Anessa, Sunscreen terbaik nomer 1 di Jepang?


Sering ga sih kebingungan dikala mencari sunscreen terbaik buat diri ini?! Terutama ketika mencari sunscreen yang tahan lama, soalnya sekarang sekedar SPF tinggi aja kadang ga cukup tapi pengennya yang tahan lama biar engga ribet re-apply lagi, tapi sunscreen yang tahan lama memang ada? Nah kenalan dulu deh sama sunscreen terbaik dari Jepang! Namanya Anessa, brand yang mendedikasikan  produknya dengan satu-satunya yaitu sunscreen, konon katanya untuk menemukan formulasi sunscreen terbaik yang bisa kalian punya!

Nah sebelum kita bahas kenapa sih Anessa merupakan sunscreen terbaik nomer 1 di Jepang, kita bahas dulu kenapa sih penting b-g-t untuk pakai sunscreen? 

Sumber : BMKG via Tiaranab

Ternyata BMKG punya loh index paparan sinar UV dari matahari, dan hasilnya bikin geleng-geleng kepala tjuy! Kalau umumnya hanya 1-10 score-nya, di Indonesia bener-bener bisa menyentuh angka 12! Kalau risk kena kanker kulit atau faktor-faktor penuaan dini lah aku bilangnya, udah bahaya di level 10, apalagi dilevel 12? Pussyinggg! Kalau berdasarkan BMKG terutama dari jam 9 - 2 siang ya guis, jadi udah mendekam saja di jam segitu dalam ruangan. 

Nah, realitisnya dampak dari sinar UV apa aja sih sebenarnya?

1. Sunburn, alias gosong

kalau kita familiarnya gosong ya, akupun belakangan melakukan percobaan ke kaki sendiri dan bener dong kakiku bagian luar yang terpapar matahari langsung bener-bener jadi lebih cepat gelap dan kering dibanding bagian dalam yang tidak terpapar matahari. Jadi kulitnya belang-belang deh, paling kelihatan kalau abis renang atau area kening ya, hehe. 

2. Aging, alias penuaan kulit

Nah kalau ini semua mungkin sudah familiar ya, ternyata efek jahatnya adalah membuat kulit kita jadi lambat memproduksi kolagen dan menghambat pembaruan sel, sebab, sel yang harusnya mengembalikan keremajaan kulit malah fokus benerin kulit rusak karena matahari. So, efeknya namanya dikenal dengan Photo Aging Effect. 


Kakek ini adalah bukt nyatanya, sebelah kiri jadilebih kencang dibanding sebelah kanan karena area yang terpapar matahari cuma yang sebelah kanan, karena dia nyetir disebelah kiri (mobil luar negeri). 

3. Pigmentasi, alias flek-flek

Nah salah satu yang paling kelihatan adalah melanin yang sudah tidak memperbarui warna dengan optimal, jadilah wajah penuh dengan hyper pigmentasi, alias flek-flek pada wajah. Coba perhatikan deh wajah Ibu atau nenek kalian, apakah banyak spots pada wajahnya? Kalau iya kemungkinan besar akan turun ke kamu kalau tidak dijaga lebih baik loh!

Nah, akumlasi diatas nantinya bisa sampai memicu yang dinanamakan Kanker Kulit, jadi, kanker kulit sebenarnya tidak langsung tiba-tiba muncul jeng jeng tapi biasanya ditandai dari hal-hal diatas, kemudian kelamaan semakin meracuni kulit kamu sinar UV nya dan akhirnya membuat kanker kulit. Serem yah? Amit-amit sampai kanker, sampai keriput aja ga mau kan?

Nah solusi dari permasalahan diatas tadi adalah dengan menggunakan pelindung kulit alias sunscreen dari luar dan dikombinasi dengan antioxidant yang membantu membebaskan "racun" yang terperangkap didalam kulit, nah, disini aku kenalin dulu dengan Anessa yang sudah berpengalaman lebih dari 100 tahun membuat sunscreen. Dari tahun 1915 bebb jangan sedih, meski produk utama mereka hadir ditahun 1923, tetep aja lebih awet dari pada pacar kamu kan?


