Top Social

BEGINS WITH LOVE YOURSELF FIRST
BEAUTY. HEALTH. TIPS.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

[Honest Review] Skin Dewi Experience - Temulawak Balancing Facial Emulsion & Hazelnut Cleansing Milk

Thursday, April 19, 2018


Hello everyone! Thank you sudah menyempatkan diri untuk mampir dan membaca blog ini. 
Personally this will one of my favorite review yang akan aku share ke kalian. So please enjoy!

Jadi kalau kalian sudah cukup lama baca blog aku, mungkin kalian paham why I start this big step as beauty & health blogger yang sebenarnya terbilang membingungkan, aku disini hadir bukan sebagai health advice karena selama proses review ini aja aku kejar-kejaran banget sama pola hidup :') jadi yaudah, aku disini lebih mengedukasi bagaimana seharusnya produk itu masuk ke dalam tubuh kita, bukan bagaimana dalam arti melarang tapi biar kalian lebih aware kalo diluar sana ada banyak banget produk yang sebenarnya punya kemungkinan bukan merawat tapi justru membuat kita semakin diperparah? Sebelumnya kalian harus tau dulu, kenapa sih kita harus merawat atau bahkan menyembuhkan diri kita.

Mungkin banyak dari kalian kaya masih mikir, kenapa sebenernya gue harus melakukan hal ini? Kenapa kemudian gue harus membuat diri gue tampil dengan menawan. 

Tujuannya satu, kalo menurut gue ya, mungkin kalian punya beda versi.

Biar kalian lebih sayang sama diri kalian sendiri. 
Gue yakin dari kalian banyak yang masih, membandingkan diri sendiri dengan yang lain. Kaya dia lebih langsing, dia lebih cantik, dia lebih ini itu. Tapi ketika kalian merawat diri kalian sendiri, kalian punya 'benteng' ketika terserang sama 'diri' kalian sendiri,

engga dong, gue juga punya wajah yang bersih! Gue pola hidupnya sehat! atau bisa juga dengan bilang, gue sudah memberikan diri gue cukup nutrisi. Everything take time.
Soalnya musuh perempuan yang utama tuh bukan pelakor, tapi stress dan kemudian bagaimana jadi bahagia. 

Lingkaran setan tanya menanya soal basa basi macem

"Lo kurusan ya?" atau "Muka lo bersihan" itu engga akan berakhir, yang ada malah orang jadi ga peduli sama sekali akan diri lo ketika mereka berhenti bertanya. Nah untuk menghindari konsonan kata, yang berujung pada stress itu penting banget emang kita buat melindungi diri sendiri. Yah engga selalu, mungkin kalian udah punya pertemanan sehat yang supportive? Keep it that way!

Gue terlahir di keluarga yan alhamdulillah nya mulus semua kecuali, gue. Si anak bawang yang menurunkan hormon berlebih. Paling lebar dan paling jerawatan. Kulit gue sensitif banget tapi hatinya engga ada sensitif-sensitifnya. Nah gue disini engga akan menjelaskan macem hal apa aja yang pernah gue pake, biar kalian cek sendiri di Highlight Instastory gue yang udah titik-titik itu untuk tau soalnya panjang dan belum berakhir perjuangannya.

Nah disini sepucuk cerita ketika gue pake produk dari SkinDewi, udah pernah denger?

Lives change when skin change. 
Skin Dewi’s goal is to empower you with the knowledge and means to change your life by changing your skin. A life-changing skin is beautifully healthy skin that blooms with quiet luminance, and is so firmly and remarkably uplifting that a natural confidence will radiate through your whole attitude, your full being, to your entire life.
Skin Dewi also focuses on beauty holistically. Beauty comes from the inside out. It is crucial to look at what’s inside so that it can projected out.

