[Event Report] Bioderma by NAOS - Kulit Sensitif dan Micellar Water?

Mungkin kita ga asing lagi deh dengan penyebab masalah kulit yang disebabkan oleh polusi? Tapi mungkin kalian belum tau bahwa riset terbaru 2018 menunjukan peningkatan cukup signifikan di eropa bahwa mereka merasa kulitnya semakin sensitif! Gimana dengan perempuan di Asia? Engga jauh beda, 62% perempuan di China dan Korea Selatan, mengalami hal yang sama. Jadi ternyata, engga cuma bikin masalah kulit kaya pori-pori tersumbat, polusi & stress meningkatkan kemungkinan perempuan untuk memiliki kulit sensitif.




Berarti 3 dari 5 perempuan, membutuhkan perawatan kulit sensitif. Sayangnya, engga semua orang tau bahwa kulitnya bahkan sensitif. Eh tapi mungkin kalian engga tau apa sih maksudnya kulit sensitif? Apa yang menjadi penyebab kulit sampa bisa menjadi sensitif?

1. Kosmetik yang tidak tepat,
Penggunana kosmetik itu sebenernya sah-sah aja, tapi ternyata bukan cuma membersihkannya aja yang kadang salah. Pemilihan kosmetik yang engga tepat juga memicu micro polutan yang berasal dari makeup dengan bahan kurang berkualitas. Mungkin ini terjadi pada produk-produk murah di makeup kebanyakan ya?

2. Kualitas air yang buruk,
Bukan mitos bahwa banyak lokasi di Indonesia khususnya airnya engga sebersih itu. Makanya kalau kalian sadar sebenernya orang yang hidup di ibu kota, yang airnya tercemar lebih sensitif dari mereka yang tinggal di pinggir kota yang masih dapet air dari sumber utama. Indikator utamanya adalah, apakah air itu layak minum atau engga? Ya jangan kaget kalau Raisa maunya mandi pakai air minum, bisa jadi karena kulitnnya sensitif! Terus untuk menjaga agar tetap sesuai dengan kondisi pH kulit.

3. Kondisi Lingkungan,
Ini termasuk didalamnya paparan sinar UV, yang membuat kulit kamu jadi cepet merah & merasa terbakar ketika terlalu lama kena matahari atau bahkan sinar lampu sekalipun. Terus variasi suhu, ini bisa banget bikin kulit sensitif. Perubahan suhu yang drastis bikin kulit biasanya cepat kekeringan dan terlalu berminyak disaat yang bersamaan. Ini pasti bikin kulit langsung ngambek! Termasuk didalamnya kondisi yang terlalu kering dan ber-angin dan juga terlalu lembab ya.

4. Faktor Hormonal
Kalau perempuan biasanya pada masa menstruasi, kulitnya langsung bereaksi, bahkan ga jarang sampai kekebalan tubuh juga ikut jadi korban. Uhuk! Nah pas kondisi gini, kulit jadi lebih cepat kenapa-kenapa.

Faktor Psikologis
Kalau zaman sekarang, ini deh yang menjadi pemicu masalah kulit, tapi bagaimana dengan kondisi stress? Kok bisa?

Ternyata riset menunjukan, kulit memang dapat beradaptasi karena kulit sendiri merupakan mahluk hidup - living organ. Dimana dia sebenarnya bisa menyesuaikan, tapi hanya 3 diantaranya yang diatas. Kalau kalian sudah airnya kotor, lagi halangan dan stress jadi udah pasti kulitnya jadii sensitif karena kegagaan fungsi kulit untuk beradaptasi!

Gimana mengetahuinya? Jadi pertama-tama setelah kewalahan karena harus beradaptasi, kulit akan mencoba mendetoksifikasi --> penimbunan tersebut akan memicu radikal bebas yang mengakibatkan perubahan pada lapisan pelindung kulit → Biasanya terjadi dehidrasi, sehingga kulit semakin rentan terpapar hal-hal diatas yang memperparah dan jadilah peradangan!

Nah disinilah kemudian muncul si Micellar Water, kalau kalian tau Micellar Water adalah micelles yaitu rekayasa air yang diracik sedemikian rupa agar menyerupai air namun memiliki komponen yang menyerupai jaringan lemak pada wajah, yang mampu membersihkan kulit dan menggantikan fungsi air pada saat krisis air bersih melanda Paris. Sampai sana, merupakan definisi kebanyakan produk Micellar Water, tapi disini aku akan coba bahas dari Bioderma yang sedikit berbeda.