Nah jadi teknologi yang paling baru dari Anessa ini unik banget,  karena, 

1. Thermo Booster - Makin kena panas, makin optimal sunscreennya melindungi kulit
2. Aqua Booster  - Setelah kena air, semakin melindungi kulit, bahkan tahan hingga 80 menit didalam air!
3. Sweat dan Water Resistant - Jadi kalau cuma sekedar keringet ya lewat beb

Ketiga teknologi ini cuma ada di Anessa, dan satu-satunya didunia makanya dia menjadi sunscreen terbaik dan tahan lama, bener-bener tahan lama! Sebab ketika sunscreen diaplikasikan, ketika sunscreen pada umumnya setelah diaplikasikan bisa geser-geser jadi, tidak maksimal melindungi, kalau Anessa ketika ketika "teraktivasi" malah membuat perlindungan seperti perisai gitu. 





Nanti aku review lebih jelas dibawah ya kenapa aku bisa bilang gitu hehehe, nah karena penasaran aku coba pake produk Anessa dan dibandingkan dengan sunscreen dengan harga serupa, apakah benar dia bisa tahan Air? ini dia hasilnya!




Anessa vs Brand lain



Disini aku pakai Anessa Perfect UV Milk dengan brand sejenis dengan price point yang mirip-mirip, aku penasaran aja sih apakah benar klaim Anessa bisa terbukti? Nah, menurut aku dari test ini, kita bisa lihat kalau Anessa lebih water resistant, melindungi kulit sampai air yang mau masuk aja engga bisa. Barrier yang dibentuk Anessa benar-benar bekerja optimal. Selain itu, kalau dibagian bawah aku coba celupin diair, Anessa lebih less geser-geser dibanding sebelahnya, perhatikan pola persebarannya. Brand sebelah sudah pecah dan buyar sementara Anessa masih hold on dengan cukup santuy ditengah terik matahari loh! 


Terus, gimana kalau dipakai, apakah dia benar-benar sunscreen terbaik? Nah, aku berkesempatan coba ketiga produknya, produk utama mereka Anessa Perfect UV Sunscreen Milk,



๐Ÿ’– Kemasan Anessa 


Produk Anessa dikemas dengan plastik bening, yang menampilkan produknya. Seperti kebanyakan produk Jepang, Anessa didesign minalis dan simple, informasinya lengkap dengan bahasa Jepang bisa kamu temukan dibagian belakang kemasan, karena produknya sendiri memang import alias dikirim langsung, untuk memudahkan diberikan infomasi label dalam bahasa Indonesia, disana diinformasikan untuk kode BPOM, produsen, penjelasan singkat produk, dan kandungan yang ada didalamnya. 

Anessa sendiri klaim dia SPF 50 dengan PA ++++, yang berarti perlindungan maksimal untuk UVA saat ini. 

๐Ÿ’– Review Anessa UV Sunscreen Milk Rp 199.000 (20mL) - 489.000 (60mL)


Nah, untuk Anessa UV Sunscreen Milk, di Indonesia dia ada dua ukuran, yaitu yang 20mL dan 60mL, jadi kalau kalian mau coba, bisa banget dengan yang 20mL terlebih dahulu, selain itu lebih praktis karena lebih kecil imut-imut, kalau yang besar sebenarnya juga travel & family friendly karena ukurannya yang besar dan bisa untuk sekeluarga menurut aku, dia kemasannyapun meski 60mL terhitung compact jadi mudah dibawa-bawa. 

Kalau dari segi kemasan, aku ngerasa designnya elegant dan minimalis yang eye catching, aplikator Anessa sendiri bentuknya corong mengerucut gitu ya, jadi engga akan mudah bleber ketika dibawa kemana-mana, malah mudah kalau mau mengaplikasikan dengan takaran 2 jari, karena estimasinya lebih terlihat. Lalu, gimana dengan formulasi Anessa UV Sunscreen Milk? Kalau dari segi texturenya, Anessa UV Sunscreen Milk sesuai namanya punya texture yang milky, warnanya putih susu. Oh ya, pastikan kalian kocok ya, ssifat dia itu mix antara Chemical & Physial sunscreen jadi untuk mengoptimalkan pemakaiannya harus kudu dikocok baru dipakai. 