Dengan misi mempercantik diri dari dalam dan luar, karena sang ownernya mba Dewi sendiri engga main-main. Beliau percaya apa yang kalian makan engga hanya berakhir menjadi limbah, tapi kembali memancarkan diri kita. Short story, ternyata mba Dewi ini bener-bener belajar karena anaknya yang kedua punya masalah kulit yang cukup serius karena alergi dan kondisi tertentu terhadap kulitnya, dan dia engga mau bergantung dengan steroid (which i hate the most omg).

Apa itu steroid dan bahaya yang mengintai

" I quickly found School of Natural Skincare and signed up for their diploma class. Thirsty for more knowledge, I later signed up with Formula Botanica for their advanced diploma and other certifications classes such as natural preservation, stability testing… I also studied essential oils for skin from Tisserand Institute by Robert Tisserand." -Dewi, founder of skindewi. 

Dengan latar belakang teknik kimia, hal ini menjadikan mba Dewi bener-bener ahli luar dalam untuk masalah ini. Dia kemudian mendirikan   dan membagikan ilmunya melalui workshop untuk meningkatkan kepedulian akan kesehatan perempuan yang sesungguhnya, she truly inspiration. 

Awalnya aku taunya hanya workshopnya, dulu dishare sama kak Kae yang ikutan Organic Skincare Formulation Core Modules yaitu rangkaian pendidikan selama 3 hari soal skincare dan cara pembuatannya, jadi selama 3 hari kalian akan dibimbing soal ingredients, pembuatan produk ini itu yang menjadi bekal ketika kalian akan buat brand sendiri atau produk untuk diri sendiri minimal, paling minimal lagi, ngerti dan ga akan salah produk. Nah sebagai perempuan yang punya masalah kulit banyak banget, aku langsung kepingin ikut. Sayangnya harganya engga murah hahaha, jadi aku sekarang masih nabung. Kalian juga kalo penasaran bisa ikutan workshop kak Dewi disini. Untuk ukuran kelas workshop harganya bisa dibilang berkali kali lipat dibanding workshop pada umumnya, tapi balik lagi, disini kita belajar dengan orang yang benar-benar expert dan sudah mengantongi banyak sertifikasi yang itu pendidiknya juga engga murah loh! Oh ya kalau pengen coba workshopnya yang satuan juga ada nih~




Barulah setelah beautynesia nanya mau join reviewnya apa engga, aku langsung kepo dan baru sadar kalo skindewi itu punya produk sendiri. Aku tapi selama ini picky banget kalo takut pake produk organic handmade karena banyak dari mereka yang kandungannya engga stabil dan hanya sekedar meremake formulasi aja jadi engga bener-bener racikan yang dipikirkan masak-masak, tapi akhirnya tetep nekat mencoba, dan berlanjutlah review ini. 

Jadi setelah terpilih kita diminta untuk menjelaskan kondisi kulit aku berserta foto-foto awal kondisi kulit aku, yang baru aku sadari parah banget efek pake rose oil, yap, kandungan vitamin C mawar itu tinggi banget aku lupa dan malah ngelanjutin pake karena merasa butuh night skincare regime, padahal waktu itu kondisi kulit aku lagi terbilang stabil T^T anaknya tuh suka lupa ingatan banget. Akhirnya seluruh area pipi hingga dagu aku bener-bener mateng banget jerawatnya, aku tipe jerawatan yang aktif jadi engga bisa kena vitamin C dan anti-oksidan tinggi, jadinya mateng deh soalnya terus engga berhenti-henti gitu jerawatannya.

Akhirnya, setelah konsultasi aku mendapatkan produk dengan request aku yang tanpa aloevera yang karena pengalaman pake steroid, kalo kena yang ada aloeveranya bakalan makin banyak rambut halus diwajahnya gitu dan membuka pori-pori dan tentunya yang tanpa kandungan vit. C karena ya tadi memicu jerawat.