Konsepnya sama tetapi menggunakan teknologi berkualitas tinggi, terutama untuk Bioderma Sensibio H2O yang memiliki Micelle hidrofilik (larut dalam air) dan lipofilik (menyerap lemak). Terbentuk dengan teknologi pembersih tunggal ion & glyserol ester yang mempertahankan stabilitas ekosistem kulit. Terus uniknya lagi, ada formulasi dalam kandungan Bioderma Sensibio H2O yang membantu kulit untuk menolak stress dari lingkungan dalam jangka panjang! Jadi, manfaat Micellar Water Bioderma Sensibio H2O itu membantu meriset kulit! Seperti yang dijelaskan minggu lalu, aku dateng untuk diskusi bareng Direktur Riset ilmiah dari NAOS, Aurelie Guyoux. Beliau menjelaskan, bagaimana sistem kulit berjalan, daya tahan kulit dan gimana sih produk Bioderma Sensibio H2O Micellar Water ini.


Pertama-tama acara dibuka dengan kata sambutan dari perwakilan Bioderma Indonesia yang menyambut jajaran dokter dan tim NAOS yang hadir untuk menceritakan lebih dalam bagaimana kulit bekerja. Dimulai dari siklus yang dipengaruhi diatas, ternyata berlanjut pada kenyataan bahwa kulit memerlukan dua kali pembersihan yaitu justru pada

  1. Setelah bangun pagi,
Sebab ketika bangun, akumulasi detoksifikasi dari regenerasi saat tidur menyebabkan kulit membutuhkan bantuan untuk membuangnya, dengan cara dicuci muka atau kalau mau lebih gentle hanya menggunakan Micellar Water.

  1. Saat Malam Hari,
Saat malam hari tentu saja karena setelah aktivitas seharian, kulit membutuhkan ‘penetralan’ dari suhu luar ruangan dan bantuan untuk menghilangkan yang menyumbat kulit seperti makeup, polusi, debu dan radikal bebas.

Kemudian dilanjutkan tentang fakta mengejutkan soal yang aku bahas di atas, betapa sensitifnya kulit saat ini dan kenyataan bahwa mereka memang Living organs. Berbeda dengan organ dalam yang sudah ada sistemnya, kulit punya dua sistem, pertama dari dalam which is itu dibantu dengan asupan yang kita makan dan yang kedua adalah zat yang kita gunakan. Disini, zat itu ternyata, pro kontra banget tjuy!

Sebagai anak yang super suka sama hal-hal alami dan natural, pengennya, semua serba dan sebisa mungkin ramah dengan alam. Aku anaknya bisa dibilang anti-synthetic chemical. Mungkin buat yang belum paham maksudnya, semua hal di dunia ini adalah bentuk kimia, karena senyawa. Jadi ga bisa kita bilang, “aku ga mau pake yang kimia-kimia ah” orang napas aja pake Oksigen yang berarti kimia tjuy! Tapi beda dengan synthetic chemical, yang artinya senyawa buatan yang biasanya konotasinya lebih negatif. Belum sampai sana, aku diinformasikan ada lagi nih sama mba Aurelie, yaitu eko-biologi.

Jadi kalau ekobiologi ini kaya ilmu baru lagi, yang mencoba menyelaraskan lingkungan dengan kondisi biologis manusia. Kalau kalian anak yang cukup suka dengan hype skincare atau produk natural kekinian, pasti wah familiar banget dengan multi-level ingredients dari tahapan 10 skincare sampai aneka natural produk mulai dari Face Oil, Essence, Ampoule dan masih banyak lagi. Nah mba Aurelie ini bagai menampar aku dengan kenyataan, yang memang bikin aku dari dulu ragu mencoba 10 skin step skincare, yaitu bahwa

As Living Organs, kulit merupakan organ yang memiliki ekosistem yang cerdas namun rentan. Makanya, maksimal bahan aktif yang dapat di akomodir oleh tubuh sebenarnya hanya 3 aja! Engga bisa lebih karena, justru bisa merusak ekosistem yang telah ada tadi, bisa jadi malah toxic atau sia-sia. Nah pusing kan?

Coba dihitung sudah ada berapa produk dengan kandungan AHA, BHA, Vitamin C, Niacinamide dan banyak lagi lainnya? Wah, ternyata kita bikin kulit mabuk gengs! Memang segala sesuatu yang berlebihan tidak baik ya. Harus semuanya diselaraskan.

Nah jadi gimana nih? Sebenernya apa aja sih yang baiknya digunakan?

