Top Social

BEGINS WITH LOVE YOURSELF FIRST
BEAUTY. HEALTH. TIPS.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

[Tips] Nabung agar terhindar dari Inflasi! 🙊 Ft. Pegadaian Jaman Now

Saturday, March 31, 2018



Alloo! Happy holiday, ettcieee lagi liburan panjang enak ya rasanya tapi aku mah kurang berasa rasanya aahhaha tapi ya di syukurin aja. Jangan lupa bersyukur, itu hal penting banget loh!
Karena dengan bersyukur jiwa kita jadi lebih sehat dan kita akan menjalani hidup dengan lebih semangat. Engga percaya? Coba kalian memejamkan mata sambil menarik napas dan membuang napas, kemudian coba kalian napas lagi dengan menutup hidung kalian. Nikmat pertama yang kalian dapatkan adalah sehat dan okisgen gratis! Bayangin, dulu pas Papa ku butuh bantuan pernapasan harga oksigen itu satu tabung 80.000,- (tahun 2009) dan beliau butuh 2 tabung sehari. Jadi sebulan bisa abis berapa juta cuma untuk napas! Nah bersyukurlah kalian Tuhan baik, masih belom ngasih pajak dan subsidi gratis :)

Nah kita sendiri sebagai manusia, jadi jangan lupa untuk bersyukur, karena hidup itu memang sesingkat itu dari pada fokus memikirkan hidup orang -which is tidak dilakukan oleh mereka yang sukses. Baiknya kita memikirkan diri kita sendiri agar kelak dapat bermanfaat dalam hal positif untuk orang banyak. Nah salah satu cara untuk memikirkan diri sendiri adalah mulai menabung, terlepas kalian mau pake asuransi atau engga, baiknya tabungan itu selalu ada. 
Kesannya sepele tapi ya tadi, tapi semakin dewasa ini kita harus sadar, apa lagi menginjak usia 20 tahun aku mulai memikirkan mau gimana kedepannya. (basic question as human being bener ga sih ini wkwkwkw)

Jujur aja, aku bukan anak ekonomi DAN BENCI BANGET SAMA EKONOMI, sebenernya suka konsep ekonomi dan hal-halnya, tapi selalu gagal lulus ekonomi pas SMA makanya masuk IPA HAHAHA iya, aku tim masuk IPA karena nilai ekonomi qu remed muluk padahal itu pelajaran yang relatable banget sama kehidupan sehari-hari engga sih? tapi aku emang concern banget sama hal ini somehow soalnya anaknya price police. Beli makeup aja kalo merasa murahan di toko A atau B meski udah didepan mata barangnya tetep dong belinya di toko A wkwkwk, terus nyari yang gratis ongkir. Sesederhana itu tapi akhirnya mulai deh ke hal-hal besar, salah satu tamparannya pas kemarin dosen bilang 

Tau ga sih, kalian tuh udah diatur dalam International Regime bahkan dari sini .... (eke anak Hubungan Internasional), kalian sadar ga, harga kuliah tuh naik mulu. Coba lu pikirin dah, (emang gaul dosennya, we love him), jangankan kuliah, sekolahan anak juga. Buset makanya anak gue cuma 2, tiap tahun biaya pendidikan naik sampe 20% sementara gaji orang tuanya paling gede naik 5%. Coba bayangin, kalo anak pertama sama anak kedua selisihnya sampe 10 tahun bisa kejang-kejang itu orang tua. 
Awalnya kaya mikir, bener banget dah. Tapi engga menindak lanjuti hal itu sampe pas ikut acara Investasi Jaman Now bareng Pegadaian dan C Channel dan itu kaya menampar aku dengan fakta bahwa. Indonesia punya inflasi, menurut Bank Indonesia
Secara sederhana inflasi diartikan sebagai meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya. - BI  

Nah, dulu aku tuh taunya secara KBBI yang,

inflasi/in·fla·si/ n Ek kemerosotan nilai uang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang: pemerintah berhasil mengen-dalikan -- dan menciptakan iklim ekonomi yang mantap;
-- lokal inflasi yang melanda suatu daerah tertentu


Engga paham kalo ternyata, fokusnya adalah harga kenaikan barang (nah ini ngapa wa ga lulus lulus). Dulu pahamnya kalo inflasi berarti uang terlalu banyak beredar, sehingga harganya rendah. Ternyata kalo di simplifyharga naik bos. secara terus menerus. 

