Top Social

BEGINS WITH LOVE YOURSELF FIRST
BEAUTY. HEALTH. TIPS.

[Health] Pemilihan Pelembab yang tepat, bedanya Moisturizer Vs Hydrating

Saturday, August 5, 2017



Sudah kah anda menggunakan Moisturizer? rasanya sama penting bahkan bisa dibilang lebih penting dibanding pake Sublock, padahal sama saja, keduanya sama-sama penting.

Tapi apakah kalian menggunakan Moisturizer yang tepat?

Banyak yang menjadikan satu antara Moisturizer dengan sunblock, dan aku engga bilang salah tapi apa kalian yakin yang kalian butuhkan adalah si moisturizer alias pelembab?
Sebenarnya kalau diartikan ke bahasa Indonesia ya punya makna 


pelembap/pe·lem·bap/ n zat atau cairan untuk menjadikan tetap lembap (kulit dan sebagainya);



Sesuatu cairan yang menjadikan kulit tetap lembap, padahal kebanyakan Moisturizer tidak melakukan hal tersebut! 


Hah? Pasti engga percaya kan, padahal kita pengennya kulit tetap terjaga kelembapan nya dengan menggunakan Moisturizer (pelembab) 
nyatanya dengan menggunakan Moisturizer jenis ini, kulit kita hanya dibuat mengunci kandungan air yang ada dikulit kita, jadi air yang ada di kulit kita tidak keluar kemana-mana dan tetap ada didalam kulit. Kalau di ilustrasikan akan seperti dibawah ini,  
Image result for skin water loss
PharmaXChange.info 

Cairan yang ada dikulit kita engga akan membobol keluar setelah diterik panas matahari, maupun saat berada diruangan ber AC, padahal sebenarnya secara alami hal itu dilakukan kulit karena mereka ingin menyesuaikan suhu dan temperatur, bila terlalu panas ataupun terlalu dingin. 
Sehingga akibatnya air yang ada dalam kulit kita akan tetap terkunci begitu saja ketika kita pakai Lotion ataupun Moisturizer.


Hal berbeda ketika kita menggunakan Hydrating atau penghidrasi, ketika pakai sesuatu yang mengandung penghidrasi kulit kita akan diberikan cairan, cairan ini yang kelak diserap kulit kita sehingga menjadikan kulit kita tetap memiliki cairan yang dimasukan dari luar, sementara air minum dari dalam. Apakah setelah di hidrasi tetap bisa keluar? Jawabannya bisa, hanya saja keluarnya tidak parah dan cenderung partikle hidrasi menetap jadi akan sangat lama untuk membuat kulit kembali ke zona kering. Jadi definisi Hidrasi ini yang lebih mendekati arti kata pelembab versi bahasa Indonesia.
Image result for skin water loss
Skin MD Natural

Ibaratnya, ketika kita menggunakan Moisturizer kita menutup jendela diluar agar angin tidak keluar, tapi seandainya kita sendiri tidak memiliki AC (cairan) dalam ruangan pasti akan tetap panas (kulit kering), tetapi ketika kita membuka jendela dan membiarkan angin masuk ke dalam ruangan akan lebih segar bukan? 

Jadi pastikan dulu, kalau kalian punya kulit yang kering pastikan menggunakan produk yang menghidrasi kulit termasuk kalian yang berminyak! Iya, kalian memasukan air dan menutup kesempatan minyak untuk memperbanyak dirinya, sementara kalau kalian punya kulit yang sudah kenyal dan cukup cepat berkeringat kalian bisa menggunakan moisturizer


Untuk kandungannya apa sih yang biasanya menghidrasi kulit, dan tipe apa yang butuh di hidrasi sebenarnya? 

aku ambil dari female daily


hydrating moisturizing gothamista
 Gothamista (Youtube)


Jadi disini yang hidrasi biasanya kandungan yang alami dan diproduksi diberbagai hal disekitar kita, misalnya lagi yang mengandung ekstrak lidah buaya, mengandung algae, mengandung kolagen, atau kemudian yang mengandung extract sesuatu, biasanya dia cenderung memberikan efek hidrasi, tapi untuk yang kulitnya sensitive kalian bisa 'mencurigai' produk yang mengandung aloevera (lidah buaya) maupun yang mengandung coconut oil (minyak kelapa), karena engga jarang itu malah bikin kulit kita ikutan kering! makanya coconut oil engga boleh dipakai sendirian. 

Sementara yang mengandung Oil pasti dia punya efek moisturizer, misalnya Vaselline, Mineral Oil, Beewax, castrol oil, alomond oil dan lain-lain, dan sebenernya Mineral oil punya efek yang engga begitu bagus sama kaya paraben, jadi biasanya diganti bee wax.

Nah kadang-kadang kandungan yang ada oil atau wax nya ini justru bikin kering seandainya kita engga supply lagi cairan dalam kulit kita, jadi aku sendiri akan lebih menyarankan produk yang Hydrating meski memang lebih mahal karena aman ke semuanya, kecuali yang gampang keringatan ahahaha..





So segitu dulu guys, kalian bisa baca lebih jelas di FD atau via Youtube!


Thank you for read this, jangan lupa di share agar semakin banyak orang yang tau. 








Post Comment
Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...