Top Social

BEGINS WITH LOVE YOURSELF FIRST
BEAUTY. HEALTH. TIPS.

[Ad]Japan Matsuri saat Musim Semi

Tuesday, February 28, 2017
Hollahope semuanya!

Wah sebenetar lagi bulan maret, sudah cukup jenuh? atau masih semangat?

Oh ya seperti janjiku, aku bakalan membuat postingan soal Japan Matsuri yang dilakukan saat
musim semi, jadi engga cuma soal bunga sakura aja loh!

Apa sih Matsuri itu? Matsuri 祭 adalah artinya sendiri Festival, jadi perayaan yang akan
dilaksaanakan selama musim semi di Jepang. Jepang merupakan salah satu negara
yang masih rajin banget melestarikan budaya mereka, huhuhu jadi iri. 

Nah Iya, kalo kalian pengen Traveling ke Jepang,
kalian wajib banget tau tempat-tempat yang merayakan Festival soalnya itu super heboh, meriah dan sangat berkesan deh! Ya meskipun Tiara sendiri belum pernah sih ahahha~

Oh ya kebanyakan Festival memang dilaksanakan didekat kuil ya, jadi jangan kaget
kalo ada aneka kuil yang kita temui, karena kebanyakan erat hubungannya dengan
'penyembahan' para dewa meskipun di Jepang sendiri agama yang mendominasi
sudah mulai berbeda tapi peryaannya tetap ada


1. Omizutori Matsuri 


Waktu : Setiap tahun dimulai dari tanggal 1 Maret, selama 2 minggu
Lokasi : di aula utama Nigatsu-do, Kuil Todai-ji, Kota Nara 
Festival ini digunakan sebagai bentuk Zange (penebusan dosa) dan berdoa untuk kedamaian dunia. Festival ini sendiri dilakukan semenjak abad ke 8 

foto : Japan Guide

Puncak dari Omizutori Matsuri adalah pada tanggal 12 Maret tengah malam, Pada saat perayaan ini akan ada banyak Kagotaimatsu (bambu dengan daun pinus sebagai obor) yang berdiameter sekitar 1 m. Kemudian diadakan upacara untuk menyucikan Dewa Juuichimen Kannon (Dewi Pemaaf dengan Sebelas Wajah) dengan menggunakan air suci "okouzui" yang diambil dari sumur Wakasai.
Pertunjukannya sendiri dibuka untuk umum tetapi karena saat itu sangat ramai pengunjung, jadi ada peraturan khusus untuk masuk menontonnya. Tapi cukup mengesankan untuk ditonton, salah satu yang khas adalah pembunyian lonceng pada jam 19.00 malam sebagai penanda taimasu (obor) menyala. 

2. Hinamatsuri 
waktu : 3 Maret 
Lokasi : Rumah penduduk di Jepang & Kuil Hokyoji 
Pada saat festival ini, banyak rumah di Jepang dihiasi dengan dekorasi boneka berpakaian bangsawan indah yang disebut “hina ningyo” (boneka hina). Festival ini adalah untuk mengharapkan kesehatan dan pertumbuhan yang baik bagi anak perempuan. Khususnya bagi keluara yang mempunyai anak perempuan, selain boneka juga ada juga diberi dekorasi bunga persik, Shirozake (sake jepang), Chirashizushi (sejenis sushi), dan kerang bercangkan 2 yang disebut hamaguri yang dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga.
Karena ada beberapa cerita rakyat Jepang yang mengisahkan dewi cantik yang muncul dari buah persik, sehingga biasanya ada buah persik. 
Selain itu kalian juga bisa mengunjui Kuil Hokyoji (terletak di Distrik Kamigyo, Kota Kyoto) dianggap sebagai “Ningyo no Tera” (kuil boneka). Setiap tahunnya dari tanggal 1 Maret – 3 April, di kuil ini memamerkan boneka-boneka milik putri mahkota dari keluarga kerajaan. Selain itu juga ada pertunjukan tarian jepang dan musik dengan biwa (kecapi).

