Top Social

BEGINS WITH LOVE YOURSELF FIRST
BEAUTY. HEALTH. TIPS.

[Review] Tips memilih warna Foundation & Review Loreal True Match Foundation #TrueMatchID #AsianSkintone

Wednesday, August 23, 2017


Hollahope! Siapa yang selalu mixing fondation demi mendapatkan skintone nya?! 
*tunjuk tangan* 

Sebenarnya di Indonesia ini kita akan kesulitan mencari warna Foundation baik lokal maupun 
produk luar negeri, soalnya Iklim  di Indonesia membuat warna kulit kita dikit-dikit makin hitam atau dikit-dikit berminyak ada lagi yang tiba tiba oxidize. Pasti bikin pusing kan? 

Jadi males beli tapi kalo engga pake fondation kulit yang engga sempurna macem artis korea ini kelihatan banget :'D jadi untuk itu, aku akan ngasih info dan beberapa Tips perihal mencari pencerahan mencari warna fondation yang pas dan cocok untuk kulit kita. 

Ada beberapa stigma yang kurang tepat*  yang biasa kita temukan. 


1. Warna foundation harus lebih cerah dari wajah kita. 

Untuk sebagian pemula mereka menelan mentah-mentah paradigma ini, padahal yang dimaksud dengan shade lebih terang ini bila kita memang ingin menggunakan make up secara 'tebal', dengan menggunakan shade yang lebih terang sebagai pondasi, biasanya akan dibantu oleh shading dan countour, namun tetap saja, untuk orang Indonesia yang lebih suka make up natural ini akan cenerung berakibat fatal.

sumber : Mamamia 

Kira-kira kaya perempuan-perempuan cantik diatas ini lah. Engga mau dong jadi bahan tontonan karena pemahaman yang kurang tepat ini?


2. Menggunakan Foundation lebih gelap agar nampak lebih tirus

Ini banyak beredar dan banyak diterapkan oleh beberapa beauty guru, sejujurnya aku engga memungkiri hal ini. Sayangnya untuk Indonesia lagi-lagi engga suka make up tebel, kalau beauty guru bisa lebih netral karena mereka menggunakan cukup banyak concealer, tapi kalau kita kayaknya engga punya cukup banyak waktu deh untuk color corrector, concealer, baked dan sebagainya buat harian?


3. Warna yang pas samakan dengan punggung tangan (tangan) 

Ini lebih bahaya lagi, karena wajah selalu terpapar sinar matahari sementara tangan bisa lebih sedikit ataupun lebih banyak, jujur aja, kalian biasanya lebih sering pake jaket ketimbang pake cadar kan? 
HAHAHA ya jadi pasti tangan kalian bisa banget belang sama wajah kita.

Intinya cari dengan mengandalkan swatches ditangan sebenernya hanya punya presentase kurang dari 50% untuk menemukan shade yang tepat.


Oke kita lanjut ke bagaimana cara menemukan shade yang tepat?

Jujur aja, aku sendiri punya kulit belang 3 dibagian wajah ke leher. Soalnya aku pake masker,
otomatis bagian bawah mata aku lebih terang dari pada kening aku yang lebar tanpa poni, 
begitu pula dengan leher aku yang bisa lebih terang dan bisa lebih gelap :'D 

Super sekali bukan?



1. Kalian harus tau skintone kalian!

Ini yang paling orang banyak keliru diawal ketika membeli, bahkan BA (Beauty Advisor) sering kali juga engga paham soal konsep ini. Jadi kalian harus belajar sendiri deh,

caranya gampang, cek warna pergelangan tangan kalian. 

 

seandainya pergelangan tangan kalian punya nadi yang berwarna biru berarti kalian punya cold skintone sementara kalau kalian punya pergelangan tangan yang cenderung hijau, berarti kalian punya warm skintone. 