Kenapa merah? HOROR GA SIH? jujur, horor untuk anak yang pelit kaya awak. Ini konsep sebenernya mirip dan bersinggungan sama sekarang, let's say our life style. Jujur dulu menurut aku makan 10.000 aja tuh udah mahal, sekarang seneng kalo makan cuma 100.000,-  what a boros. 
Bukan gegayaan, jujur aja, aku 4 kali kena tipes gegara sukaaa banget jajan pinggir jalan :) jadi bekel mentoknya. Seneng banget dah kalo seminggu berhasil cuma makan 100.000 -artinya gue kaga makan diluar -ehey. 

NAH. horror nya lagi, gue bentar lagi lulus kuliah. face it baby. FACE IT!

Mungkin sebagian dari kalian sudah kerja dan dapat mengatur perekonomiannya dengan baik. Selamat! Tapi, kalau kalian sudah menikah, berarti kalian termasuk generasi 80an dan awal 90an yang sebenarnya masih dibentuk secara baik, jujur aja, generasi millenials yang diatas kelahiran 95's ini cukup kewalahan dengan hidup. Okeh, cukup curhatnya. Fokus. 

Point pentingnya disini. Hidup itu engga akan berhenti dan ke belakang. Harga pangan engga akan menurun dan kita harus bisa mengatasi situasi ini. Apa lagi Indonesia lagi berkembang banget (ga sumpah gue ga akan bahas ini panjang bener kalo ampe bahas Indonesia ekonomi terkuat 2050 dan bisa hancur di 2030 -biarlah ini kajian kuliah aja). 

Sebagai masyarakat Indonesia yang semakin cerdas tabungan itu wajib. BANGET.

Nah kalo kalian suka ke bank/baca koran dan mencari bunga bank paling besar 
(yes, aye du it cos aye se-price police itu), bunga bank terbesar yang bisa diberikan adalah 0.7% tahun dan masih sama, kemarin sempat naik tapi so far segitu sementara bunga dari deposito itu rata-rata cuma ada di 1%  dengan simpanan dibawah 1 milyar dan 3% bila diatas 1 milyar ini aku pukul rata ya, bisa beda-beda tiap bank. Yang artinya hal ini bisa dibilang cukup kecil dan sangat riskan. Dulu sempat mau nabung dollar dan penyesalan aku juga sih kenapa engga nabung dulu pas masih murah, sampai sekarang rupiah melemah banget dan harganya hampir 14.000, dollar kita sekarang dinilai 13.756 :)  mau beli nunggu turun kapan ya wkwkwk, nah ini tuh engga pasti banget deh semuanya, tapi ada satu yang kalian bisa pastikan naik ketika nabung.

Jawabannya udah dikasih tau mamak dari jaman bahela. 



via GIPHY



yes, jawabannya adalah EMAS!

Dari jaman nenek moyang dulu, sebenarnya Indonesia sudah menggunakan Emas sebagai mata uangnya cuma terlalu berat jadi akhirnya diganti dengan uang kertas padahal kita kaya bener loh kalo masih pake wang emas hahaha, ya sudah memang ribet.
Mama tiara sendiri penganut Investasi emas, tapi dalam bentuk barang karena kalo batangan rasanya rada susah aja dijualnya (pemikirannya dulu) dan nyimpennya takut (bener banget).

Belum lagi ada pajak yang harus dibayarkan ketika memiliki emas diatas 200gr secara syariat Islam dengan harga 2.5% dari emas saat itu. Kalo harga 1 gr emas 600k kalo 200gr x 600gr = 120jt kalo kena 2.5% nya jadi 3jt, berarti kita harus zakat 3jt setiap tahunnya :d nah nah nah... bisa di beliin emas lagi 5gr (yaAllah dosa kan gue).

Tapi, sekarang sudah ada versi baru dong investasi jaman now!


Engga perlu lagi takut karena sekarang Pegadaian bukan cuma jadi tempat Gadai, malah menurut aku konsepnya mirip Koperasi engga sih?

Di usia yang ke 117 tahun, Pegadaian sudah semakin berkembang. Investasi Jaman Now disini adalah kalian bisa Invetasi di pegadaian melalui handphone, rasanya tuh kaya main saham gengs. 
Menariknya lagi, pegadaian memberikan asuransi terhadap emas yang kalian miliki! 
Hah asuransi? kan gue investasi emas. Nah simak dulu yuk!



Jadi seperti yang aku bilang kemarin, aku ikut acara ini. Acaranya sendiri dimulai dengan sambutan dari CEO C Channel, Mr. Yamato Sasagawa memberikan sambutan hangat kepada seluruh blogger dan pengunjung, lengkap dengan pemberian penghargaan untuk seluruh narasumber selama acara berlangsung.