Selanjutnya ada festival Hanamatsuri yang bisa kalian baca disini, 

4. Nyugakusiki atau upaca cara tahun ajaran baru
waktu : April

Upacara ini untuk menyambut tahun ajaran baru, biasanya itu tergantung pada sekolah masing-masing namun serentak dilakukan dibulan April karena dianggap tahun ajaran baru, begitu juga dengan penerimaan karyawan dan sebagainya.


Sebenanya masih banyak Festival lainnya namun itu untuk menyambut musim yang berbeda, 
nah sebagai alternatif untuk yang tidak terlalu ingin keramaian juga bisa berlibur dengan menggunakan kereta, karena di Jepang sendiri memiliki paket wisata dengan kereta maupun menikmati pemandangan dengan kereta lokomotif atau kereta api yang masih tradisional.

Beberapa diantara nya, 

1. lokomotif di Arashiyama, letaknya sendiri berada di Kyoto sehingga untuk kesana dapat menggunakan JR Pass  untuk sampai disini. Pembelian JR pass dapat dilakukan di sini 


sumber : Pinterest 

Untuk lokomotif ini sendiri harga nya cukup terjangkau, sekitar 600 yen 

2. kereta Limited Express Umisachi-Yamasachi  
sebenarnya kereta inipun tidak harus dalam musim semi, karena kereta yang berlokasi di Miyazaki ini sendiri sudah terbilang unik, dengan interior nya yang mengandalkan kayu dan 
sumber Matcha.id 
namanya sendiri yang terinspirasi dari 2 kakak adik. Mereka melintasi lautan yang cukup terkenal dengan legendanya dan memberikan pemandangan yang cukup relaxing, dan untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh dengan mengunakan JR pass menuju Kyushu ke kota Obi.



Nah untuk yang bingung bagaimana membeli JR Pass, kalian bisa menggunakan HISGO untuk melakukan pemesanan bahkan saat berada di Indonesia sekalipun. 


akan ada penejlasannya mengenai JR Pass itu sendiri, 

untuk JR Pass sendiri sebenarnya adalah kereta cepat yang mengelilingi kota Jepang yang di khususkan untuk wisatawan dan orang yang tinggal diluar Jepang. 

JR Pass sendiri dinilai lebih mudah dan efisien karena membantu kita untuk berwisata dengan mudah dibanding harus naik pesawat, misalnya kita ke Jakata ke Surabaya. rasanya akan sulit bila harus beli tiket pesawat untuk pergi kemudian beli lagi untuk balik, belum lagi bila ingin ke kota lainnya. Sedangkan dengan JR Pass kita memiliki akses penuh keliling Jepang dengan waktu yang cukup sebentar, bila biasanya Jakarta Surabaya ditempuh 9-12 jam, dengan JR Train hanya membutuhkan waktu 3 jam, karena 3x lebih cepat dari pada kereta biasa. 

JR pass sendiri dibagi berdasarkan lama masa berlaku kartu tersebut dan tempat duduk 



Ordinary Car datang dengan tempat duduk yang lebih sempit, yaitu 3 sisi kiri dan 2 sisi kanan.
Green Car cenderung lebih nyaman dan luas dengan 2 kiri - 2 kanan.

Untuk JR pass sendiri, ada beberapa pemilihan lama waktunya, dan dari sanalah harga nya bisa diukur, ada 7 hari/14 hari/ 21 hari.

Setelah melakukan pembelian disini (harga dapat berubah-ubah) 

setelah sampai di Jepang kalian perlu menukarkan bukti email dengan kartu yang kemudian 
dibubuhi stampel sesuai dengan passport yang kalian miliki, 
dalam kereta nya sendiri nanti ada 2 jenis gerbong

dengan nomer kereta atau tanpa nomer, untuk yang dengan nomer hanya berlaku untuk kereta yang memakan waktu lebih dari 1-2 jam, jadi kalian diharapkan tetap ke ruangan registrasi untuk mendapatkan nomer atau kalian harus berebut di gerbong tanpa nomer kereta.

Cerita sedikit waktu itu Tiara dan keluarga engga tau ada sistem itu, jadilah Tiara dan abang Tiara terpaksa diri dari Tokyo ke Osaka, itu sekitar 2 jam :'D 

Untuk informasi perjlanana dan paket wisata lainnya kalian bisa cek di


HIS || Beautynesia || 



Thank you!

Post Comment
Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...