Top Social

BEGINS WITH LOVE YOURSELF FIRST
BEAUTY. HEALTH. TIPS.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

[Health] Fakta atau Mitos soal Payudara ft. Ngintip Pabrik WACOAL

Thursday, March 1, 2018
Hollaaahope semuanya <3

Tjieee kepo ya soal postingan ini? Sekitar minggu lalu aku memang buat InstaStory cukup lengkap soal perjalanan yang menyenangkan selama disini, dan aku taruh di highlight jadi kalian masih bisa melihat secara live perjalanan disana. 



Nah meskipun lokasinya tidak nampak alias ada dibalik baju yang kita kenakan, pakaian dalam punya hal signifikan yang menunjang penampilan secara keseluruhan. Selain itu dengan adanya  banyak pro dan kontra serta berbagai mitos dan fakta. Nah dijalan-jalan kali ini aku akan membahas kunjungan ke pabrik Bra, lengkap dengan mitos faktanya, dengan proses pembuatannya dan yang paling penting cara memilih Bra yang sesuai dengan kita plus beberapa tips yang semoga bisa membantu kalian ya!

So pertama-tama, aku jujur engga bisa memulai dengan 'pembelian' bra yang sembarangan. Berbeda dengan produk makeup, yang bisa drugstore, untuk keperluan yang sifatnya membutuhkan perhatian khusus terutama kenyamanan aku dari kecil memag dididik sama mama untuk berinvestasi jangka panjang. Salah satunya pembelian bra, jadi aku udah familiar banget dengan bra yang punya kualitas dan mutu tinggi salah satunya Wacoal, aku sendiri beli Wacoal sendiri itu pas SMA dan sampai lebih dari 5 tahun ini meski dicuci mesin, masih enak dipake dan kawatnya engga keluar! Tapi sebelum bahas Wacoal aku pengen bahas beberapa fakta tentang payudara kita! Yeps, menjawab alasan kenapa harus investasi kesana sih?



adhubbingblog

1. Payudara berubah sesiring waktu

Pernah dengar tingkat pernikahan di Jepang rendah? bukan hanya jepang saja tapi dibeberapa negara termasuk Amerika memilih untuk tidak menikah karena memiliki sebuah ketakutan yaitu harus memiliki anak dan kemudian menyusui. Faktanya memang menunjukan perubahan payudara terjadi sangat signifikan setelah menyusui. 

Sebagai gambaran, 

a. Tahapan anak-anak hingga remaja

Pada masa ini mungkin kita belum terlalu kenal dengan bra, namun berbeda dengan anak tahun 2000 yang sudah mengmakai bra ketika beranjak kelas 6 karena pubertas yang lumayan cepat. Meski begitu, biasanya masih menggunakan miniset atau sport bra. 

b. Tahapan remaja - sebelum menikah 

Pada tahapan ini, payudara masih dikategorikan dalam tahapan normal sesuai dengan bentuk alaminya. Memang setiap orang punya jenis payudara yang berbeda tetapi itu tidak menjadi masalah karena memang merupakan jenis payudara yang turunan. 

c. Tahapan saat hamil - menyusui

Tahapan ini salah satu yang paling dominan, biasanya perempuan saat menyusui akan mengalami perkembangan payudara, baik secara normal hingga signifikan. Contohnya ketika Anda menggunakan CUP A namun saat hamil hingga menyusui menjadi CUP B atau bahkan C. 
Apa lagi bisa kenaikan berat badan Anda cukup signifikan. 

d. Tahapan setelah menyusui hingga monopause 

Dalam tahapan ini adalah ketakutan terbesar bagi perempuan yang mementingkan bentuk tubuh yang ideal ; karena berbagai alasan. Namun memang hal ini sangat signifikan, biasanya perempuan yang menyusui selama masa menyusui payudaranya akan menjadi kendur sementara setelah menyusui payudaranya akan benar-benar 'jatuh' (seperti pada gambar ilustrasi). 

Engga percaya? Coba tanya atau izin liat sama mama atau kakak yang sudah memiliki anak ya hehehe..  

