[REVIEW] WARDAH UV SHIELD SPF 50 PA++++ AQUA FRESH ESSENCE


OMG! Memang sudah selama itu ya? Tampilan Blog sekarang berubah hahaha jadi lebih seamless tapi ya jadi bingung sih sejujurnya, semoga besok-besok updatenya membuat lebih faedah ya~ sefaedah review aku kali ini! Yess, aku mau review WARDAH UV Shield SPF 50 PA++++ Aqua Fresh Essence yang bikin kepo banget, soalnya kayaknya sudah jadi wardah versi terbaru, jadi lebih advance deh pokoknya, salah satunya produk WARDAH UV Shield SPF 50 PA++++ Aqua Fresh Essence ini! 

Kenapa sih? Soalnya selain diklaim bisa melindungi sinar UVA dan sinar UVB namun juga melindungi cahaya dari sinar blue light yang hadir dari cahaya yang dipaparkan oleh gadget atau alat elektronik kita, maupun sesederhana cahaya fluorescent (sinar cahaya putih) yang ada. Sinar Blue Light ini hadir diantara spektrum warna yang dapat kita lihat ya, jadi pasti kita ketemu!  

05. WHAT IS BLUE LIGHT AND WHY IS IT IMPORTANT TO PROTECT SKIN AGAINST BLUE  LIGHT? – Official website of Crystal Tomato® Supplement
sumber : CrystalTomato

Dan ternyata sinar blue light ini masuk ke lapisan kulit lebih dalam dari Sinar UV, jadi dia bisa menembus dermis dan masuk sampai ke jaringan lemak, mepet otot! Kalau dari penelitian sih banyak efeknya ke mata, misalnya menyebabkan mata lebih cepat lelah, merusak retina, dan sebagainya namun pada kulit ia berdampak juga! Setelah aku baca ini menarik dan aku bahas terpisah ya, takut kepanjangan namun pada dasarnya blue light dianggap lebih berbahaya dari sinar UV karena bisa menembus sampai ke jaringan kolagen dan mengganggu-nya! Efeknya kulit menjadi kehilangan elastisitasnya, lebih cepat keriput dan kenduurrrr serta garis-garis halus makin nyata dan manjah~ Soalnya paparan sinar blue light selama 8 jam sama dengan berjemur 20 menit dibawah terik matahari langsung!

Artinya? Jadi lebih cepat terlihat tua! OMO! ga mau bangetkan? Nah makanya wardah versi baru (menurutku mengacu pada "versi" lol) ini mengakomodasikan kebutuhan perempuan kekinian yang lebih cenderung bertemu dengan elektronik secara intensif, lalu, bagaimana? menggunakan produk dengan kandungan anti-blue light dengan kandungan anti-oksidan mampu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar blue light, tapi engga bisa anti-oksidan sembarangan, ada rangkaian khusus yang teruji sampai bisa dinyatakan mereka bisa melindungi. Thanks to wardah sekarang kamu bisa nemu itu diwardah. (kagak, sumpah ini fyi aja, gue beli sendiri ga dibayar kok :")) Okey, sekarang kita bahas ya!




Dari segi kemasan, Wardah bertransformasi menjadi lebih minimalis mulai dari produk sebelum ini, dimana kemasannya jadi ala-ala produk Thailand dengan board dan plastik press yang memperlihatkan produknya secara jelas, plus tersegel, jadi orang engga bisa buka sembarangan untuk coba-coba produk! Jadi aku suka sih meski ada plastiknya :")  informasinya singkat padat dan jelas!













Sementara untuk kemasan produknya sendiri, tube warna biru yang khas wardah dengan design yang ramping. membuat kemasannya bisa dibawa dengan mudah kemana-mana alias travel friendly. Satu hal yang aku makin suka dari Wardah sekarang adalah expired date yang tercetak jelas dibagian atas jadi engga perlu bingung lagi kapan harus diganti produknya!