Akhirnya aku mendapatkan 2 produk yaitu, Temulawak Balancing Facial Emulsion dan Hazelnut Cleansing Milk travel size, kedua produk ini masih dalam kemasan lama dengan warna putih yang lebih clean dan sederhana sementara sekarang sudah dengan warna hijau yang khas, tapi meski kelihatan sederhana ternyata dalemnya cucok! Kemasan lama yang aku dapatkan memiliki warna putih susu dengan bahan plastik dan kemasan yang cukup firm untuk temulawak sementara untuk cleansing milk memiliki kemasan tube dengan bahan sejenis dengan warna susu juga, tapi menurutku yang temulawak memiliki kemasan yang lebih kokoh dibandingkan cleansing milk. Untungnya dikemasan yang hijau keduanya sama-sama sudah dengan plastik hijau yang jauh lebih kokoh.

Untuk yang Temulawak memiliki botol pump yang akan naik ketika produk dipencet, jadi kalian engga akan rugi produk dengan alesan produknya engga naik atau keambil hehehe sementara untuk yang cleansing milk karena tutupnya dengan bentuk tube jadi pasti mudah keluar karena kondisinya terbalik gitu. So far kedua kemasan mendukung untuk efisiensi produknya jadi aku sih sreg banget
sama kemasan yang ini.






Ini story telling banget sih masuk ke bagian ini,




As we know, story mba Dewi memberikan ia inspirasi untuk menciptakan produk yang bener-bener membantu anak-anaknya dan orang orang diluar sana yang mengalami hal yang sama, mungkin kalau jaman dahulu kala kita engga akan terpengaruh tapi sekarang dengan kondisi lingkungan, polusi dan efek radikal bebas serta UV yang semakin 'jahat' ke kulit kita, pelindungan herbal menurut aku menjadi hal yang paling membantu ketimbang 'bergantung' pada obat. Soalnya, kalo kalian suka belajar ginian, kalian pasti ngeh satu sama lain punya efek. Misalnya pake kandungan sulfate untuk jerawat, pastinya akan kering dan bekas. Jadi harus beli lagi obat buat menghilangkan bekas, kalo pake whitening akan memicu jerawat. Lingkaran setan banget ga sih?

Untungnya SkinDewi punya bahan yang organik dan menurut aku aman :') entah karena tipe kulit aku yang super sensitif ini atau gimana, aku coba pake brand Amerika P*ula yang BHA nya udah 2% dan AHA yang tinggi malah engga ngefek dikulit, kayaknya udah mati rasa deh itu kulit. 

Temulawak Balancing Facial Emulsion
Kandungan dari Temulawak ada, 


Antemis Nobilis Flower Water, Hamamelis Virginiana Water, Glycerine, Aqua, Cetearyl Glucoside, Sorbitan Olivate, Coco-caprylate/caprate, Calophyllum Inophyllum (Tamanu) Seed Oil, Corylus Avellana (Hazel) Seed Oil, Oenothera Biennis (Evening Primrose) Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed OilD-Alpha Tocopherol, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed OilBenzyl Alcohol, Allantoin, Niacinamide, Scleroglucan, Bisabolol, Arginine, Curcuma Longa Root CO2 Extract, Curcuma Zanthorrhiza Root CO2 Extract, Epilobium fleischeri Extract,  Glycyrrhiza Glabra (LicoriceExtract, Rosa Canina fruit CO2 Extract, Citric Acid, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Acacia Senegal Gum, Xanthan Gum, Glycine Soja Oil, Boswellia Carterii Oil, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract , Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Salix Alba (Willow) Bark Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil, Salvia Sclarea OilSalicylic Acid, Sorbic Acid, Rosmarinus Officinalis Leaf Extract. *Citronellol, *limonene, *linalool, *from natural essential oil
Bold = organic ingredients