Setelah kalian tau tentang hal tersebut, pastinya kalian harus bisa menyesuaikan setiap kondisinya.
Bukan sekedar beli bra yang bisa menutupi area payudara, namun bra yang dapat menunjang setiap tahapan dan aktifitas gerak kita. Apapun asal kalian yakin kalau produk ini bener-bener bisa loh! Eitss.. meskipun 'bra' nya mahal belum tentu tepat! Apa lagi kalau memang bra yang didesain untuk gaun malam *ini anak kecil sok sok tau begini amat ya*

2. Penggunanan Bra ketika Tidur


Memakan kurang lebih 8 jam waktu kita,

 apa benar nih pake Bra pas tidur bisa menjadi penyebab kanker payudara?

Berdasarkan Yayasan Maurer -breast health education asal New York, penggunan Bra saat tidur selama ini hanya mitos belaka. Faktanya yang menjadi salah satu penyebabnya adalah penggunaan Bra yang terlalu kecil, alias bra yang tidak sesuai ukuran kita. Mengapa bisa demikian? Penggunaan bra yang terlalu kecil ternyata mempersempit hingga menyumbat aliran darah yang berada disekitar payudara kita. Perlu diperhatikan bawah area payudara kita bukan hanya di dua buah itu saja, tetapi meliputi area ketiak hingga atas dada, maka dari itu engga jarang kan kita saat lagi mau menstruasi banyak kelenjar baik di ketiak atau daerah sekitar yang 'dateng'. 

Namun baiknya, penggunaan bra saat tidur bisa digantikan dengan sport bra bila merasa kurang nyaman. Tapi penggunan bra saat tidur sebenarnya hanya bermanfaat untuk menjaga posisi bra agar tetap berada ditengah alias tidak 'turun'. 

Lalu apakah penggunaan sport bra setiap saat berarti baik?
Jawabannya adalah tidak, karena sport bra tidak dapat menopang payudara secara menyeluruh. Memang tidak menyebabkan penyakit namun tanpa penopang, payudara kita secara perlahan akan turun dan mengalami ketidak seimbangan secara signifikan apa lagi bila payudara Anda cukup berisi.

Solusinya adalah penggunaan Bra yang nyaman di tubuh kita, usahakan pemilihan bahan yang tepat karena bila kita memiliki aktifitas yang padat dan bra tidak dapat menunjang tentunya akan sangat menganggu. Sebagai contoh payudara jadi rada 'lepek' kemudian gatal karena bra kita engga bisa menyerap keringat. 


3. Penggunanan Bra lebih sempit agar lebih besar


Ini salah satu hal berbahaya yang tadi sudah aku bilang, dengan bra yang kekecilan tadi jadinya justru malah 'membawa penyakit' karena aliran darah kita tersumbat. Baiknya bagaimana?
Menggunakan push up bra! Di beberapa bra house, ada yang memiliki push up bra dengan beberapa tingkatan, salah satunya brand yang akan aku bahas nanti, yaitu Wacoal. Disana aku yang awalnya males banget mencoba 'push up' jadi penasaran karena mereka punya 3 tingkatan push up jadi engga takut akan 'tumpah'. 

4. Payudara butuh ruang 


Mungkin mengherankan tapi payudara memang membutuhkan 2 ruang, yaitu ruang bernapas dengan bra yang sesuai dan yang kedua dengan bra yang tepat. 

Sumber : HerRoom
Seperti yang kalian tahu, setiap perempuan butuh bra yang sesuai dengan bentuk dan yang menunjang aktifitasnya. Hal ini menjadi pertimbangan penting lain agar bra dapat menopang tubuh dengan baik, belum lagi 'ukuran' dan 'bentuk tubuh' diperhitungkan dalam pemilihan ruang ini. 

Cara untuk mengetahuinya satu-satunya dengan mencoba apakah bra itu memang nyaman atau tidak. Masalahnya kadang kala kita asal membeli, padahal mencoba bra yang tepat sangat dibutuhkan.

Selain itu, beberapa sumber menyatakan bahwa 'bra' yang kalian miliki boleh jadi berubah bentuk, bahkan sudah 'kondor' dalam beberapa bulan kedepan. Maka dari itu, ini hal paling signifikan yang aku perhitungkan ketika mengeluarkan uang untuk pembelian bra. 

