Top Social

BEGINS WITH LOVE YOURSELF FIRST
BEAUTY. HEALTH. TIPS.

Rambut ku Sayang

Wednesday, March 23, 2016
Holla semuanya!
Hari ini Tiara akan bahas tentang mahkota seseorang. 
Well untuk anak zaman millenium alias 2000an yang belum tau, itu adalah istilah untuk rambut!
Nah zaman sekarang, rambut rontok, berminyak, ketombean jadi masalah utama yang 
kurang lebih sering kita alami.

Kenapa sih bisa gitu?

Ternyata banyak loh faktornya, 
pertama-tama bisa karena kita kurang bersih dalam merawat diri!
Lah udah keramas ko, 

Hello!
Kalian tinggal didaerah yang kini polusi bertebaran dimana-mana,
Matahari yang menyengat membakar rambut.
Daaaannn Pola hidup yang ga sehat
seperti makan junk food, depan layar dan waktu tidur yang ga menentu!
Lah emang ngefek?

Banget kali! 
Apa yang kalian makan akan jadi penyuplai asupan dalam darah kalian.
(belajar kan pas SD? :')) 
Darah mengambil nutrisi dari apa yang kita makan cans and gans!
Kalo depan layar alias depan monitor? 
Dikira stress cuma karena masalah?
Engga dong, kita kebanyakan didepan laptop kepala kita juga bisa stress
makanya ikutan challange disini (5 menit = 1 hari air bersih by Unicef)
Waktu tidur? 
Iya dong, kita mahluk hidup yang punya pola tertentu,
kalo waktu tidur kita aja dari jam 9 malem - 3 pagi
asal-asalan ya tubuh kita ga akan bisa mengikuti pola
untuk berregenerasi sel yang dilakukan jam tersebut.

Itu juga mengapa jangan berharap untuk mendapatkan tubuh ideal
(either kurus ataupun gemuk) kalau bobo nya ga ngikutin jam tubuh!



Nah balik ke rambut!
Terus solusinya?

Nah itu solusinya kalian harus instropeksi diri. Peka dong Peka!
Bukan cowo ato cewe aja, tapi tubuh juga dipekain!

Nah selain itu kita bisa juga merawat apa yang telah terusak ea.

Caranya 


Laki-Laki

Kalau cowo biasanya lebih karena stress ataupun kebanyakan pikiran
wah kalo udah gini ya, solusinya cuma ga stress.
Sisanya adalah hormon, kalo soal hormon
kita bisa mencegahnya

1. Minum Air Putih yang Cukup!
Kenapa? Cowo lebih sering dehidrasi dibanding perempuan
karena aktifitas yang tergolong banyak, dengan air yang ga cukup tubuh akan
mudah lelah dan stress. (yak kepanjangan kalo dijelasin)

Penyeimbang Hormon
2. Minum Vitamin B Complex membantu menebalkan rambut
3. Omega 3 dari Ikan mengurangi inflamasi dan menyeimbangi hormon
4. Zinc membantu sistem imun dan memperbaiki sell

By Dr. Axe from Food is Medicine



Perempuan

Dibanding laki-laki yang karena stress, perempuan masalah utamanya 
juga stress! (kok saya ngelawak)
Yap, Stress emang jadi masalah, makanya jangan mau deh sama STRESS.
Selain itu, hormon bukan masalah utama, melainkan lebih kearah 
Pola makan dan gaya hidup kita!

Biasanya perempuan jarang peduli sama rambutnya, 
 atau lebih tepatnya mengerti rambutnya.
Mengerti kalau rambut itu harus tidak gatal, tidak berbau yang menyengat
dan tidak kusut apa lagi patah-patah.
Selain rambut yang harus minimal dicuci 2 hari sekali
 (sesuai kondisi rambut, kalau saya setiap hari memang ga papa?
Selama kulit kepala tidak beraksi seperti kering, ataupun rontok, meneyesuaikan
karena semua bergantung pada gen keturuan orang tua)

perawatan alaminya?

1. Masker Telur!
Ih amis, tapi emang ngefek bahkan di wajah :p
Bedanya ini menggunakan 
1 Butir Telur
2 Sendok Lemon
1 cup atau 125ml liter susu murni (yang tidak berasa)

Mix it dan langsung dioles ke rambut selama 20 menit
setelah mengering baru lah kita bilas dengan air dingin dan keramas!
Lakukan setiap minggu atau kalau bisa 2x seminggu.

