Yogurt bisa bikin kulit sehat, mitos atau fakta?

yogurto, yogurt rendah gula masker yogurt, perawatan kulit yogurt, yogurt mandi, body lotion yogurt, yogurt body lotion



Memasuki usia 20an yang lebih deket ke 30an, salah satu investasi kulit yang mulai dilakukan pastinya treatment ke klinik kecantikan dong. Sayangnya, treatement aja engga cukup karena merawat dari luar, tapi tidak menjadi “bahan baku” utama untuk perawat dari dalam. 


Hal itu yang menyadarkan aku betapa pentingnya konsumsi harian kita, mulai dari minuman, makanan, dan supelmen untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Kalau sebelumnya aku sudah sharing seputar tingginya gula dalam kandungan kolagen yang menjadikan “minuman gimmick” nomor wahid di Indonesia, kandungan gula berikutnya jatuh pada Yogurt!


Yes, yogurt menjadi salah satu dietary yang bagus untuk usus agar menjadi pencernaan sehat, agar menyerap nutrisi secara lebih optimal. Sayangnya, kebanyakan minuman dengan rasa di Indonesia termasuk yogurt itu tinggi gula loh! Kandungan gula yang tinggi justru memberikan dampak pada kulit dan kesehatan, 


Beberapa dampak kesehatan dari gula pada kulit seperti, 

  1. Menghambat Kolagen

Kandungan gula yang tinggi dapat mengganggu kerja dan struktur kolagen, dikutip dari Halodoc (2021),


Donna Hart, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat di Westlake Dermatology & Cosmetic Surgery mengungkapkan, makanan tinggi gula berkontribusi terhadap penuaan dengan meningkatkan pemecahan serat kolagen dalam proses bernama glikasi.”


Akhirnya, lapisan dermis kita yang tersusun kolagen lebih cepat keriput, makanya banyak banget Korean Beauty regime yang menghindari minuman dengan kadar gula berlebihan seperti bobba ataupun minuman manis-manis lainnya.


  1. Memicu Stress dan Peradangan


Siapa yang suka craving manis-manis? Padahal itu sinyal tubuh yang membutuhkan glukosa alami yang menyehatkan seperti buah, sayangnya sinyal itu sering diisi  dengan konsumsi gula berlebihan, gula menyebabkan peningkatan kortisol yaitu hormon stres tubuh, melonjak. Efeknya pastinya kulit jadi terlihat lebih cepat kusam dan bahkan sampai peradangan pada kulit terutama buat yang punya jerawat.


Maka dari itu konsumsi gula harian normalnya secara keseluruhan (yes, termasuk dari glukosa dalam 1 porsi nasi ya!) sekitar 4 sendok makan atau 50gr aja, sementara dalam 1 porsi nasi (200gr) sekitar 1g gula dan 28g karbohidrat yang bisa dicerna menjadi glukosa sehingga disarankan untuk seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat pastinya. 


Sementaraaaaa, dalam 1 minuman salah satu toko kopi terkenal sedunia aja mengandung 60-65gram gula pada minuman “tema liburan” mereka. Jelas itu bener-bener mempengaruhi kesehatan kulit kita dong!


Nah solusinya gimana? Sebagai perempuan dengan cita-cita kulit kencang dan glowing hingga masuk ke usia 80 tahun, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mencari substitusi Yogurt rendah gula dong. Sebenarnya kamu bisa pakai plain Yogurt greek gitu tapi misalnya pengen cari Yogurt rendah gula yang banyak dipasaran dan bisa langsung minum kamu bisa coba YOGURUTO dari Heavenly Blush! Soalnya kandungan dari YOGURUTO by Heavenly Blush tuh rendah banget, kalau kebanyakan minuman Yogurt rata-rata diatas 20g, kalau kandungan dari YOGURUTO itu cuma setengahnya, alias 11g aja (180ml), jadi pastinya aman banget buat dapetin pencernaan sehat tanpa khawatir bakalan merusak kulit!



Justru kandungan Yogurt rendah gula dari YOGURUTO ini tuh juga dilengkapi dengan serat, protein, dan tinggi kalsium. Cocok buat perempuan yang mau diet tapi masih pengen dapet kalsium selain dari susu yang aga tinggi lemak! Terus kalorinya gimana? Eits, YOGURUTO juga rendah kalori, per 125mL hanya sekitar 70kkal aja.


Jadi, Yogurt yang tepat bisa membantu bukan hanya merawat kesehatan pencernaan tapi juga tetap menjaga kulit sehat tanpa harus memilih diantaranya. Jadi pastikan konsumsi Yogurt harian kamu sudah tepat ya!



yogurt rendah gula














Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/awas-konsumsi-gula-berlebih-bisa-memicu-masalah-kulit
https://indonesiabaik.id/infografis/batas-konsumsi-gula-garam-lemak-dalam-sehari

https://www.rri.co.id/kesehatan/436862/kandungan-gula-dalam-nasi-putih


0 comments:

Posting Komentar