Nah kalau ada keduanya gimana kak? Berarti kalian Neutral, tapi kadang suku dan perawatan dokter kulit mempengaruhi. Itu fungsinya kalian pake color correction,

Ketika kita pake perawatan dokter, sering kali kulit kita memerah, menjadi lebih terang dan sensitif. Ini baiknya menggunakan color corrector atau base untuk meneutralkan warna kulit, aku pernah menejalaskannya di sini  nanti mungkin akan aku update ya di blog!


2. Niatkan pembelian Foundation

Waktu itu aku dateng ke salah satu workshop dan diinformasikan cara paling tepat untuk membeli foundation adalah langsung ke counter dengan meniatkan pembelian foundation sendiri, 

Caranya, pertama kalian dateng pas sedang siang, posisi siang hari menentukan warna kulit optimal karena setelah aktifitas dan sebelum terlalu lelah ketika beraktifitas.

kedua, menggunakan baju warna putih soalnya ketika menggunakan warna putih pantulannya akan lebih jelas dan neutral dibanding warna lain. Ketika baju kita warna cerah, tentu kulit kita uga akan nampak lebih cerah tapi juga bisa jadi lebih kusam, begitu pula ketika kita menggunakan baju warna hitam. Makanya pas pake warna hitam terlihat lebih 'slim' kan? Karena selain model warna juga mempengaruhi. 


3. Menggunakan secara langsung pada wajah. 


Paling optimal memang datang beberapa kali ke counter, coba 2 warna yang paling mendekati dan kalian rasa pas di wajah kalian

beauty and bedlam

Mungkin kalian pernah liat gambar ini?
Digambar kiri menunukan jangan samakan dengan warna tangan, dan digambar kanan bilang yang baik disamakan dengan leher kita saja. 
Tapi ketika disamakan dengan leher, kadang bisa lebih terang dibanding wajah kita (basenya) maupun kurang pas dengan keseluruhan penampilan. 

Maka dari itu memang baiknya kita mengaplikasikannya ke setengah wajah bagian bawah agar sama dengan kening dan leher juga :) 

Bagimana dengan produk Import yang tidak memiliki counter di Indonesia? 


Baiknya kalian mencari terlebih dahulu reviewnya, biasanya pada review, seorang blogger/vlogger akan menjelaskan shade yang ia gunakan dan kalian bisa mengira-ira apa skintone nya sama atau tidak dengan kalian, biasanya mereka juga menyebutkan produk umum yang digunakan. 

Atau dalam konteks lainnya, kalian bisa mencoba share in jar yang sekarang ada dan banyak dijual di online shop! Itu salah satu alternatif yang cukup baik dari pada harus beli fullsize kemudian engga cocok. Nah sekarang aku lampirkan salah satu chart yang mudah dibaca, kalau kurang paham bisa ditanyakan lagi ya!



loreal global 




Nah sekarang lanjut ke percobaan 8 swatches warna Asia yang dibawa oleh L'oreal Indonesia!

Warnanya super duper mirip satu sama lain dan bikin aku sendiri galau, 
Ketika kemarin di kontek sama Glitzmedia untuk mereview produk ini, sebenarnya produk ini sudah cukup ada dan lama plus booming banget di luar negeri, tapi entah kenapa di Indonesia dia belum hits, mungkin karena shade nya ini yang engga match sama Indonesia, maka dari itu ada 8 shade yang dibuat khusus untuk kulit Asia! 

Ini penampakannya pas awal dateng sampai rumah, terbungkus rapih dengan bubble warp~


Tadaaa~ ini bentuknya ketika aku buka, 

packaging 

Untuk package-ingnya yang di Indonesia mengalami upgrade yang cukup bagus! Soalnya jadi pump, karena sebelumnya produknya bentuk botol biasa aja kaca yang pas dibuka langsung foundation tanpa pipet ataupun pump yang pastinya jadi lebih boros. 

Untuk produknya sendiri diamankan dengan segel, tanpa box jadi informasinya pada plastik segelnya.