Ini lah kumpulan blogger ketjeh yang ikutan, jangan tanya aku dimana karena aku yang foto hahaha, 
Nah setelah jam nya mendekati, dimulailah acara seru bareng Pegadaian 

Nah pertama kita dijelaskan soal Inflasi tadi, 


untungnya sudah menurun sejak tahun 2015 lalu menjadi relatif stabil di angkat 3-4% tapi kalau dihitung-hitung, bila Inflasi kita nyari 6% berarti harga barang setiap tahunnya mengalami kenaikan. 

Dalam  tahun  pertama harganya harga awalnya 1.000.000
5 tahun kemudian menjadi 1.200.000
10 tahun kemudian menjadi 1.800.000
20 tahun kemudian menjadi 3.200.000


Lumayan horor, nah kalo belum dapat gambarannya ini akan aku tunjukan 




Nah dengan infestasi emas tadi, kalian engga perlu lagi pusing-pusing karena 
harga emas cenderung stabil. 

Beberapa kelebihan tabungan emas dibanding tabungan lainnya 

+ Reski kecil, tidak terpengaruh inflasi 
+ Tidak terpotong biaya administrasi bulanan 
+ Profit/Keuntungan lebih tinggi
+ Dapat ditarik kapan saja tanpa denda
+ Aset dalam bentuk berjalan (bukan tetap) sehingga mudah dijual cepat

Lalu kenapa harus di PEGADAIAN?

karena pegadaian memiliki beberapa tipe, mulai dari Arisan Emas (Mulia), EmasKU (Investasi Emas) dan juga Tabungan Emas. Sehingga kalian dapat banyak kesempatan nabung tanpa harus khawatir. 

 kali ini aku akan ngasih gambaran yang dalam bentuk PEGADAIAN DIGITAL. 



Pegadaian digital merupakan cara mudah untuk bertransaksi melalui aplikasi pegadaian Jual Beli Produk, Pegadaian, Infomasi harga, bahkan Transfer produk ke sesama pengguna. 

disini kalian akan langsung diarahkan ke Tabungan Emas. 


Apa kelebihan Tabungan emas?

1. Bisa dilakukan secara mobile menggunakan HP
2. Hanya membutuhkan KTP/SIM/Paspor untuk identifikasi
3. Biaya pengeolaan ringan (diawal)
4. Pembelian & Penjualan dapat dilakan melalui online (transfer Bank)
5. Emas mulai dapat dicetak mulai dari 1gr 
6. Mendapatkan buku tabungan
7. Pembelian dapat menyesuaikan mulai dari 0.01gr 

Iya, kalian bisa beli mulai dari 10.000-an aja! Yuhu <3 



Narasumber & Penanya Terbaik

Nah ini tampilan yang tiara punya, disini kalian 
bisa langsung lihat harga jual dan belinya serta statistik dan dataya. 





Biasanya akan selalu naik, jadi nyesel kemarin engga beli!

Oh ya, untuk registrasi kalian akan disuruh milih pegadaian terdekat. Fungsinya untuk pencetakan buku tabungan (fisik) dan juga pencetakan emasnya nanti. Nantinya disanalah kalian bisa ambil emasnya, untuk sementara hanya di wilayah kalian cetak buku tabungan kalian bisa ambil ya. 



Nah segini dulu infonya, kalau belum paham atau ada yang perlu ditanyakan bisa banget langsung komentar ya! happy weekend.

7 comments on "[Tips] Nabung agar terhindar dari Inflasi! 🙊 Ft. Pegadaian Jaman Now "
  1. Duh ada aku 🙈🙈
    Detail banget beb sampe ada itung-itungannya 😍
    Btw, tapi emang sih aku jadi mikir buat invest emas nih sekarang. Apalagi di pegadaian bisa di cicil..
    Setuju lah sama Tiara 💖

    ReplyDelete
  2. Aku juga salah satu yang ikutan investasi emas.Awalnya karena dorongan dari orang tua, tetapi ternyata memang memnguntungkan jadi berlanjut sampai sekarang. nice encouraging article!!!

    ReplyDelete
  3. Aku baru mulai juga nih beb nabung emas di pegadaian... hihihi

    ReplyDelete
  4. Iya bener banget investasi emas ini resiko kecil dan pastinya jadi simpanan untuk masa depan

    ReplyDelete
  5. Mkny klo org nikah slh st hadiah yg sk dikshbadalah perhiasan emas y.. Emank penting sih buat nabung emas jg..
    Thx articlenya babe!

    Xoxo
    Blossomshine

    ReplyDelete
  6. huaaaa ternyata investasi itu penting bgt yak walaupun masih muda juga

    ReplyDelete
  7. aku dulu ngga pernaah mikirin ginian, apa-apa disuapin emak. makin tua jadi makin mikir soal investasi nih. thanks for sharing!

    aidacht.com

    ReplyDelete