Lengkapnya kalian bisa coba lihat disini ya 

5. Dampak Bra dengan kualitas kurang bagus


a. Iritas Kulit

Gambarnya kurang estetik *iyalah wong iritasi* jadi kalian bisa google sendiri ya, tapi dengan penggunaan bra yang asal-asalan bisa banget kita iritasi. Dalam hal ini bener-bener asal-asalan ya, engga peduli harganya, kalau memang kalian memaksakan menggunakan bra yang misalnya entah itu kekecilan, branya bahannya bikin gatel ; let's say kalian engga biasa pake bralette kemudian kalian maksa tapi sepanjang cerita kalian garuk-garuk *ugh* yaudah kelar. 
Termasuk area bawah payudara loh, yang biasanya ada tulang itu, apakah warnanya cenderung gelap dan 'kering', itu bisa jadi iritasi kulit.

b. Alergi

Biasanya ini ditemukan dalam bra yang bisa dibilang 'murah', karena bahan pengisi alias push up nya bahkan bisa diisi oleh serbuk kayu halus atau bahkan dengan kain yang engga jelas asal muasalnya. Biasanya ini terlihat setelah kalian gunakan 1-3x, reaskinya gatal luar biasa sampai tiba-tiba berdarah! Engga mau kan? :(

*ps bukan nakut-nakutin ya, dalam beberapa kejadian memang ada 

c. Gatal-gatal hingga Jamur payudara!

Nah ini serem banget sih. Tapi beneran, menurut PHAA.com salah satu penyebab adanya Jamur adalah karena lagi-lagi penggunaan bra yang salah,  terlalu ketat, dan sedihnya, tinggal didaerah yang lembab, yah Indonesia keitung sih :'(
Jadi prosesnya tuh karena bisa terlalu banyak gesekan kemudian infeksi, terus kebanyakan sel kulit mati kemudian kalian cukup subur dengan banyak protein gitu sampai akhirnya jadi deh jamur. Mending kecil, luas beb wilayahnya. Google aja ya, Breast fungus :( 


Nah dari alasan-alasan tadi, Wacoal Indonesia menjadi salah satu bra yang berada dalam list aku untuk bra berkualitas yang sesuai dan tahan lama! kan jadi irit. Wups~ 

Nah tapi pasti banyak yang mengeluhkan harganya yang mahal?! Hm.. 
Menurut aku harganya itu bukan mahal tapi worth-it alias sesuai! 

Kok bisa? Soalnya perjalanan nya aja panjang!

Yuk langsung ngintipin pabrik Wacoal yang berada di Depok coret! Citeureup, Bogor.
Jadi aku bareng sama teman-teman blogger dari Blogger Perempuan dateng ke pabriknya untuk melihat secara langsung ngejelimetnya proses pembuatan bra Wacoal itu gimana.

NGINTIP PABRIK WACOAL 

Sambutan hangat~

Kalau kalian ke pabrik yang ada disini, pabriknya bisa dibilang jauh dengan 'ekspektasi' aku soal pabrik yang identik sesak dan penuh, justru pabrik disini malah kesan nya asri banget!
Di pintu dengan kita disambut dengan recepsionis yang ramah banget, kemudian diajak ke bagian dalam. 


Nah didalam ini kita diperlihatkan berbagai perhargaan (kalian bisa liat videonya di Instastory & Twitter aku), peresmiannya ketika untuk pertama kali masuk di era pak Soeharto, iya gengs udah selama itu Wacoal di Indonesia. Wong didirikannya aja 1946! di Indonesia sendiri sudah ada sejak tahun 1981 loh! Kemudian kita digiring ke ruangan lain yang nampaknya memang biasa dipakai untuk acara atau kegiatan bersama. 

Disinilah kita disambut oleh mba Sinta selaku perwakilan dari Blogger Perempuan kemudian dilanjutkan oleh sambutan Ibu Meylinda dari PT Wacoal, maap sibuk nge-tweet lupa di foto. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan kenapa sih Bra Wacoal berbeda?