Dari segi ingredients, dari kemasannya terlihat jelas sayangnya aku kemarin kebuang untungnya Aul mau bantu untuk share, thanks Aul! Jadi produk WARDAH UV Shield SPF 50 PA++++ Aqua Fresh Essence ini dengan UV tipe chemical sunscreen dimana sebenernya pro-kontra ya penggunaannya, dibeberapa negara sudah dilarang karena merusak terumbu karang sehingga penggunaannya dilarang dibeberapa negara terutama ketika ke pantai! How sad... 



Dari sini bisa dilihat juga bahwa beberapa UV yang digunakan ditandai kuning, artinya cenderung membahayakan sebenarnya. Jadi memang plus minus sih, kalau kalian pake yang physical sunscreen diwajah sedikit white cast dan cenderung berminyak tapi kalau chemical sunscreen lebih seamless diwajah, kaya menyerap lebih mudah dan natural tanpa bikin gelap diwajah atau kelihatan menyumbat tapi penggunaan jangka panjang mungkin beresiko. Lengkapnya akan aku bahas terpisah ya!

Eh ya, yang menarik disini warda klaim, 

"Inovasi sunscreen dengan 0% alkohol yang tetap ringan dan tidak lengket"

padahal ada kandungan Arachidyl Alcohol, Behenyl Alcohol, Cetyl Alcohol, dan Stearyl Alcohol, nah lo? tenang kok, itu merupakan alkohol turunan dan ada yang bersifat fatty alcohol, karena dia aman sampai kulit sensitif dan bahkan fungal acne, ok?! Selain itu ada Bisababol yang membantu mengurangi kemerahan wajah akibat paparan sinar matahari, Bisababol sendiri adalah UV Protection yes! Nah, sebenarnya mereka juga klaim, 

"Dengan Aquafused Technology, kapsulasi kristal air yang bekerja dengan melepaskan kandungan air secara perlahan ke dalam kulit sehingga dapat terus terhidrasi" 

Ini sih yang bikin aku tu bingung? Dia pake ingredients apa? Penelitiannya apa? Yah kalau ada yang BA atau team riset paragon, bolehlah info-info!

Oh ya, mereka juga klaim non-comedogenic meskipun ada silikonnya, which, in my case, tentu saja tetap memicu resiko penyumbatan pori-pori lebih besar. Lengkapnya baca terus karena ku bahas di review ya!




Kita masuk ke teksture dari Wardah UV Shield SPF 50 PA++++ Aqua Fresh Essence yang ternyata, cenderung watery, meski engga sampe runny tapi tetep ringan banget dikulit. Bener-bener ketika diaplikasikan membaur dengan mudah dan rata diwajah dengan cepat. Warnanya putih, tanpa residu. 


Untuk aroma sendiri, khas sunscreen gitu geng, gatau gimana menjelaskannya tapi kaya wangi kolam :( apaan sih, ya tapi kaya gitu meski mild aja engga strong banget. Masih okeh kalau dipakai diwajah, kelamaan lamanya samar. 


Sementara untuk cara pakainya sendiri menurut panduannya, 

"Aplikasikan secara merata pada wajah dan leher sebelum beraktivitas. Ulangi pemakaian jika diperlukan. Hindari paparan sinar matahari yang terlalu lama meski sudah menggunakan kosmetika tabir surya."
Yah kalau dari informasi disini sih engga bilang 2mL atau 2 jari ya, tapi yaudah kira-kira dipakai secukupnya sampai wajah kita terlindungi keseluruhan aja. Untuk re-apply kalau kita aktivitas panas-paasan diluar meski dia info juga jangan kelamaan. 




Nah aku sudah pakai produk ini beberapa minggu, so far so good sebenernya. Tekstur WARDAH UV Shield SPF 50 PA++++ Aqua Fresh Essence bener-bener ringan dan menyerap diwajah dengan mudah, dia memang tidak bikin muka aku hidrasi banget tapi bener-bener ngefek buat ngontrol minyak diwajah. Kebalikan dengan ketika aku pake physical sunscreen yang malah kelihatan semakin berminyak seiring waktu. 