Itu banyak banget sih, untuk airnya aja engga pake Aqua atau Purified Water tapi menggunakan Antemis Nobilis Flower Water yaitu Air bunga Chamomile yang bagus untuk kulit sensitif dan membantu melembabkan. Kemudian air dari Hamamelis Virginiana Water alias Witch Hazel! Itu udah terkenal banget untuk kulit yang sensitif, bagus banget buat kalian yang punya cloging pore karena selain memberikan relaxasi airnya memberikan 'kesegaran' untuk kulit kita, sumpah ini kalo aku bahas satu-satu pasti akan zuper panjang, tapi balik lagi ke bahan utamanya dia memang difokuskan untuk kulit yang sensitif, berminyak dengan banyak jerawat atau jerawat aktif! kok bisa? Tiara kutip dari websitenya, 
"Combining proven modern and traditional remedies, Turmeric and Temulawak extracts are harnessed in this emulsion for their anti-inflammatory, blemish-fighting properties, and Green Tea extract for its remarkable ability to regulate and balance sebum production. Each prudently chosen ingredient functions in chorus in this specialized formulation to restore a well-balanced, beautiful, flawless skin." 
Seperti namanya, merupakan kombinasi dari Tumerik dan Temulawak yang membantu untuk melawan jerawat dan peradangan (inflamasi) dengan bantuan Teh Hijau yang membantu untuk produksi sebum (minyak berlebih) yang memberikan balance. Karena memang ternyata, sebenarnya kulit yang baik bukan sekedar dirawat aja, waktu itu BA salah satu Brand asal Jepang bilang, 

tujuannya pake skincare tuh biar kulitnya jadi normal kak, karena memang fokusnya kan menjadikan wajah kita tanpa masalah dengan dinormalin itu. 
Singkat cerita akupun terilham.

Lanjut lagi ke produk berikutnya, 

Hazelnut Cleansing Milk

Aqua, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) WaterRicinus Communis (Castor) Seed Oil, Cetearyl Alcohol, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil,  Corylus Avellana (Hazelnut) Seed OilGlycerine, Cetearyl Glucoside, D-alpha-Tocopherol, Benzyl Alcohol, Amorphophallus Konjac Root Powder, Epilobium Fleischeri ExtractSalvia Sclarea (Clary) OilBenzoic Acid, Soybean (Glycine Soja) Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Pelargonium Graveolens (Geranium) Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Oil, Dehydroacetic Acid, Boswellia Carterii (Frankincense) Oil, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil, Citric Acid, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate. Citronellol*, Geraniol*, Limonene*, Linalool*. *from natural essential oils.

Punya kandungan yang lebih sedikit dari si Temulawak, produknya sendiri masih natural, hanya saja disini dia menggunakan Castor Oil tapi bukan yang biasanya soalnya ini yang inti gitu loh, 
dari websitenya, "The first step to restoring an acne-free skin, Hazelnut Cleansing Milk simultaneously purifies clogged pores of impurities, wash away the daily stress of pollution and dirt, soothe angry blemishes, all whilst maintaining a creamy, nourishing, non-drying formula. A revitalizing concoction of omega-rich oils – jojoba, hazelnut and castor – is combined with a powerful blend of bacteria-killing, blemish-fighting essential oils to detoxify pores, clear acnes, and recondition damaged skin. Witch Hazel helps shrink the appearance of pores. The result: Your best looking skin yet."
balik lagi Hazelnut punya kandungan untuk Acne skin dimana fokusnya pada kulit berjerawat yang 'lelah' karena polusi dan radikal bebas dengan kandungan Hazelut & Jojoba yang kaya omega dan membantu membunuh bakteri dan melawan jerawat :') 
Kedua produk ini paraben free, sulfate free tapi masih ada kandungan Alkoholnya, selain itu untuk menggantikan sifat pengawet Paraben mereka menggunakan Essential Oil. 