Ingredients Anessa UV Sunscreen Milk : 

Dimethicone, Water, Zinc Oxide, Alcohol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Talc, Isopropyl Myristate, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Cyclopentasiloxane, Isododecane, Octocrylene, Titanium Dioxide, PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Glycerin, Diisopropyl Sebacate, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Silica, Dextrin Palmitate, Xylitol, PPG-17, Triethoxycaprylylsilane, Trimethylsiloxysilicate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Isostearic Acid, Distearyldimonium Chloride, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Hydroxide, Stearic Acid, Trisodium EDTA, PEG/PPG-14/7 Dimethyl Ether, Fragrance, BHT, Tocopherol (Vitamin E), Isopropyl Alcohol, Butylene Glycol, Sodium Metabisulfite, Camellia Sinensis Leaf Extract, Prunus Speciosa Leaf Extract, Rosa Canina Fruit Extract, Sodium Acetylated Hyaluronate, Potentilla Erecta Root Extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Phenoxyethanol, & Soluble Collagen

Nah kalau kalian lihat yang merah, itu kandungan yang bisa diwaspadai kalau kalian punya kulit yang sensitif, sementara yang hijau dia cukup aman untuk semua orang, tapi untuk Ibu hamil dan menyusui, kandungan chemical sunscreen seperti Octocrylene bisa dihindari dulu ya meski dia relatif aman. 

Nah, aku sebenernya sudah dapet produk ini lumayan lama, aku coba pakai seminggu full, dan dia bener-bener lumayan tinggi proteksinya, aku merasa dia masih awet sampai 3-4 jam pemakaian, baru kemudian mulai pudar tapi, masih stay lama banget! Bener-bener sesuai klaimnya sih, apalagi kita pakai masker ya, makin deh dia nempel banget. Makanya untuk mengangkat produk ini secara optimal harus didouble cleansing dengan menggunakan cleansing oil, micellar water, dan baru aku pakai sabun, kalau engga, dia stay teruss lama banget sayeng. 

Nah, menurut aku produk ini memang cocok buat yang aktivitasnya diluar ruangan cukup lama, banyak terpapar matahari, polusi, dan debu. Bener-bener bagus banget kalau dibawa liburan atau area yang membutuhkan extra perlindungan, menurut aku sedikit berat kalau dipakai setiap hari dengan masker ya yang milk, tapi dia ada yang gel juga dan aku lebih suka yang gel untuk setiap hari, soalnya kalau aku lagi skip bersihin, muka aku langsung bruntusan kecil-kecil gitu tapi cepet ilangnya. Bener-bener kalau engga dibersihin dengan tepat dia bisa stay terus dikulit. 


๐Ÿ’– Review Anessa Whitening UV Gel Rp 399.000 (90mL)


Nah, berikutnya produk Anessa yang menurut aku menarik banget adalah ini, Anessa Whitening UV Gel karena dia membantu mencerahkan sekaligus melindungi, kalau kalian nyadar meski pake produk sunscreen bukan berarti kening kita engga gosong karena matahari yah, 

Nah, kalau yang ini dia bentuknya tube yang lebih bulky, tapi masih bisa dan mudah dibawa-bawa Kemasannya warna putih semua, dengan aplikator yang masih sama, mengerucut gitu jadi mudah untuk dikeluarkan tanpa repot, nah untuk texture dari Anessa Whitening UV Gel sendiri, awalnya aku pikir akan kaya gel yang clear atau dingin gitu, enggak, texturenya creme diawal tapi setelah diaplikasikan dia benar-benar menyerap dengan cepat layaknya gel. Meski moist tapi dia engga berat dikulit dan engga lengket jelas.

Nah, aku pakai ini sekitar 1.5 minggu dan so far aman-aman aja dikulit aku jika aku bersihkan dengan micellar water aja, perlindungannya tetap ada tapi memang tidak semaksimal Perfect UV Milk, tapi sangat nyaman digunakan tanpa ada rasa kaya "pengap" gitu dikulitnya, dan tidak lengket sama sekali.