Nah kalo mau tau lengkapnya bisa nonton di video

Secret of Wacoal ini <3




Gapapa kalo engga ada kuota, aku akan jelaskan sejalan dengan postingan blog ini ya :p



1. Penelitian Selama 50 Tahun dengan teknologi canggih

Setiap tahunnya kurang lebih ada 1000 tubuh wanita yang diukur kemudian diteliti dan dipelajari di laboratorium Wacoal di Jepang dan China totalnya hampir 45.000an . Ternyata ditemukan bahwa bentuk payudara wanita itu berubah di setiap perkembangan umurnya, yang menurut aku sesuai dengan tahapan yang sudah aku jelaskan tadi. 
Jadi pertama kali aku diajak untuk ke laboratorium kecil mereka yang melakukan beberapa tes.



Mulai dari tes cucian dengan menggunakan 4 mesin cuci berbeda mulai dari tabung, silinder sampai aku gatau itu namanya apa :(, kemudian daya sobek! Iya mereka benar-benar mengecek daya sobek produk, biasanya minimal produk itu 'daya' nya 60 sementara kalau di Wacoal daya nya bisa sampai 200! Ya pasti engga akan ada drama sobek tali beha lah ya?
Kemudian juga ada uji kelenturannya setiap produk, kira-kira produk ini akan kuat menopang berat hingga berapa? terus akan kembali lagi engga bila di tarik sedemikian rupa dan masih banyak lainnya, terus uji fisika nya gitu *kesian ya, kain aja ujian* 
Setelah dengan aneka ujian ini, kain yang lolos seleksi baru di masukan ke pabrik untuk proses pemotongan pola. 



Pemotongan polanya juga engga sembarangan, semuanya pake alat yang canggih dan sesuai standard ISO. Mulai dari penempelan kain dengan busa yang dilakukan dengan mesin, kemudian pemotongan sesuai pola oleh para pekerja yang kebanyakan laki-laki loh!


Nah setelah selesai ditahapan pembuatan pola, dimulailah proses penyatuan produk. 
Mula nya dari cup nya yang dijahit terlebih dahulu, kemudian penggabungan dengan back alias bagian pengait belakang. Dilanjut lagi dengan pemasangan tali baru kemudian yang terakhir kawatnya. Semua prosesnya dilakukan oleh orang sehingga menghasilkan produk yang standart Wacoal. 

2. Penuh Ketelitian dan Standard tinggi

Wacoal telah mengantong ISO 9002 sejak 2003 sehingga memiliki Standard Wacoal yang sama di 70 negara loh!

apaan tuh standard ISO? ISO adalah International Organization for Standardization yang didirikan di London dan berpusat di Switzerland yang menjadi standard untuk produk-produk yang berada didalamnya agar memiliki kualitas yang sama dimanapun ia berada, kualitas inilah yang sudah dimiliki oleh Wacoal. 

Point berikutnya sih ini adalah 'kagumnya' aku aja, setiap ruangan punya board yang menuliskan tentang keluhan dari setiap negara yang menerima export dari Indonesia, secara mendetail semuanya dituliskan untuk pemebelajaran. 


Hal ini menunjukan komitmen dan standarisasi produk serta kualitas yang tinggi jadi engga main-main. Kalau misalnya kurang oke yang ditarik! Bukan di biarkan begitu aja. 


Selain itu, aku juga salut dengan tingkat kebersihan setiap produk dan keamanan produknya. Kalian mungkin bingung kenapa pula ada kelambu? ternyata kelambu itu mencegah seandainya ada jarum yang patah agar tidak lompat atau terpental terlalu jauh. Jadi 99.9% bra kalian akan aman ketika digunakan. 

Nah setelah selesai penyatuan produk akan di cek terlebih dahulu. 
Setelah lolos cek, kemudian di jahit untuk label produknya, soal Wacoal juga menjadi rumah produksi untuk beberapa brand asal Jepang! Wihh iya semua produknya di export ke 7 negara, seperti Jepang, US, Korea Selatan dan banyak lagi. 


Setelah selesai, produknya di cek lagi, apakah labelnya sudah pas atau belum? totalnya ada 4x pengecekan sebelum siap di packing deh! Ketat banget kan?


NEW STORE AT PLAZA INDONESIA

Setelah puas (meski belum) ke Pabrik Wacoal, kita diajak ke butik terbarunya di Plaza Indonesia lt.3 dekat dengan Minipolis yang arena bermain anak-anak itu. Jadi anaknya main ya ibu (+ayah) bisa shopping dulu deh disini. Untuk yang di Butik Wacoal Plaza Indonesia ini hanya ada produk dari Wacoal dan exclusive produk aja, engga termasuk Luludi dan W man. 

