Top Social

BEGINS WITH LOVE YOURSELF FIRST
BEAUTY. HEALTH. TIPS.

[Tips] How to Deal with Your (month) Moon

Friday, February 3, 2017
Sebenernya, Tiara masih engga mengerti kenapa dibilang dateng bulan? Padahal warnanya merah, kenapa engga dateng strowberry atau cherry yang jelas-jelas merah, atau apel yang memang dominan dengan warna merah? Kenapa bulan? 


Well tapi dibalik itu semua, sudah sewajarnya perempuan emang dateng bulan, kalau kita belajar pas SD kelas enam, perempuan akan mengalami fase ini ketika proses reproduksinya sudah mulai aktif. Nah perlu dipahami betul kalo ada juga faktor gen dan DNA yang mempengaruhi, misalnya siklus dateng bulan yang engga menentu karena turunan atau sejenisnya. 

Tapi balik lagi, sebenernya semua orang punya ciri khasnya sendiri, apa lagi zaman ibu kalian berbeda jauh dengan zaman kalian yang ada saat ini. Kebanyakan anak zaman sekarang lebih mudah sakit, nyeri atau sejenisnya ketika dateng bulan karena pola makan jadi salah satu masalahnya, kaya lebih banyak makan junk food dari pada yang sehat-sehat, terlepas dari ada opini soal soft drink (soda) yang bikin lebih cepet luruh lah prosesnya atau apa, semua balik lagi ke diri kalian sendiri. 

Dari pengalaman Tiara ada beberapa hal yang paling mempengaruhi proses datang bulan atau haid ini adalah, kondisi fisik kalian ataupun kondisi psikis kalian. Ketika kalian cape biasanya dateng bulan akan dateng lebih cepat atau justru lebih lambat, tapi yang pasti kalau kalian stress berat kalian engga dateng bulan. Itu pernah Tiara alami sendiri, sebulan engga dateng bulan, panik banget dan ternyata emang Tiara lagi kondisi tiap hari nangis sampe yaudah, engga dapet. Bulan berikutnya baru balik normal lagi. Selain itu juga bisa kalo misalnya kalian menggemuk secara cepat maupun kurus juga secara cepat! Yang PR adalah kalau misalnya kalian meminum obat-obatan, beberapa jenis obat bikin haid engga lancar. 


Selain itu ada soal haid yang tepat waktu atau yang dateng sesuai siklus, kalo yang dateng tepat waktu cenderung lebih enak, soalnya dia bakalan dateng di renggang tanggal yang sama, misalnya kaya kakak aku dateng nya selalu 16 17 atau 18. Beda banget sama aku yang selalu ngikutin kapan selesainya, ditambah +28-31 hari, biasanya sih kalo aku, tanggal 18 dapet lalu kelar seminggu, jadi 25 yaudah aku dapet lagi 25 +  28 hari, bisa tanggal 27/28 bulan depannya. Males banget!

Hal yang paling menyebalkan adalah, kondisi pra-dapet ini. 

Aku bisa bilang, kalo aku spesimen perempuan yang udah dalem kategori, ga ngerti lagi.

PMS (Pre Menstruation Syndrome) aku ada 2 tipe, well semoga ada yang nemenin ya ahaha.

Jadi aku bisa PMS sebelum haid, atau PMS pas lagi haid.
Iya, kalo aku PMS sebelum haid, biasanya aku bakalan cuma lebih cape, lebih galak dan ngeselin aja dan lebih iseng. Itu 2x setelah dan sebelum.

Tapi celakanya kalo PMS pas lagi haid kaya sekarang ahahaha. Rasanya aku menjadi sosok paling menyebalkan di dunia, aku bisa banget ngomong kaya ga difilter, ngomong nya kasar dan jahat banget, tapi abis itu malemnya nyesel dan pengen nangis sampe stress sendiri. Kacau banget kalo gitu, terus makan mulu. Terus cepet mood swing banget. sebel.


Nah kalo ada yang kek begini bentuknya, aku pengen kasih beberapa tips yang hopefully bisa bareng-bareng kita lakukan, karena ya, sekarang akupun menulis ini sebagai bentuk penyesalan aku karena aku sejak 3 hari kemarin bikin orang zuper kzl. 

Lets start


1. Jalangan Males : 
menstrual2-shannaedbergtumblr-1efa00d039945fb7d0e7236ae470973a.jpg
a. Belanja 

Iya, pas kalo kaya gini semua jadi serba salah, semua menyebalkan dan pengennya melakukan hal yang bikin happy, jadi ke supermarket terdekatlah, beli ice cream favorit, atau cemilan favorite tapi much better kalian beli buah, terutama yang punya sensasi segar atau asem, soalnya kalo segar misalnya semangka, atau makan nanas biar lebih seger dan naikin mood.

b. Make your own food!