Informasi yang bisa kalian dapatkan ketika melihat segelnya, tapi entah kenapa produk yang aku dapatkan ini merupakan produk yang sebenarnya diedarkan di Jepang, jadi informasi-nya juga masih dalam bahasa Jepang, bahkan ada tulisan untuk di edarkan di Jepang aja T^T 
kayaknya produk ini lebih dahulu ada di Jepang baru kemudian masuk ke Indonesia.

Karena sesungguhnya semua produk Loreal yang masuk ke Indonesia dibuat-nya di China hehehe, jadi nampaknya engga akan ada banyak perbedaan antara setiap negara. 

Ingredients (Bahan) 

Untuk ingredients sebenarnya engga ada bahan aktif alami yang kalian bisa temukan, kebanyakan sudah melalui tahapan teknologi yang tingkat tinggi, sehingga banyak kimia.  
Namun untuk kandungannya sendiri, ada satu yang familiar yaitu Titanium Oxisidize yang kandungannya sendiri kurang friendly. 


Detail produk 



Pada kemasannya di informasikan bahwa produk ini merupakan Foundation Loreal series True Match Liquid Foundation, yang aku suka pada bagian didepannya sudah dijelaskan warna shade-nya apa, jadi lebih memudahkan kita ketika mau membeli produk, engga harus susah mencari-cari lagi deh!

Kemudian untuk produknya sendiri dengan kandungan SPF 16 dengan PA++ yang aman digunakan setiap hari, dan engga bikin mantul karena SPF ketinggian maupun bikin berjerawat karena SPF yang ketinggian eheheh, terus juga diklaim kalau Micro Matches yang berarti teknologinya dapat menyerupai warna kulit kita sehingga hasilnya lebih natural.


Untuk penggunananya sendiri bisa  digunakan sampai 12 bulan setelah dibuka, produknya juga baru banget dibuat, kalian bisa liat Manufagure date nya semua ditahun 2017 hihihi,

Nah kalau kalian liat foto yang diatas mereka mengklaim kalau produk ini memang punya 5 pigment warna yang disesuaikan sama skin tone Asia yang cukup unik, 

Let's say kamu orang Jawa pasti ada kulit yang coklat dan langsat gitu kan? Dan mana kenal sih orang bule sama langsat? Nah disini mereka klaim kalau mereka menyesuaikan dengan 5 pigment warna yang membantu membuat struktur kulit tersebut :')


Disini ada 8 warna 


Shades & Texture 

Sebenarnya aku dapet informasi lebih antara kenapa dia Nude & Gold, seharusnya ada alasan kenapa begitu tapi aku menerka-nerka dari menggunakan keseluruhan semua warna ahahaha, nanti kalian liat lagi ya dibawah pas aku pake. 

Shades nya ada : 


                               1. Gold Ivory (G1)                                        5. Gold Cream (G5) 
                               2. Gold Porcelain (G2)                                  6. Nude Vanila (N3)
                               3. Gold Vanila (G3)                                       7. Nude Beige (N4)
                               4. Gold Beige (G4)                                        8. Nude Amber ( N7)

Kedelapan shades-nya, semuanya litteraly mirip banget, tapi yang aku engga sengaja menemukan adalah dia punya pigment shimmer gitu pas ketemu cahaya jadi yang shade G1-G4 punya shimmer warna silvery dan yang sisanya keemasan gitu,

untuk texture-nya ketika diaplikasikan semuanya punya texture cair, pas aku pump kalo kalian langsung asal pasti bisa langsung muncrat gitu :(



Nih contohnya pas aku coba pump, tiba-tiba dia kaya keluar langsung gitu, jadi harus pelan-pelan banget pas di pump biar engga kemana-mana ahahahaha.
Setelah diaplikasikan dia harus nunggu beberapa saat dulu untuk nge-set, setelah beberapa menit hasil akhirnya akan velvet finish, mudah diratakan banget, untuk coverage nya low-to-medium tapi buildable cuma aku lebih suka satu layer sekarang karena somehow dia lebih ringan dan cukup aja, karena aku engga perlu yang bener-bener nutupin banget dan hasilnya juga tetep flawless, toh pake ini udah cukup menutup pori-pori aku. Terus aku juga tes setelah mandi, ternyata dia masih ada (emang engga aku gosok).