Ingredients Anessa Whitening UV Gel, 
Water, Diisopropyl Sebacate, Zinc Oxide, Alcohol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butylene Glycol, Tranexamic Acid, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Hydrated Silica, Glycerin, Ethylhexyl Triazone, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, PEG-12 Dimethicone, Dimethylacrylamide/Sodium Acryloyldimethyltaurate Crosspolymer, Isostearic Acid, Fragrance, BHT, Succinoglycan, Hydroxypropyl Methylcellulose Stearoxy Ether, Camellia Sinensis Leaf Extract, Leontopodium Alpinum Extract, Prunus Speciosa Leaf Extract, Tocopherol (Vitamin E), Sorbitan Sesquiisostearate, Sucrose Tetrastearate Triacetate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Potentilla Erecta Root Extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Soluble Collagen 

Oh ya, kandungan keduanya mirip-mirip ya, masih ada kandungan sunscreenya tapi disini lebih banyak kandungan chemcial sunscreennya dibanding yang milk, tapi masih ada green tea, kolagen, dan vitamin C-nya yah. 




๐Ÿ’– Review Anessa Perfect UV Spray Rp 299.000 (60mL)


Nah untuk yang terakhir ada Anessa Perfec UV Sunscreen Spray ini, aku sudah sempet coba-coba aja sih belum bisa sampai review, karena dia lebih enak dipakai setelah makeup atau ketika retouch mau liburan, cuma selama masa pademi belum liburan-liburan lagi!! Hahaha aku pakai coba-coba aja sih, tapi lumayan enak dan praktis ya dia, tapi untuk pengaplikasiannya harus dispray dulu ke tangan baru diaplikasikan ke area yang diinginkan, jadi engga bisa langsung yah!

Untuk Ingredients Anessa Perfect UV Sunscreen Spray;

Butane, Isobutane, Dimethicone, Water, Isododecane, Alcohol, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Polymethyl Methacrylate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Propane, Diisopropyl Sebacate, Isopropyl Myristate, Lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Cetyl Ethylhexanoate, Octocrylene, Polysilicone-15, Polybutylene Glycol/PPG-9/1 Copolymer, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Glycerin, Dextrin Palmitate, Isostearic Acid, Disteardimonium Hectorite, Trisodium EDTA, PEG/PPG-14/7 Dimethyl Ether, Talc, Butylene Glycol, Fragrance, Limonene, Stearic Acid, 2-O-Ethyl Ascorbic Acid, BHT, Dipotassium Glycyrrhizate, Angelica Acutiloba Root Extract, Thymus Serpillum Extract, Tocopherol (Vitamin E), Rosa Canina Fruit Extract, Sodium Hyaluronate, Curcuma Longa (Turmeric) Root Extract

Nah kalau kandunganya sendiri yang ini berbeda dengan yang lain, kalau ini dia full dengan chemical sunscreen, kandungannya sendiri juga ada Tumericnya dan Angelica Acutiloba Root Extract. 

Nah, kalau menurut aku produknya oke banget buat yang cari sunscreen yang tahan lama, jadi kalau belum bisa re-apply setiap 2 jam sekali bisa pakai ini! Jadi lebih effisien tapi tetap terlindungi. Buat yang mau coba produk Anessa bisa beli di official store-nya, di Sociolla, Shopee, Tokopedia, dan lain-nya. Cusss! 



Disclimer : Tiara dikirimkan produk dan berkerjasama dalam penulisan review ini, namun opini yang ada didalamnya merupakan pengalaman Tiara sendiri. hope its help you guys! 














#f0d4ff

33 komentar:

  1. Wah, ini oke banget nih, kak. Soalnya water resistance dan aku rentan berkeringat banget. Kalau pakai sunscreen yang biasanya aku pakai suka leleh kena keringat sendiri.๐Ÿ˜ญ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, pas banget kalau gitu pake Anessa, soalnya dia bener-bener tahan keringet dan malah makin awett lucu ya

      Hapus
  2. annesa ini bikin penasaran waktu baru launching di indonesia :) kukira ada yang bentuknya stick ga taunya tube juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau yang masuk ke Indonesia baru 3 varian mba, yang milk, gel, & spray kalau diluar lebih dari 10 setaukuu

      Hapus
  3. jadi kepo banget sama sunscreen satu ini ih, aku salah satu orang yang wajib banget ada sunscreen di sling bag, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat retouch yah? Bener sih apalagi kalau lagi travelling yah kamuu

      Hapus
  4. Aku kepo secara butuh banget tinggal di bali cuacanya panes pengen nyoba yg spray

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, kalau diiklim tropis ga pake sunscreen tuh kaya akan cepet aging!