Nah jadi karena waktu itu aku abis pake produk Acne lain, aku butuh jeda sekitar tiga hari-seminggu sebelum pake ini, sebenarnya si Temulawak ini Light-weight emulsion moisturizer itu ya moisturizer jadi sebenernya engga butuh jeda waktu, tapi buat liat efek nyatanya aku jeda. Tapi sebenarnya aku sempat langsung masukin aja setelah konsultasi ke mba Dewi dan pihak A yang meracik produk ini. Apa lagi keduanya sama-sama natural harusnya engga masalah. Temulawak punya teksur yang light seperti moisturizer day cream yang mirip losion gitu jadi pas dipake dia engga butuh waktu lama untuk membaur tapi untuk menyerap dia butuh proses lebih lama karena kandungan essantial oil yang dimiliki. Sementara untuk Cleansing Milk, ini bener-bener kaya milk cleansing pada umumnya tapi cukup cair juga, sensasi pakenya pun mirip milk cleansing tapi sebenarnya ini bukan milk cleansing pada umumnya, kalo milk cleansing lebih untuk makeup remover yang ini sebenarnya adalah sabun cuci muka, jadi kalo di website nya ini "Gentle milk cleanser that dissolves pore clogging impurities without drying your skin." jadi ini sabun cuci muka super gentle yang tanpa busa jadi engga akan bikin iritasi karena kandungan busa atau sejenisnya. Makanya saat digunakanpun produknya harus seukuran koin gopek-an agar kerasa kalo make sabunnya. Dari segi aroma, Temulawak punya aroma herbal yang cukup light jadi buat kalian yang pengen coba produk natural tapi sensitif sama aroma, produk ini kemungkinan besar tidak menganggu. Begitu pula dengan clenasing milknya, dominasi wangi hazelnut dengan susu jadinya kaya nyium susu kacang aja.




Untuk pemakaian sebenarnya posisinya si 'Temulawak' ini sebagai emulsion tapi sebenarnya bisa dipake Night Cream, nah selama pakai ini aku jadiin ini sebagai night dan day cream sekaligus, jadi 2x sehari, setelah toner aja karena aku waktu itu pake skincare cuma yang tipis aja.

Untuk yang 'Hazelnut' nya ya seperti sabun biasa, setelah double cleansing (Cleansing Oil & Micellar Water) aku pake ini, tapi biasanya kalau lagi heavy makeup aku pake 2x, jadi sabun cuci muka yang berbusa gitu baru yang kemudian pake ini lagi.






Sayangnya, duh, pas awal kenalan sama si Temulawak Balancing Facial Emulsion ini tuh engga enak banget, produknya membuat wajah aku yang tadinya sudah kaleman jerawatnya langsung mateng dan merekah lagi, bahkan sampai keluar nanah nya gitu :') Shock banget!
Jadi aku pake ini cuma dua setengah hari diawal, karena kemudian takut.

Baru kemudian aku pake Krim A lagi sampai abis kemudian galau, akhirnya ya aku baru konsultasi ke mba Dewi, barulah dipandu pelan-pelan, jadi ternyata cara kerja si Temulawak ini seperti detox kulit, jadi masuknya sampai lapisan ke dalam kemudian dia bener-bener 'menyedot' kotoran yang ada didalam makanya pas pertama dia keluar semua :') yaudah, akhirnya aku make lagi seminggu, BAGUS! Wagelas sih, jadi ini produk memang bekerja perlahan-lahan, banget tapi termasuk yang cepat karena dalam seminggu udah kaya kelihatan padahal biasanya progres produk ini bisa sampai 3 minggu tapi ini hanya seminggu sudah mulai berjalan sesuai ritme yang seharusnya.

Oh ya, waktu itu konsultasi sama mba Dewi, akhirnya dia bilang karena jerawat aku fokusnya ada di area pipi itu penyebabnya karena masalah diperut, kalian tau kah chart-nya. 



Doctor of traditional Chinese medicine and wellbeing expert, John Tsagaris, believes that breakouts on varioys areas of the face can reflect different problems in your internal health
Atamy-Pinterest


Jadi secara sederhana, muka kita itu memberikan mapping masalah tubuh kita. Makanya pola makan kita engga hanya menjadi 'limbah' tapi bener-bener dicerna sampai ke kulit kita. Nah disana dijelaskan kalo misalnya didaerah pipi karena stress, alergi, diet ketat di produk diary (diet maksudnya disini pola makan ya) dan masalah paru-paru. Tapi kalau aku lebih ke arah diet sih, alias pola makan aku yang bisa dibilang 'jele' banget dan kemudian aku juga punya maag serta stress ehehehe makanya dikasih 'bekel' juga sama mba Dewi untuk minum air 2L sehari dan makan banyak sayur-sayur serta mengurangi asam. 

