Honest Review Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser + Before After 2 minggu!

review somethinc, somethinc low ph cleanser, somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser, somethinc cleanser, sabun cuci muka somethinc
Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser


Seneng banget akhirnya bisa coba produk Somethinc! Salah satu produk mereka yang akhirnya berhasil aku beli untuk pertama kali setelah melalui proses pemilihan dan pemilahan dari ingredients yang "kurang aman" dikulit aku, akhirnya aku memberanikan diri coba Low pH Gentle Jelly Cleanser ini. Jadi produk ini diinformasikan bahwa akan cocok ke semua jenis kulit karena dia pH sesuai kulit dan gentle cleanser. Engga ada SLS dan SLeS nya yuhuuuuu. Let's go langsung aja mari kita bahas Low pH Gentle Jelly Cleanser ini! 

Jadi untuk produk Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser dia ada dua size, yang pertama 100mL seharga normal 99k, sementara yang aku beli adalah travel size 15mL dengan harga normal 39K. Sebenarnya kalau kita hitung yang 15mL jadi jauh lebih mahal, tapi karena aku sering banget meski udah dicek-in nih ga ada ingredients aneh-aneh yang aku engga bisa tapiiii masih aja engga cocok jadi aku main aman dan memilih untuk beli travel size! Soalnya aku juga mau coba, karena sabun yang biasa aku pakai sedang habis.

packaging Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

Nah kemasannya seperti yang kalian lihat, dia tube mini banget omg gemesh. Ukurannya sekitar ibu jari telunjuk, engga sampai 15cm deh kalau dilihat-lihat. Dia punya warna biru dan kuning dengan bahan plastik yang menurut logo'nya sih bisa diduar ulang. Selain itu sama dengan hampir seluruh produk Somethinc lainnya, Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser ini engga punya box yah, jadi dateng dengan sealed dari plastik aja yang kebetulan sudah aku buang. 


ingredients Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

to be honest, susah banget mencapture keseluruhan tulisan ketika kamu cuma punya space 2cm untuk tulis full ingredients, so here's the detail: ingredients Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser
Water, Potassium Laureth Phosphate, Glycerin, Potassium Cocoyl Glutamate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Butylene Glycol, Centella Asiatica Leaf Water, Caprylic/Capric Triglyceride, Aspartic Acid, Caprylyl Glycol, Sodium Cocoyl Glutamate, 1,2-Hexanediol, Lauryl, Hydroxysultaine, Coco-Glucoside, Polyglyceryl-10 Laurate, Polyglyceryl-10 Myristate, Glyceryl, Caprylate, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Sodium Cocoyl Isethionate, Disodium EDTA, Calendula Officinalis Flower Extract, Mentha Piperita (Peppermint) Oil, Quillaja, Saponaria Bark Extract, Artemisia Capillaris Extract.

secara kandungan sih produk ini memang cukup aman ya, meski dia banyak processed chemical, tapi engga ada alkohol, paraben, sulfate, dan dia pake deliver dari minyak bunga matahari dan kelapa dibandingkan kelapa sawit, cmiiw ya! Nah, sayangnya masih ada Acrylate Crosspolymer alias microplastic dalam kandungan produk ini. Ini juga bisa jadi trigger untuk beberapa jenis kulit (include me, aku jelasin dibagian review ya!) terus dia juga ada kandungan aktif seperti Tea Tree & Papermint, beberapa followers di IG ku sempat mengeluhkan bahwa mereka ada indikasi engga cocok sama dua oil ini, jadi kamu bisa lebih "aware" ya, meski dia gentle tapi bukan berarti dia bener-bener akan cocok disemua jenis kulit, just like others. 