Ketika aku pakai juga dia normal aja, engga white cast sama sekali. Nah, satu hal yang aku notice sebenarnya adalah karena ini sunscreen dengan perlindungan yang tinggi, jadi kalian harus make sure banget kalau residunya hilang. So, untuk membersihkan ini, terutama kalau kalian suka re-apply adalah dengan double cleansing sampai bener-bener residu-nya keangkat, karena aku sudah pakai beberapa kali, cuci muka, dan re-apply masih ada aja yang tertinggal dengan bukti nyata beruntusan kecil-kecil! Jadi, kalau mau pake ini setiap hari ya gapapa banget, apa lagi pas aku pake ini sebelum makeup bisa juga untuk bantu hold minyak dan membuat makeup lebih awet diwajah. 

So far, sebenernya sudah okey banget tapi ya, balik lagi dia chemical sunscreen kelamaan bisa mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Meskipun so far, aku pakai sih engga ada jerawat yang gimana-gimana ya.

Rate 3.5/5
+ Enak 
+ Lembab
+ Tahan Minyak 
+ Mudah Menyerap
+ Engga White Cast
- Berbahaya untuk lingkungan
- ada resiko jangka panjang 

So, guis, sekian review kali ini, kalau kalian punya request atau masukan, bisa langsung komen di blog ini! Kalau kalian, pake sunscreen apa? 




Sumber 



15 komentar:

  1. bakal jadi salah satu wishlist ini pasti soalnya biasanya aku pakai wardah yang spf 30 dan ini 50 jadi teralihkan proteksinya lebih tinggi

    BalasHapus
  2. membayangkan wangi kolam seperti apa hahahaa wangi air kaporit mksdnya? atau wangi air segar gitu?

    BalasHapus
  3. Sekarang Wardah sudah punya Aqua UV Shield ya, pantesan kemarin pas belanja skincare tuh sempat lihat aku kita ini tuh produk dia yang satunya itu yang botolnya biru-biru juga. Pengen nyobain juga ah.

    BalasHapus
  4. Mantap nih, spfnya tinggi. Mana formulany ringan banget ya berasa seperti tetesan air.

    BalasHapus
  5. I have read many similar review about these products and I think this is really worth a try.

    BalasHapus
  6. wah lihat warnanya pertama kali langsung jatuh cinta gitu baby blue. sebenarnya aku belom nyobain produk wardah yang baru ini, kebetulan lagi nyari-nyari essence gitu, terus nemu ini bisa jadi salah satu referensi niy

    BalasHapus
  7. Duh tergoda untuk nyicip sunscreen Wardah ini, cuma aku tuh entah kenapa kok jarang ada produk skincare wardah yang cocok sama aku. Heran deh.

    BalasHapus
  8. Dari pemakaiannya emang terlihat lihat dan gak lengket gitu ya beb, kaya gak pake apa" gitu. Pengen cobain juga deh.

    BalasHapus
  9. Ini produk baru keluaran wardah ya sunscreennya, aku penasaran banget sih mau coba juga soalnya ini must item banget yang dipakai setiap hari

    BalasHapus
  10. Aku baru lihat sih sunscreen wardah yang ini. baru yaa.. jadi penasaran pengen coba.

    BalasHapus
  11. CS emang lebih affordable daripada MS padahal kalau MS dipake malah bikin whitecast. Sungguh dilematis ya mau pake sunscreen apa. Ku sendiri sekarang masih pake yg CS atau hybrid sih.

    BalasHapus
  12. Aku udah masukin produk ini ke keranjang syopi, tinggal nunggu dicheckout aja nih. Penasaran apa seenak sunscreennya yang lama hehe.

    BalasHapus
  13. Ternyata ga cuma peeling ya, sunscreen jg ada chemicalnya hehe. Tp ternyata ada isu negatif ke lingkungan ya. Maybe itu klo dlm jmlh besar ya

    BalasHapus
  14. Reviewnya membantu sekali, kak..
    Suka bingung mau milih sunscreen yang gimana karena setiap produk beragam yaa...dan selama ini memilih hanya berdasarkan harga, which is aku gak liat ingredientsnya sama sekali.
    Jadi kebantu setelah baca-baca review mengenai produk sunscreen nya Wardah ini.
    Haturnuhun.

    BalasHapus