That's why setelah pemakaian ini selama 20 hari atau kurang lebih 3 minggu jerawat aku masih ada tapi kondisi kulit aku jadi much better, meskipun saat pemakaiannya aku merasa sedikit greasy karena make produknya lebe juga sih sewajah tapi efektif banget. 
Saat dicek ke kulit bagian dalam KULIT AKU NORMAL. 

selama berjuang 10 tahun kulit aku selalu dinyatakan berminyak, dan 3x aku cek kulit selalu normal. Ga percaya?! Iya! aku sama sekali engga percaya soalnya rasanya masih ada jerawat kok sama tekstur tapi lapisan dalam aku bener-bener statusnya normal :)  

B-A-H-A-G-I-A

Meskipun aku harus hate dulu diawalnya setelah pake ini aku tuh kaya ga percaya banget, jadi normal beb jadi NORMAL *selebay itu* hahaha tapi memang aku suka banget sama produk ini.

Untuk Hazelnut Cleansing Milk ini aku engga punya masalah apapun, dia dipake bener-bener segenep itu 30 hari,  meski awalnya heran dulu sih produk gimana makenya :( soalnya sensasinya beneran kaya milk cleansing tapi alhamdulillahnya aku berhasil make setelah bener-bener dipake sekoin gope-an tapi kata Adminnya Dewi bisa diirit kalo dibahasin dulu mukanya. 
Nah yang aku rasakan dari produk ini adalah kulit aku pas pakai ini jadi lebih cepat regenerasinya, jadi produknya bikin kulit aku lebih moist dan kenyal juga, jadi enak. 

Nah karena dia bikin cepet regenerasinya, kalian harus pastikan untuk pake exfoliator :p jadi memang produk ini butuh pendamping biar engga sendirian. 

So far, aku puas banget sih sama kedua produk ini, menurut aku kedua produk ini Organic High End nya dari Indonesia, soalnya harganya untuk Temulawak 20gr itu 800.000 tapi memang worth it banget, ini lagi nabung buat menuntaskan PR kemarin karena selama 3 minggu itu meski sudah normal belum selesai, iya, kaya film Dilan digantung ditengah :) 
untuk yang Hazelnut ukuran 50mL itu 285.000, menurut aku lumayan terjankau untuk kualitas sebagus itu, ini cocok banget untuk kalian yang kulitnya stress atau mudah cape, punya wajah kusam dan merasa butuh 'regenerasi' kulit cepat.  

Balik lagi, ini merupakan pengalaman pribadi aku sendiri. Mungkin kalian bisa berbeda ^^ dan semoga SkinDewi punya range harga yang lebih 'terjangkau' anak kuliahan ya hahaha soalnya premium bener ini. 

Thank you SkinDewi udah mengizinkan aku mencoba produk ini!

SkinDewi 





Thank you for reading this, hopefully doain aje dulu akan aku update setelah aku punya lagi produknya hahaha 










1 comment on "[Honest Review] Skin Dewi Experience - Temulawak Balancing Facial Emulsion & Hazelnut Cleansing Milk"
  1. Reaksi awalnya bikin deg-degan yah :') Tapi ternyata prosesnya gitu dan aduuuuh kerena banget jadi beneran normal :') Kayanya selama ini mungkin kalo ada masalah dengan kulit wajah kita, itu karena pola gizi dan lifestyle yang kurang tepat deh. Aku suka banget sama Skin Dewi bukan cuma karena produknya bagus, tapi Skin Dewi juga mengedukasi kliennya dengan lifestyle apa yang tepat biar kulit tetep terawat dengan baik. Nggak sekedar "jualan" aja. Salut!

    xoxo,
    honeyvha.com

    ReplyDelete