Top Social

BEGINS WITH LOVE YOURSELF FIRST
BEAUTY. HEALTH. TIPS.

[Health Talk] Paraben? Apa sih?

Tuesday, May 31, 2016
Karena satu dan lain  hal, *ea berasa formal* Tiara enggak pengen cuma ngeshare terkait produk ataupun tutroial, disini Tiara juga pengen kalian mengerti seputar kesehatan kalian.
Nah salah satu concern yang perlu kalian adalah paraben?

Apa sih paraben itu sebenarnya, menurut gugel, dia adalah pengawet, secara singkat bisa Tiara bilang mereka adalah pengawet untuk kosmetik ataupun skin care yang ditujukan agar mencegah bakteri, jamur, ataupun mikroba lain untuk tumbuh, makanya kadaluarsanya bisa lebih lama, terutama diruangan yang lembap seperti kamar mandi dan juga daerah yang terbilang beriklim tropis seperti Indonesia *read sampai selesai ya*

Nah disini yang jadi pertanyaan, katanya menyebabkan kangker payudara?!
"..Philippa Darbre, dosen senior di onkologi dan peneliti dalam ilmu biomolekuler di University of Reading, di Inggris. Dia mengkhususkan diri dalam dampak estrogen pada kanker payudara. Pada tahun 2004, tim Darbre menerbitkan sebuah studi penting yang terdeteksi parabens di 18 dari 20 sampel jaringan dari biopsi tumor payudara..." (info)

Intinya dikhawatirkan, dengan adanya paraben ini, menyebabkan kangker, khususnya payudara, karena data diatas. Jadi, mereka yang terkena kangker itu lebih dari 10 tahun menggunakan deodorant ataupun produk yang menggunakan paraben, disana juga dikatakan kalau arah dari kangker ataupun tumornya sendiri mengarah ke daerah ketiak yang diolesi oleh paraben.

Tapi, sampai sekarang itu masih menjadi perdebatan, apa lagi dengan menggunakan paraben harga barang bisa lebih murah karena lebih tahan lama dan orang Indonesia juga suka sama yang tahan lama alis ga cepet basi. Beda banget sama orang jaman dulu, mereka lebih suka yang alami tapi ya gitu, cepet basi dan ga praktis.

Disini, Tiara mau ngasih informasi aja, sebenarnya produk berparaben sampai saat ini masih di halal kan di Indonesia. Well, dalam arti beneran halal loh!
Jadi produk di Indonesia kebanyakan memang mengandung paraben, kalian bisa cek kalo ada tulisan..

Ethylparaben, butylparaben, methylparaben, propylparaben, isobutylparaben, isopropylparaben, dan yang akhrinya –paraben

dan ga jarang ada 2x, jadi udah ada ethlyparaben ada lagi propylparaben, meskipun mereka sudah bersertifikat halal. Karena pada dasaranya di badan pom dan sekelas FDA (sertifikat International) masih mengizinkan penggunaan paraben dalam jumlah yang kecil.

Jadi, sekarang kembali lagi ke kita, sebagai konsumen harus bisa memilih dan membeli dengan cerdas. well, aku bisa mengatakan 97% persen produk lokal yang saat ini kita gunakan masih mengandung paraben.

Dan sangat disarankan, karena memang dia menganggu esterogen, untuk wanita yang sedang berencana hamil ataupun lagi hamil, tidak menggunakan produk yang mengandung paraben, karena dikhawatirkan bisa mengindikasi hal yang tidak diinginkan ^^


Nah kalo menurut kalian gimana?
Share yuk info dan hal yang ingin kalian tanyakan!

Post Comment
Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...