Review setelah digunakan 



Ini masih clean face ya!









Ugh, mirip kan? Jujur pasti kalian sulit membedakan banget satu sama lain ahahaha, aku sendiri susah juga. Menurut aku setelah aku pake, untuk yang nomer ganjil untuk kulit warm tone dan ketika nomer genap untuk yang cold tone, sementara untuk shade yang Nude cenderung neutral di kulit dan paling pas untuk kulit Indonesia.  
MISALNYAAAA, engga bermaksud rasis 
shade G1-G3 cocok untuk kulit yang punya terang seperti suku MISALNYA Palembang, Mando dan Sunda. 
G4-G5 lebih netral untuk MISALNYA orang jawa jogja dan lain-lain
N3 & 4 cenderung neutral 
N7 MISALNYA bisa untuk orang yang hitam manise kaya batak, ambon dan sejeninya

Ini misalnya aja ya, engga mesti gitu, aku sendiri campuran dan memang suku  
mempengaruhi aku.

Aku sendiri pake G4 dan N3/4 HAHAHAHA
tapi bisa beda kalo sering panas2an gitu laaa~ 

Ketika aku gunakan, selama seminggu, aku merasa kalo ini enak banget karena ringan dan engga transfer, cuma dia tuh kaya bikin muka cepet keringetan gitu, katanya sih memang ada kandungan minyak yang bikin itu lebih match dan nempel di kulit, jadi bagusnya dipakein setting powder tapi menurut aku kalau kalian di ruangan yang cukup dingin engga perlu, dan ini hasilnya udah natural jadi udah oke. Dia engga clog maupun bikin komedoan. 
tapi yang aku paling suka adalah dia match banget di kulit tanpa repot-repot blending warna ahahaha


kalau dipake harian dia akan faded setelah pemakian diatas 5-6 jam jadi cukupa awet, sama sekali engga drying maupun patching dengan hasil velvet ya, jadi buat kulit berminyak aman dan untuk kuli kering juga aman karena ada oil control itu tadi. 

Nah kayaknya segini dulu review dan tips nya?
Kalau kalian gimana?


Pembeliannya sudah bisa dibeli di toko terdekat, harga nya aku belum tau tapi seinget aku dibawah 200.000 masih hehehe.

yang aku engga suka kenapa ya? :( 
nanti aku update lagi ya kalo ada ahahahha. 












7 comments on "[Review] Tips memilih warna Foundation & Review Loreal True Match Foundation #TrueMatchID #AsianSkintone"
  1. Bener banget dek tir, persoalan milih foundie yang bener-bener match di kulit tuh susah-susah nyebelin. Dan setuju juga kalau nggak bisa kita nyamain warna foundie dengan punggung tangan. lhah tanganku item banget :(((((( kan bisa aneh. Aku penasaran banget pas LOreal merilis true match foundie ini. Berharap aku nemuin shade yang pas. Secara warna kulitku jawa banget

    ReplyDelete
  2. Tolong di hibahkan satu kesaia wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. kalau aku True Match With G2 Gold Porcelain nih.. #teamgold wkwkwkwk..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  4. Setuju emang susah cari foundie yang cocok sama skin tone

    ReplyDelete
  5. makasih kak reviewnyaa

    ReplyDelete
  6. Wah sempet jg mau bikin postingan tips memilih foundation hehe. Setuju bgt, kita kudu tau skintone kita dulu baru deh bisa milih foundie yang cocok ;)

    eriaekaw.blogspot.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...