Top Social

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

[Tips] Cara Belanja dari Luar Negeri || Airfrov Indonesia - Jastip langsung ke Traveler!

Sunday, December 23, 2018


Holla semuanya! Wah udah musim-musim liburan nih, pada liburan kemana? kalau aku sih menghabiskan waktu sementara ini di Ibu Kota dulu, masih nunggu 'low season' aja hahaha, soalnya kalau sekarang gini sayang mau liburan, atau nunggu oleh-oleh ajalah dari yang lagi liburan. 
Tapi kadang, kalau oleh-oleh kan ga tau apa ya? kalau mau nitip kadang juga ga enak gitu, masa orang lagi liburan malah dititip-titip. 

Nah tapi, kalau kalian pengen banget beli barang yang lagi in banget, sekarang gausah ribet-ribet lagi. Soalnya sekarang di Indonesia udah ada Airfov, yaitu sebuah aplikasi yang dibuat berdasar dari pengalaman Cai Li, co-foundernya yang sering banget dititipin sama cewe-nya tiap kali lagi liburan keluar negeri. Mulai dari tas, baju, makeup dan snack-snack khas disana. Dari sanalah kemudian terlahir Airfov, sebuah aplikasi yang memudahkan kita untuk nitip tanpa sungkan lagi ke traveler. 

Disana kita bisa nitip apapun yang kita mau, yang nantinya akan dilihat oleh para traveler dan mereka akan membelikan barang yang kita pengen~ 

Masa sih semudah itu? Beneran! Nih kalau engga percaya, aku kali ini akan sharing pas aku belanja disana :d jadi beberapa minggu lalu aku dikasih kesempatan buat mencoba langsung aplikasi ini, jadi aku dikasih voucher untuk belanja disini, tapi kalau lebih dari itu, kita diminta untuk nambah sendiri, ya namanya Tiara ga mungkin ga nambah! Hahahaha, jadi pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah unduh (download) aplikasinya yang ada di iOS atau Android kalian. Logo nya yang ada orang kribow dengan kumis, asli jangan tanya kenapa gitu karena ga tau juga hehe...




Nah setelah itu kalian bisa langsung masuk ke appsnya, hal pertama yang akan kalian temukan adalah pilih negaranya dulu. Kalau udah, bisa sign up atau log in aja, ada beberapa alternatif kaya email dan facebook gitu untuk masuk ke akunnya. 


Jadi selain kalian bisa nitip, kalian juga bisa dititipin. Menurut aku ini good deals banget untuk kalian yang memang suka jalan, belanja dan dapet jajan lebih! Soalnya kalau kalian dititipin otomatis paling engga dapet 'jajan' sekitar 50rb, bayangin kalau 10 orang yang nitip atau bahkan lebih, jauh lebih menguntungkan dari jastip pada umumnya. Bahkan menurut aku jadi lebih enak, karena engga ada rasa 'ga enak' karena ke temen masa mau di duitin! Hahaha ngaku deh pasti kadang ada yang suka ga enak kan membebankan teman atau nolong tapi kok pake jasa titip. 

Padahal kalau diitung-itung, dari ongkos beli barang, masuk bagasi sampe kirimnya aja engga gratis loh guys! Nah ayo dipikirin lagi :p 



Setelah kamu masuk, akan ada opsi untuk 'pilih' yang menurut kamu menarik, ada beberapa tapi ya itu bebas sih mau sesuai keinginan kalian aja. Kalau udah kalian akan langsung ke home atau tampilan awal setiap kalian buka Airfov tadi. Setelahnya ada beberapa tab baik diatas maupun bawah. 


Pada bagian bawah itu ada tanda (+) yang menentukan per-jasa-an penitipan ini. 


Jadi disana ketika kalian klik akan ada 3 opsi, yaitu 

1. Trip

Nah kalau kalian pilih opsi Trip kalian disini berarti memberi tahukan status kalian sebagai 'traveler' yang sedang pergi ke sebuah negara. Nantinya 'request' atau titip beli yang masuk ke negara yang sama akan muncul dan kalian bisa menawarkan untuk bantu beli. 


2. Rekomendasi 

Sementara kalau rekomendasi ini bebas siapa aja yang buat, baik Traveler atau Pembeli, intinya sih cuma mau kasih saran aja produk apa nih yang lagi bagus atau hype buat dibeli dinegara tertentu. Misalnya tumblr Starbucks yang limited edition, atau aneka ragam limited edition lainnya. 

3. Request 

Terakhir, ada Request dimana kalian bisa banget buat mulai buka 'lapak' untuk nitip beli barangnya. Disana, kalau kalian klik mulai deh ada 4 tab yang harus diisi dimana, kalian harus informasikan detail dari 'titipan' kalian. Kalau mau nitip banyak kaya aku, informasi aja detailnya pada kolom informasi jadi akan jelas. 

Saran aku, kasih harga yang pas aja dulu tapi dikolom saran bilang open offer  untuk produk tersebut jadi nanti pihak Traveler bisa nawar produk kita. 


Kalau kalian udah buat lapaknya, akan ada informasi jadi 4 jenis, yaitu open yang berarti siapapun travelernya bisa nawar. Kalau offer, berarti lagi ada yang nawar. Kalau udah berubah jadi accepted, berarti sudah dilakukan persetujuan (pending purchase). 


Nanti kalau ada yang nawar akan ada notifikasinya kok. Disini juga lumayan cepat responnya dan banyak banget yang nawar. 