Belajar dari sana, NAOS mempelajari bahwa bisa digunakan dengan sistem ekobiologi, dimana mereka menggunakan bahan-bahan aktif alami yang selaras dengan kulit, dengan kata lain memang sudah dimiliki dan diproduksi oleh kulit namun kita bantu tambahin, misalnya kata kolagen -well, kolagen sebenernya ga bisa masuk dari lapisan epidermis, jadi mungkin kaya hyaluronic acid? Dan kandungan alami lainnya yang sebenarnya sudah diproduksi atau diduplikasi mirip deh sama tubuh.


Jadi produk yang di formulasikan itu unik, bukan langsung dari yang alami dan mineral tambang tanpa diproses tapi memang dibuat racikan sampai bisa sesuai dengan tubuh kita, jadi tubuh kita bisa menerima dengan baik dan aman tanpa merasa berlebihan.

Untuk itu sebenernya kita hanya butuh 3+1 jenis skincare dalam rutinitas kita,
  1. Cleansing - Membersihkan kulit, ini disesuaikan dengan kondisi kulit & kebutuhan masing-masing.
  2. Moisturize - Memberikan kelembaban, dimana disini termasuk menghidrasi (memberikan kadar air) dan melembabkan (menjaga agar air tetap didalam).
  3. Nourish - Disini kita memberikan asupan gizi sesuai kebutuhan kulit

+1 Protect - karena lingkungan hidup kita tropis, jadi sunblock/sunscreen itu memang sepenting itu, dan wajib yang digunakan dikulit secara cair atau stick ya, jangan yang bersamaan dengan makeup.

Tapi kan kak, kulit aku punya masalah ini itu… jadi banyak.

Nah kalau itu, kalian bisa menggunakan skincare mix, jadi kalian menggunakan cleansing yang fokusnya untuk kulit sensitif & jerawat misalnya, untuk moistnya dengan hidrasi yang banyak dan nourishya dengan serum yang membuat kenyal dan sebagainya,.

Okey, disini aku mau melanjutkan kembali sesuai janji, mau ngasih tau apa aja manfaat Micellar Water khususnya Bioderma Sensibio H2O,

  1. Selain tentu saja memberishkan makeup hingga 99%, bioderma bisa membantu menghilangkan polutan (98%) & logam berat (78%) yang banyak ditemui di jalan raya yang penuh kendaraan.
  2. Tidak membuat kulit kering, karena produknya didesain untuk memberikan nutrisi bagi kulit sekaligus.
  3. Bahkan produk ini memiliki kualitas air yang telah dipurifasi/murnikan sehingga tidak terkontaminasi bakteri & tidak memiliki kadungan kapur, jadi sebenernya Bioderma Sensibio H2O bisa digunakan sebagai toner (hacks) yes! Karena sebenarnya memang fungsinya menggantikan air.
  4. Bioderma Sensibio H2O membantu mengembalikan suhu kulit. Ketika beraktivitas biasanya kulit akan lebih cepat memerah, nah ternyata Micellar Water Sensibio H2O ini bisa menurunkan hingga 3 derajat agar kulit kembali relaks.
  5. Memiliki pH 5.5 yang sesuai dengan kondisi kulit untuk menjaga kesehatannya.

Selain itu hacks lainnya, Bioderma Micellar Water ini bisa digunakan untuk kulit atopic atau eczema yang dimana mereka bahkan ga boleh kena air sering-sering, kalau bisa hanya 3x seminggu cuci mukanya hahaha. Sisanya bisa digunakan Bioderma ini karena kulit eczema biasanya gampang banget ruam dan makin parah.

Terus selain itu, Hacks lainnya, Bioderma Micellar Water ini bisa dipakai langsung setelah menghapus dengan oil cleansing dan langsung dilanjut Bioderma lagi tanpa dibilas air. Rasanya gatel? Coba aja dulu karena ini tips langsung dari Aurelie sebagai direktur riset yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun loh!

Jadi, ketika kalian mengeluarkan uang untuk membeli produk, bisa aja ternyata itu investasi untuk kulit yang cepet rewel dimasa sekarang ini. Gimana? Sudah ada gambaran? Kalau belum dan masih bingung bisa langsung komen dibawah untuk aku bantu jawab ya!