Dengan sentuhan hitam dan emas juga menjadikan butik ini sangat exclusive loh!


Koleksi Bra 


3. BeautyAdvisor 

yang menjadi Secret of Wacoal yang terakhir adalah dengan adanya BA yang sangat terlatih, disini setiap kali kita mau beli disarankan untuk melakukan pengecekan ulang guna mengetahui secara pasti size kita. Nah ternyata aku juga numbuh gengs! 


Pengukuran bra 

Jadi selama ini aku pake Bra ukuran 38B dan sekarang berubah mata angin~
Kalau kalian lihat aku diukur 3x, pertama untuk yang top alias atasnya untuk mengukur cup aku,
ternyata aku nambah dari sebelumnya 96cm menjadi 99cm. Tapi bawah aku itu 84cm (inipun aku longgarin biar engga sesek :p) jadilah selesihnya itu 15cm maka dari itu cup aku berubah menjadi C sementara untuk talinya karena aku tadi 84 --> masih ke kategori 80 jadilah aku 80C alias 36C

Sumber : http://www.wacoal.co.id/help/size-measurement

Kasir + Ruang Coba 

Nah di store ini juga Wacoal ngasih banyak banget pilihan dan opsi bra yang kalian inginkan dengan beragam kualitas produk. Enaknya lagi disana ada promo yang cukup unik, yaitu harga bra mulai dari 265k yang bila dibeli 2 produk jadi 365k dan bisa dicampur gitu! Jadi banyak opsi dan pilihan yang cukup menarik. Kalian bisa langsung cek di 



Disini kalian juga bisa langsung melakukan pembelian loh!

Nah segitu dulu dari aku semoga membantu ya <3 



Sumber bacaan 










11 comments on "[Health] Fakta atau Mitos soal Payudara ft. Ngintip Pabrik WACOAL "
  1. Super duper membantu yang bagian pengukuran bra-nya karena selama ini aku nggak tahu ukuran pasti aku hahaha...


    www.zahrasalsa.com

    ReplyDelete
  2. Seru banget diajak ke pabriknya Wacoal, sekalian jajan bra baru, hehehe.

    ReplyDelete
  3. Jadi inget nyobain bra di sana ya. Hahahaha. Bingung pilih yang manaaaa :D

    ReplyDelete
  4. Aku punya 2 bra dari Wacoal. Dua-duanya nyaman banget ya ampun! Ketagihan aku. Serius...
    Dan rupanya mamaku pas masih muda juga langganan Wacoal.

    Btw, aku suka banget informasi seputar payudara yang km tulis. Jadi introspeksi, uda bener ga sih aku selama ini. Thankss ya

    ReplyDelete
  5. Tiara, thank you for untuk share info soal payudara dan bra. Duh ini masalah krusial untuk wanita.. Aetuju, investasi pada bra itu emang penting! Aku jadi makin paham kenapa wacoal itu harganya agak pricey. Ya kualitasnya aja seterjamiiiiin itu.

    ReplyDelete
  6. lengkap banget penjelasannya tiaraaa.. jd banyak tau dehh..

    ReplyDelete
  7. dek Tiiirr lengkap banget tulisannya! makasih ya udah nuis lengkap gini, pengetahuanku jadi bertambah nih hihihihi

    ReplyDelete
  8. Serius itu kalau bra murahan diisi sama serbuk kayu? Hiiii ngeri juga ya. Nggak lagi-lagi deh asal pilih bra.

    ReplyDelete
  9. Yay jadi lebih aware lagi yah tiara sama bra dan kebutuhan payudara. Well ada harga ada kualitasnya emang bener yah~

    Seruu banget ya fieldtrip ke wacoalnya

    ReplyDelete
  10. Wahh ternyata sampai sedetail itu yaaa pembuatannyaa...
    Pantes ajaa harganya mahal yaaa

    ReplyDelete
  11. Lengkap banget Tiara infonya, bantu banget apalagi ukuran bra :). Dan mitos fakta ttg payudara nya menarik banget, apalagi tidur pakai bra itu kayaknya kontroversial bgt yah dari dulu. :D

    ReplyDelete