Nah, dari segi teksture produk ini cukup enak sebenernya, dia gel bening yang engga butuh banyak produk sudah menghasilkan busa yang cukup untuk satu wajah. Kalau membersihkan sendiri dia bisa dibilang so-so engga langsung bersih keset gitu tapi lebih ke bersih yang seger aja. Kalo kamu pakai makeup dan sunscreen, jelas dengan somethinc Low pH gentle jelly cleanser ini kamu wajib double cleansing.

teksture Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

Nah karena dia juga gentle, jadi busa yang dihasilkan juga engga terlalu banyak dan ketika dipakai dia engga super foamy gitu. Jadi kalau kamu tipe yang suka harus "kering" ini engga akan memberikan hasil demikian. Sementara untuk wanginya dia khas ya, ada kaya wangi tea tree dibandingan cantella yang cenderung soft gitu. 


Masuk ke review pemakaian aku selama dua minggu, hebat loh meski 15mL aku pakai pagi malem produknya masih sisa ada kali 1/3, ya balik lagi karena engga butuh banyak dia bisa cover satu wajah diaku hehe, aku emang lumayan hemat sih pake sabun apalagi kalau dia teksturenya bisa dibikin busa meski engga super foamy. 

before after Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

Nah, sebenernya dari ingredients wise aku optimis banget, makanya sampai detik aku nulis aku baru ngeh apa yang membuat setelah dua minggu aku pakai produk ini kok malah jadi bruntusan kaya kecil-kecil merah yang lebih banyak dibandingkan biasanya ya. Wajah aku memang gampang merah, itu di fixed dengan hydrating toner tapi kalau teksture aku selalu "menyalahkan" cleanser aku duluan. 

Aku cukup bersahabat dengan Cantella & Tea Tree, aku juga engga ada masalah dengan Pappermint, tapiiiii aku masalah banget sama product crosspoly alias microplastic. TUJUANNYA, awalnya untuk get the dirt from your face tapi, aku tuh pori-pori nya gede, ketika aku pijet pas pake sabun kadang ada aja yang clog, jadi dengan kombinasi aku pake masker yaudah deh kelar sayang. Padahal aku sempet expect akan cocok dengan produk ini hahaha, well, in other hand aku juga engga cocok sih dengan product low pH lain. Aku pikir awalnya cuma karena sesederhana, yah mungkin pH aku engga cocok.

Sekarang aku punya dua kecurigaan, antara aku memang engga cocok dengan pH nya pada wajah aku dan akhirnya memberikan reaksi pada wajah aku, padahal menurut riset yang aku baca-baca, wajah yang cenderung berjerawat cocok banget dengan pH dibawah 5 biar menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat :' 

Well, i guess this product just not for me! Aku rasa kalau kamu punya tipe kulit yang cenderung sensitif dan berjerawat tapi engga pori-pori besar, ini bisa jadi alternatif yang tepat buat kamu. 

Beli dimana?

Rate 3/5 
+ Terjangkau
+ Komposisi Bagus
+ Kemasan Travel size
- Microplastik
- Bikin Bruntusan (ini personal lol)







5 komentar:

  1. Baru tahu mengenai mikroplastik ini. Yang terbayang di bayanganku adalah itu merupakan bahan berbahaya. Overall, menggunakan produk kudu melihat reaksi kulit setelah beberapa kali pemakaian yaa, kak..

    Untungnya Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser kemasannya mungil.
    Jadi gak terlalu wasting product kalau gak cocok.

    BalasHapus
  2. Wah lubang tubenya kecil ya jadi aman nih gak beleberan kalo mau ambil produk

    BalasHapus
  3. ih packagingnya gemas banget kak! kalo untuk kulit sensitif emang harus cermat banget ya pilih produk yang sesuai kondisi kulit

    BalasHapus
  4. Makasih reviewnya mba. Satu sisi aku ada jerawat nih mba yang meninggalkan bebas.. Satu sisi lagi, pori pori aku besar.

    BalasHapus
  5. aku udah baca ulasan skincare somethinc daaannn selalu kepengin beli. tapi tunggu skincare lamaku habis duluu deh baru mau cobain beberapa produk somethinc

    BalasHapus