[Ad] Fakta Fakta JR Pass yang mungkin belum kamu ketahui!


Sedikit random, tapi pasti kalian familar banget kalo ke Jepang harus punya JR Pass~ mungkin sudah tau kalau JR Pass itu digunakan selama menaiki kereta setempat (non MRT) dan bisa juga untuk Shinkansen makanya harganya termasuk mahal karena memang memberikan fasilitas dan tempat duduk yang baik.

1. JR Pass (Japan Rail) telah direncakan sejak tahun 1930's alis sebelum perang dunia kedua, tapi baru bisa dilaksanakan setelah perang dunia II selesai dan hanya butuh waktu 5 tahun untuk membuatnya.

2. Pertama kali jalan tahun 1964, Shinkansen generasi '0' masih beroperasi hingga tahun 1999!

3. JR Pass hanya boleh dibeli oleh orang asing. Jadi kalau mau menukarkan ini harus dengan identitas berupa passport asli.

4. JR Pass bisa dibeli dalam kurun waktu 3 bulan. Jadi selama 3 bulan tiketnya bisa kalian beli dahulu dan ditukarkan selama 3 bulan itu, setelah lewat 3 bulan otomatis expired.

5. JR Pass termahal mencapai 11 juta rupiah! Waduh ini sih cocok banget untuk kalian yang ingin traveling keluar kota terus menerus ya gengs?

6. JR Pass ada 2 jenis : Nationwide atau Regional, kalo Nationwide kalian tinggal beli bisa langsung mengakses 5 wilayah sekaligus kalau yang regional ya perwilayah gitu. Ini list nya ya, jadi kalian akan beli lebih murah kalau udah paham regional mana yang ingin dituju.


7. JR Pass ada 3 tipe : The Ordinary alias kelas biasa dan the Green alias Bisnis class

Tapi percayalah, the ordinary lebih enak dari pada ekonomi di Indonesia, sayangnya harganya jauh. 

Yang terbaru, mungkin kalian jarang dengar adalah The Gran, ini hanya ada dibeberapa aja dan sangat exclusive dengan 6 bangku tiap kabin. 
Include food & beverage ~ 


8. Shinkansen ada 2 tipe : Free seat dan Booked seat. INI PENTING! 

Beberapa gerbong butuh dibooking dulu untuk mendapatkan nomer kursi which is lebih bagus. Beberapa bebas.

Tiara waktu itu terpaksa berdiri 3 jam karena engga tau ada sistem booking ini dan bangkunya penuh. Jadi diri 3 jam sambil demam itu engga enak! :( 

9. Harga Tiket JR Pass di Jepang lebih mahal dari pada dikota asal kalian (ini dari website langsung wkwkw) 

10. Kalo tiketnya hilang, engga bisa diurus ulang HEHEHE jadi jangan sampe ilang ya gengs. Kalo ilang ya angus aja gitu. 

Nah kayaknya aku tulis fakta JR Pass segini dulu ya? Udah cukup membantu pemahaman kalian kah? 

Oh ya plus satu, ini bukan fakta sih cuma fyi aja. 

1. Makanan ditempat Shinkasen selalu enak. 
2. Kereta di Jepang yang lokal antar wilayah punya tempat untuk taro koper yang dilengkapi dengan kunci jadi kalian engga perlu bingung kalau mau traveling dengan kereta lokal.
3. Kereta di Jepang yang lokal punya jam jam tertentu yang cukup jauh rentangnya dan kecepatan standart (80-100km/jam) jadi pastikan kalian cek jadwalnya.
4. Jangan salah stasiun karena meski sebrang-sebrangan, bisa beda jenis dan bahkan arah :) 


Oh ya kalau mau tau tempat-tempat shopping beauty Japan bisa cek di beautynesia.id

Pembelian tiket RESMI JR PASS via HisGo
Website Hisgo 

Refensi tulisan 




0 comments:

Posting Komentar