Dih, lagi dapet bawaanya males banget, eitsss.. iya sih emang, dari kemarin Tiara rajin masak, eh pas dapet bawaannya pengen beli muluk terus junk food. Ternyata oh ternyata, kalo makan junk food, tinggi karbohidrat, tinggi lemak justru malah bikin kita jadi makin mood swing, makin cepet laper dan gula darah terganggu yang ngirim sinyal ke otak rasa engga nyaman ke diri sendiri.
Jadi super disaranin kalian menyempatkan diri untuk potong buah-buah, atau makan kaya sesuatu yang whole protein, kaya daging tanpa lemak, salmon, tuna dan sejenisnya. 

Terus juga makan kaya zat besi, tau sendiri deh kalo kekurangan darah bisa lemes, jadi makin sensitif kan ya. Gapapa, makan aja banyak zat besi kaya nyemil kacang almond, bayam, tomat dan juga pisang bisa jadi alternatif, soalnya kalsium bikin naikin mood juga. 


2. Save your best thing

Misalnya kalian udah lama ga baca buku, atau lama engga dengerin update-an playlist, do it again!
Siapin marathon film favorite atau streaming drama korea maupun make up look di Instagram, ngelakuin apapun yang bikin kalian lebih positif.

Engga salah juga loh misalnya kalian pengen yoga, atau bobo dikasur sambil gambar-gambar kaya anak kecil. Do what makes you happy more often LOL


3. Grab your spa kit!

HHEHEHE kalo males, kalian bisa langsung ke salon aja sih, your time. Soalnya pas lagi dapet pasti jadi lebih cape dan kurang bertenaga, langsung cuss aja ke salon terdekat buat pijet relaxasi, atau nyalon biar rambut cetar nan badai. Kalau kalian buget kaya aku, aku biasnaya cuma langsung kutekan aja biar berasa masa depan cerah tiap ngelihat jari kita, then, aku nyalain lilin aroma terapi, but karena sayang aku cuma beli cairan pewangi aroma therapy yang aku taro di bantal, biar lebih pw bobo nya.


4. Talk to somebody or note it!

Hal paling krusial adalah ketika kalian harus ngomong, basicly Tiara lebih jago nulis biar orang ngerti (apa engga juga ya,) dari pada harus menyampaikannya secara lisan, biasanya sih, akan lebih kacau. Tapi kalo lagi haid, nulis aja jadi salah. 

So much better kalian ketemu dengan seseorang yang tau kalian banget dan ngomong aja udah semuanya, kesel, ga penting atau apapun. Misalnya lagi engga ada, diem dan tulis lah. Tapi jangan curhat di sosmed ya bu, ntar kalo nyesel sama aja. Tulis aja di note, kesel, bete, dan sejenisnya ke note kalian biar kalian engga malah dosa pas lagi haid.


5. FOKUS 

Yep, stay fokus sama hal-hal yang memang butuh perhatian adalah kunci utama pas lagi haid ataupun move on, kalo kalian engga bisa fokus gagal sudah. Fokus disini kalian bisa bener-bener into it, jadi engga akan terganggu sama pikiran pikiran lain yang seliweran didalam otak, misalnya kaya kalo lagi dengerin rapat, ya dengerin, simak. Jangan mikirin mau lunch apa atau masalah sama si mba A atau kalo lagi move on ya, pikirin lo kenapa engga mencoba benah-benah diri dulu kali aja ada yang ngelirik dan lebih baik #lah



Yaudah, segitu dulu kali ya cerita ini, yah, semua khilaf, semua penuh dosa *kalian semua suci aku penuh dosa* *backsound* 

nda papa. Yang penting kalian ceria. 


Yang penting kalian tau kalau kalian cantik pas lagi senyum :) 


*makin ga jelas* 

Yaudah, do what you love to do with your heart but limit it with your brain. Jangan kebanyakan mikir, hidup ini yang bikin kalian happy aja, belum tentu besok masih dikasih nafas *ini apa sih*


Yaudah, kalo kalian punya cerita lain monggo loh di share ihiy~ 













1 comment on "[Tips] How to Deal with Your (month) Moon"
  1. sama Ti. aku kalo PMS juga bawaannya makan mulu. Huahaha.. biasanya sih seminggu sebelum dapet bawaannya pengen ngunyah yang asin-asin dan gorengan gitu. Kemudian, ehm, gagal lah diet x_x

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...