      Hapus
  5. Pake sunscreen ngaruh banget ya buat ngejaga wajah tuh, kmrn kepanasan bentar langsung merah2 banget trs perih jugaa, bedanya aku pake sunscreen gak sampe ngelupas2 tp spupuku sampe ngelupas gt kasian bgt . Aku mau rekomen sunscreen ini sekalian ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Truee! Nah, kalau level kamu kayaknya baiknya pake Anessa milk setiap hari, soalnya bener-bener ngebantu banget!

      Hapus
  6. Aku suka nih sunscreen yang gak perlu bolak balik reapply tiap 2 jam sekali karena biasa suka kelupaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener banget, dia awet loh aku pake 4 jam panas-panasan, dikulitku yah malah engga perih gitu

      Hapus
  7. Setuju banget nih tentang pentingnya menggunakan sunscreen untuk kesehatan kulit, btw ada yg bentukspray ya, jadi lebih mudah applynya

    BalasHapus
  8. Ih mau dong aku cobain. Baru tau lho aku ada produk sunscreen ini. Dengan harga segitu kualitasnya ok sih ya

    BalasHapus
  9. Kalo water resistant gitu sunscreen nya jadi lebih awet yah. Yg spray cocok bgt dibawa traveling hehe praktis bgt tgl semprot.

    BalasHapus
  10. Wah, kubaru tahu nih dengan sunscreen ini. Tadi dari namanya kayak nama cewek Indonesia. Ternyata dari Jepang toh. Dari harganya yang lumayan, pasti worth it nih sama kualitasnya ya. Duh mupeng ih..

    BalasHapus
  11. Sekarang makin banyak ya product skincare yang baru-baru dan salah satunya Aneesa ini. Packaging nya bagus ya warnanya

    BalasHapus
  12. Oh harus fi apply lagi setiap dua jam ya. Satu sisi aku bsru tahu produk ini mba. Makasih infonya mba

    BalasHapus
  13. Penasaran yg spray enak klo buat reapply hari hari pas udh di atas makeup yakan

    BalasHapus
  14. Wah catat nih Anessa, namanya kek gak ada jepang2nya tapi ternyata dr Jepang :D
    Wow banget udah berpenghalaman 100 tahun pastinya bagus banget ya mbak produknya

    BalasHapus
  15. Ini dia, gara-gara dulu ga pernah pake sun screen ya sekarang wajahku udah banyak bintik-bintik hitamnya. Emang penting banget loh proteksi kulit apalagi kalau aktivitas di luar ruangannya lumayan tinggi.

    BalasHapus
  16. Wah...sama iih...terkedjoet melihat paparan UV ke bumi ini.
    Dengan menggunakan produk Anessa UV Milk, pasti bisa kita jaga kulit tetap sehat.

    BalasHapus
  17. Nice review kak, aku penasaran deh sama Anessa Whitening UV Gel karena katanya dapat membantu mencerahkan sekaligus melindungi, kalau kalian nyadar meski pake produk sunscreen bukan berarti kening kita engga gosong karena matahari. Ah jd penasaran ongn coba ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  18. asli mah ini sesuai harganya. takjub pas kena air malah gak ilang, terus makin kena panas makin kuat dayanya. agak merinding pas tau gimana sinar uv di negara kita. karena saya belum punya annessa, di dalam rumah aja deh

    BalasHapus
  19. penting banget nih untuk selalu apply sunscreen. besar banget pengaruhnya terhadap wajah.

    BalasHapus
  20. Aku juga mulai rajinin pake sunscreen nih. Sempet liat anessa juga di marketplace dan ternyata harganya lumayan juga ya.

    BalasHapus
  21. penasaran pengen coba yang Anessa Perfec UV Sunscreen Spray :D pasti wajah jadi tampak segar

    BalasHapus
  22. Duh rekomen banget inikah sunscreen nya๐Ÿ˜

    BalasHapus
  23. Duh rekomen banget inikah sunscreen nya๐Ÿ˜

    BalasHapus
  24. Thanks review nya kak, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  25. Keren banget sih menurut aku❤dilihat dari packingnya aja udah keren apalagi isinya❤thanks for review ditunggu next review๐Ÿ˜

    BalasHapus