25 komentar:

  1. Bioderma itu salah satu micellar water favorit aku, rasanya kalau pakai itu ringan bgt kaya cuma pakai air aja. Ada harga ada kualitas ya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget tapi di aku dia cukup hemat pemakaiannya, apa karena sayang takut abis ya hahaha

      Hapus
  2. aku tu selalu senang kalau diundang acara begini, soalnya selalu ada ilmu baru yang didapat pas sesi sharing dari brandnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget tapi ga jarang ada yang kurang banyak infonya wkwkw sementara anaknya haus akan info lol

      Hapus
  3. Baca ini jd inget ttg night cream, pernah ikut acara pengisinya dokter spesialis kulit dia bilang kalau malam sebaiknya stlh dibersihkan sesekali ga usah pke night cream.. Tp saat discin care clinic aku malah dikasih beberapa lapis buat malam hari.. Heu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu beda-beda sih, bisa aja memang dia ngasih produk yang ga boleh dipake sering-sering atau gimana hehe

      Hapus
  4. informatif bgt nih beb post ttg bioderma nya , beauty hacks nya jd bisa pake bioderma tnpa bilas yah

    BalasHapus
  5. Wah, kalo gak mampir ke postingan kamu yang ini, aku gak tau banget lho penjelasan lebih detail tentang micellar water.

    BalasHapus
  6. Micellar Water memang praktis walaupun harganya cukup mahal di bandingkan dengan foam.

    Segi ke praktisan dan membersihkan make up water proof membuat Mpo jatuh cinta sama micellar water

    BalasHapus
  7. Sebagai pemilik kulit berminyak yang juga sensitif, bagaimana perasaan Mbak Tiara setelah mencoba micellar water-nya Bioderma? Apakah micellar water ini bisa membersihkan maskara?

    BalasHapus
  8. Iya juga yah yang berita Raisa mandi pake air minum mungkin krn kulitnya sensitif :D
    btw aku baru tau membersihkan muka setelah bangun pagi, biasanya sih cuman wudhu tapi kalau tau baiknya juga sambil bersihin mau dilakukan juga ah :)

    BalasHapus
  9. Memang harus sepaket ya saat kita merawat kulit wajah. Baru tau loh aku tentang penyebab kulit wajah menjadi sensitif. Untung aja nih kulit wajahku ndableg banget heheeee... Kena apa aja oke. Bioderma nih wajib jadi salah satu perangkat perawatan wajah.

    BalasHapus
  10. Fungsinya komplit ya mba dan aku lagi coba mendisiplinkan diri untuk melakukan rutinitas skin care. Memang harus disiplin yaaa mba

    BalasHapus
  11. Salah satu produk micelar water yang saya incar, minggu kemarin di guardian sempat ada diskon lumayan. eh pas saya ke sana lagi ternyata udah habis masa diskonnya hiks

    BalasHapus
  12. Iya yaaaa air juga ngaruh. Temenkunyang tinggal di Jerman juga kulitnya jadi mulus hihi. Anw bioderma ini kne of my fav micellar water :D

    BalasHapus
  13. Nah ini dia, ak tuh suka kelewat pas lagi pagi hari nya karena buru-buru k kamar mandi jadi ga sempet pake micellar water padahal fungsinya semantap itu. Aku suka nyesel wkwk, mau ngerutinin lagi ah. Seneng ya mba ikutan event gini karena ilmunya itu lho kereeeen

    BalasHapus
  14. Aku cocok pakai bioderma ini. Apalagi waktu kemarin kulitku kering parah, pakai bioderma membantu melembabkan kulitku apalagi setelah ber make up. Makasih informasinya ya Ka Tiara.

    BalasHapus
  15. seru banget ya acaranya Jadi lebih banyak ilmu lagi, apa lagi ya memang brand Bioderma ini memang bagus banget ya apalagi micellar water nya ya

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah..
    ada ilmu baru lagi mengenai kulit wajah.
    Itu ya...kenapa wajah ini diperhatikan khusus sama perempuan.

    BalasHapus
  17. salfok sama headernya nih , btw aku juga dateng ni pas event ini dan suka sama conceptnya naos yg sejajar sama alam ini, aku juga suka sama produkproduknya apalagi yg sensibio h2o nya tu

    BalasHapus
  18. faktor jerawatku nomer 4 sama 5 tuh. sama kalo lagi jajan junk food terus tuh wah ancur deh muka wkwk. bioderma terbaik sih emang, pas aku pake bioderma tuh jadi bersih banget mukaku :)

    BalasHapus
  19. aku juga suka Bioderma tapi setelah Avene micellar water, so ini no 2 favorit lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah nda doyan avene, kaya kurang mantep wkwkw

      Hapus
  20. Sampai sekarang belum pernah cobain Bioderman, menimbang nimbang dengan harganya yang lumayan apakah bakal sebagus itu karena dengan micellar water Garnier yang biphase aja aku udah puas banget :(

    BalasHapus