2. Lidah Buaya 

Kalau ini paling sering dan gampang karena saya ada tanemannya ^^v
Ini memang efektif untuk menumbuhkan rambut :'D 
Tiara waktu kecil pernah dikerjain sama kakak-kakak
dengan dibalurin lendir ini sebadan dan sampai sekarang 
Tiara jadi lebih berbulu :'D
Jadi ini kalo punya adek yang masih kecil, sering-sering aja dikerjain gini 

Caranya simple ko, cuci bersih batang lidah buaya
 (kalian bisa nemu ini di pasar 15 seiket
ataupun di supermarket 8rb perpotong)

setelah itu iris bagian sisi yang tajam, 
setelah itu bagi dua lagi hingga keluar semua lendirnya.
oleskan dikepala dari bagian kulit kepala diubun-ubun dan ke bawah
(gausah dicuci dulu asal ga kotor-kotor banget,
 idealnya abis bangun tidur pas hari minggu malas)
Kalau lendirnya semua sudah habis, Dagingnya bisa sayat 
dan akan ada lagi lendirnya. Diamkan selama 20-1jam
kadang akan ada sensasi gatel gitu tapi ga masalah ko selama
ga kemerahan ya ^^
Biasanya untuk rambut rada panjang nan tebel kaya Tiara
butuh 2 batang yang besar.
Oh ya, ini hampir rutin dilakuin tiap minggu untuk hasil maximal 
dan yas, Tiara salah satu buktinya ^^

3. Alpukat!
Ah ini enak banget dan banyak juga yang bilang ini beneran ngefek
ke mereka. 
Caranya cukup pakai 1 buah alpukat (yang ijo yangan yang bulet ditengah)
 dengan 1 cup susu putih murni 
dan jadikan masker selama 20-30 menit.
Ini sebenarnya bisa ditambah olive oil dan almond
mengingat iklim Indonesia yang cukup berminyak
jadi gausah pakai ga masalah kecuali kulit kalian 
jenis yang kering.

Fungsinya untuk melembabkan kulut dan merawat kulit dari paparan sinar matahari

4. Yogurt
1 cup yogurt murni 
(ini sesuai dengan cup kalian beli aja)
jangan yang berasa ya, bukan yang langsung makan loh!
1 sendok madu 
1 Vinegar Apel 

Campur aja, ini juga buat perawatan ya dari kerusakan,
abis dicampur dan diaplikasikan selama 20 -30 menit 
dan dibilas air hangat (jangan panas!!)
digunakan setiap minggu
5. Strawberry

ini yang enak juga 
7 - 15 strawberry segar dingin / beku
1 - 2 sendok teh minyak kelapa 
1 - 2 teh madu 
optional bisa dengan susu 50 ml

fungsinya juga untuk melembutkan dan mengemablikan warna

setelah itu diblender jadi satu
dan diaplikasikan selama 20 - 30 menit 
dan bilas dengan air dingin.
Gunakan setiap minggu

6. Minyak Zaitun atau Cemceman
ini dua minyak berbeda dan bisa dipilih sesuai selera, 
cukup beli extraknya aja yang ada di toko. 
Fungsinya untuk mengatasi rambut rontok, menebalkan rambut
dan mejaga kelebapan tapi, dipakai sebelum mandi atau sebelum tidur 
(jangan lebay tapi makenya)
kemudian dicuci, hentikan kalau kadar minyak rambut malah bertambah
minimal 2 minggu ya untuk hasil nyata

Yang ga alami tapi sebenernya alami.
Bingung?

Hehehe.. ini adalah 
7. vitamin E

kalau kalian tau ada kapsul vitamin E yang buat ditelen,
sebenernya itu bisa juga dipecahin dna dijadikan serum alami
rambut dengan cara dioleskan, biasanya 2 kapsul untu satu kepala
(ini dikulitnya ya)
Biasanya untuk yang kerusakan parah

8. Teh Hijau

kalau kalian punya sisa teh hijau (yang murnin)
dari kantongnya, kalian bisa ambil 2 yang telah diseduh
dicampur dengan 2 kuning telur dan dijadikan masker selama 20 menit
fungsinya untuk mendetox dan menghilangkan racun 
yang menyebabkan kerusakan rambut


Sumber : StyleCraze


Untuk yang sisanya, kalian bisa menggunakan perawatan rambut sesuai dengan keinginan kalian ko.
kalau merasa ribet kesalon aja, minta masker gingseng untuk yang rmabutnya sering rontok, masker alpukat untuk rambut yang rada rusak dan masker lidah buaya untuk memanjangkan (atau sesuai dengan ketersedian si salon sih ya)

Rambut susah susah gampang ko ngurusnya, oh ya, kadang rambut memang ada fase perontokan, salama ga lebih dari 80 helai (yah kira kira aja sih)
berarti kalian masih aman. Lebih dari itu mohon segera ke dokter terdekat ya man teman untuk menghindari hal yang tidak diingkan!


Selamat Hari Rabu ^^

Post Comment
Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...