9. produk produk lokal sekarang mah bagus2 ya kualitasnya, dan bahkan harganya bisa dibilang sangat bersahabat

    BalasHapus
  10. Hm... Pilih yang mana ya? Harganya sih hampir sama. Kayaknya aku mau coba Liquid Foundationnya karena shadenya banyak.

    BalasHapus
  11. Suka banget reviewnya jelas dan membuatku aku tertarik bahkan akunbaru tahu wardah keluarin produk concealer mba hehehe jd pgn coba

    BalasHapus
  12. Waa semakin lengkap aja nih produknya Wardah. Aku penasaran sama liquid foundation-nya. Coveragenya oke banget.

    BalasHapus
  13. Wkkwkw...kok gak enak yaa... Wardah Lightening Liquid Concealer untuk menutupi dosa begadang nonton drakor.
    Wkkwkw...memang mamakmamak jajaran penikmat drakor wajib banget melengkapi alat tempurnya dengan produk Wardah.

    BalasHapus
  14. Shade 1, 2, 3 kok kayak beda tipis ya haha 😅 Duh alamat susah lagi deh buat sawo matang cari base make-up

    BalasHapus
  15. Aku juga baru tau Wardah punya foundation dan concealer terbaru ini. Suka liatnya, packagingnya praktis dan lebih hemat ya.

    BalasHapus
  16. Kacau nih kalo bini sampe tahu..ada kosmetik baru.. :D

    BalasHapus
  17. Aku suka ini karena shades warna nya aman banget sesuai sama warna kulit ku, brb coba yang concealer nya juga

    BalasHapus
  18. muraaah tapi bukan murahan 😍😍😍

    BalasHapus
  19. waaah ternyata baguss ya kaa, aku baru tau setelah baca review kaka , makasih kaka bermanfaat parah iniii

    BalasHapus
  20. Kayaknya aku tertarik sama yang liquid foundation deh kak💕

    BalasHapus
  21. Wahh keren bgt ya kaa.. tp kulit aku sensitif bgtt .. asal pake foundation slalu aja stelahnya gatel” lah bruntusan merah”... jd gak bs pake foundation gituuu kaa😭

    BalasHapus
  22. thank u ka tiara buat reviewnya bermanfaat banget ini kaaa

    BalasHapus
  23. Aaaaaaah, jadi makin penasaran sama dua produk ini nih, kak. Soalnya banyak yang bilang bagus. Apalagi harganya murah bingits. Pokoknya aku harus beli ini.:-D

    Eh, ngomong-ngomong shade nya yang foundation Wardah ini kyk kebalik gak sih, kak? Biasanya kan beige lebih gelap daripada ivory. Ini malah kebalikannya. Kalau aku beli jadi pilih yang ivory nih kyk nya. Ini bakal jadi make up shade ivory pertama yang pernah aku punya. Hehehe.

    BalasHapus