Nanti kalau udah ditawar, kalian bisa liat penawaran dari Traveler itu berapa dan kapan dia akan sampai di Indonesia. Selama tawar menawar gini, ga enaknya ga bisa tuh PM langsung, PM baru bisa dilakukan ketika sudah ada deposito. Ini tujuannya biar ga ada oknum yang PM dan beli langsung tanpa ada pengawasan diluar Airfrov gicuu :( kan nanti kalau kenapa-napa ga bisa dipertanggung jawabkan.  

Nah pas dilihat kalian bisa nolak, kalau nolak bakalan ditanya kenapa nolak? 

Kalau setuju, akan ada opsi pengiriman dengan apa dan kena biaya berapa. Beberapa bahkan menyediakan GOJEG same day service gitu jadi biar engga ribet packing kayaknya. 

Setelah itu nanti akan ada informasi dari pihak Airfov biaya yang dikenakan untuk jasa mereka. Yang menurut aku sangat normal. Sekitar 2.5% dari harga produk kalau aku ga salah.




Nah kalau sudah, kalian bisa top up dulu saldonya. Iya semacam saldo akan ditahan oleh pihak Airfov dan gausah khawatir. Disini mereka bahkan bisa deposito sampe puluhan juta, apa lagi mereka yang nitip barang-barang branded. Disini kalian bisa transfer ke BCA, Mandiri dan Bank bersama kalau engga salah. Kalau suadh melakukan pembayaran, baru deh bisa disetujui dan langsung ke pending purchase. Disini kalian bisa mulai chat dengan traveler. 

Saran, pilih traveler yang sudah punya rating aja :) 

soalnya aku iseng banget pasang harga murah tapi di cancel sampai 3x oleh pihak Traveler setelah purchase. Nah biar lebih aman dan professional pake yang sudah ada ratingnya aja karena mereka sudah menjamin produk tersebuh pasti akan ke beli

Karena disini memang kan beli dan jual santai, jadi engga bisa memaksakan banget untuk kebeli produknya karena pastinya bisa aja ada halangan yang diterima oleh traveler apa lagi kalau barangnya limited edition atau gimana. 

Nah untunglah aku kemudian dapet traveler yang baik dan super informatif. Meski sedikit lebih lama tapi masih jauh lebih cepat dari pada PO online sis yang sampai sebulan. Bahkan kalau beruntung bisa cuma 2-3 hari sampe deh barang dari belahan negaara lain. 


Saran, pastikan juga barang yang kalian beli sudah lengkap ketika sampai.

Nah kalau udah lengkap, baru kemudian klik dana terkirim ke traveller. Asli enak banget, kita yang punya hak apakah memang dana ini berhak dikirim atau engga. Jadi engga akan takut kaya market place yang asal-asalan :( asli sebel banget sama market place orange yang kemaren ngelepas dana gue padahal lagi komplen T^T 

Nah apa sih sebenernya kelebihan dari Airfrov ini?

Disini kalian pastinya bisa belanja produk APA AJA! 

Iya, apa aja sampai kemana-mana, karena nantikan yang mempertimbangkan adalah travelernya kira-kira mereka akan bisa beli atau engga. 

Lebih aman beb! 

Kalau beli ke online shop kita engga yakin, transfer belasan juta tiba-tiba dibawa lari? Waduh nangis kalo aku. Atau kalau beli produk kecil-kecil tapi susah? salah? wah ga ada jaminan. Kalau disini ada yang bisa bantu menjamin produk yang sampai ke kamu kan lebih enak~ 

A.S.A.P alias Cepet banget!

Nah kalau biasanya PO kan bisa sampai sebulan, dengan menggunakan Airfov barang bisa sampai sesuai dengan waktu dari traveler. Tinggal pinter-pinter dari kamu aja, pilih travelernya yang sampainya kapan :) 

PRAKTIS! 
Bisa langsung banyak atau beragam 

Kebanyakan jasa penitipan gini, cenderung mono produk. Misalnya makeup doang atau cuma pakaian doang. Nah di Airfov kamu bisa nitip macem-macem langsung dari satu orang. Ga perlu ribet buat pembelian berbeda berkali-kali kan?

Udah paham dong gimana sekarang caranya belanja di Airfov sekarang? Kalau udah, nih aku punya voucher 150K untuk pembelian kalian disana <3 


Pengalaman menggunakan Airfov 

Menurut aku Airfrov ini sebenernya ide yang menarik banget karena memudahkan kita berbelanja tanpa harus takut kena tipu atau susah nyari orang yang mau dititipin, meskipun ada jasa titip ke traveler + ke Airfov semua transparan dimana jadi enak, sayangnya ada biaya transfer bank yang menurut aku kurang nyaman gitu. Meski sedikit tetep aja diitung hahaha :p 
Enaknya lagi dibeberapa traveler bisa beliin via website, jadi kita bisa bebas nitip apa aja beda sama online shop yang harus beli di store langsung gitu. Tapi ya aku paling enak karena bisa beli beberapa produk satu ongkir! Kalo biasanya kan kudu harus 1 ongkir untuk 1 barang nah kalo ini bisa semuanya. Aku kemarin iseng gabungin makanan sama makeup, ya mereka tinggal beli aja di Airport, atau shipping ke rumah/tempat tinggal. Jadi mereka juga lebih mudah!

Aku cukup merekomendasikan ini sih buat yang suka nyari produk lucu-lucu atau aneh-aneh karena mereka mau loh sampe nyariin hahaha.. jadi kitanya tinggal nunggu paket jadi hadiah <3  


Thank you sudah membaca pengalaman aku, kalau masih bingung bisa langsung info aja ;)



Post Comment
Post a Comment